Perbedaan Jenis Tipe Mesin Laser Cutting Engraving Marking yang umum digunakan

Dalam artikel kali ini, DEPRINTZ akan membahas mengenai Penjelasan Tipe Mesin Laser yang beredar di Dunia Industri berdasarkan Sumber Daya Laser yang digunakan. Ada 3 Jenis Laser yang akan kita fokuskan dalam Artikel kali ini, yaitu CO2 Laser, YAG Laser dan Fiber Laser. Setiap Tipe Laser mempunyai kelebihan dan kekurangan masing masing dan juga kecocokan untuk pengerjaan Material yang berbeda.

  • CO2 Laser ( Laser Gas CO2)

CO2 Laser adalah Laser Gas yang bersumber dari Pencampuran gas utama Karbondioksida (CO2) dengan Gas lainnya yang distimulasikan menggunakan Proses Elektrik. Dengan panjang gelombang 10,6 micrometer, CO2 Laser ini sangat cocok digunakan untuk pengerjaan Material Non Metal / Logam dan juga Material Plastik. Misal seperti Acrylic, Kayu, Kain Textile, Kertas, Kulit, Kaca, Keramik, Foils., Film, Batu, dll. CO2 Laser memiliki tingkat efisiensi yang tinggi dan memiliki kualitas sinar laser yang cukup bagus, dan harga yang paling terjangkau. Karena itu CO2 laser paling banyak digunakan di Pasar Indusri.

  • Fiber Laser

Fiber Laser termasuk dari Laser Solid State. Yang mana membuat Sinar Laser dari Benih Laser yang diperkuat dan didesain khusus dalam Fiber Glass. Fiber Laser disupply oleh energy dari Dioda Pompa, dengan Panjang Gelombang 1,064 micrometer, Fiber Laser memiliki ketajaman detail yang sangat Halus, paling Detail dibanding Tipe Laser YAG dan CO2. Sebagai perbandingan, Intensitas hasil Laser Fiber 100x lebih halus dibanding CO2 Laser dengan power yang sama. Hasil Cutting, Marking, Engraving Fiber Laser jauh lebih detail dan sangat Halus dan rapi. Sangat cocok digunakan untuk Industri yang membutuhkan Mesin Laser dengan Kualitas Premium dan Cost Operasional yang sangat Murah.

Fiber Laser umumnya digunakan untuk Cutting (Potong) , Engraving(Ukir) dan Marking material Logam / Metal, meski juga bisa untuk Plastik juga. Kelebihan Fiber Laser selain memiliki tingkat Detail dan Kehalusan paling tinggi, Fiber Laser juga bebas perawatan dan memiliki Masa Umur Produksi yang paling lama.. sekitar 25.000 jam. Tentu Fiber Laser merupakan Tipe Mesin Laser yang paling mahal dibanding YAG Laser dan CO2 Laser.

  • YAG Laser (Laser Crystal)

Seperti Fiber Laser, YAG Laser juga termasuk Laser Solid State. Komponen yang digunakan dalam Laser jenis ini adalah Nd:YAG (Neodymium-Doped Yttrium Aluminium Garnet) dan Nd:YVO (Neodymium-Doped Yttrium Ortho-Vanadate), dan kemudian dikenal dengan nama YAG Laser. Dengan panjang gelombang yang sama dengan Fiber Laser, yaitu 1,064 micrometer, YAG Laser juga sangat cocok untuk pengerjaan Material Logam / Metal, dan Plastik.

Beda YAG Laser dengan Fiber Laser adalah YAG Laser memiliki komponen Dioda Pompa yang cukup mahal dan terdapat Consumable Parts (Parts yang bisa habis). Pompa Dioda hanya berumur sekitar 8000 hingga 15000 jam operasional. Setelah itu harus diganti. Dalam sisi Hasil Pengerjaan, YAG Laser memiliki tingkat Detail dan Kehalusan sedikit dibawah Fiber Laser. Jadi kesimpulannya, YAG Laser merupakan Jenis Laser Metal yang berada di kelas menengah, dengan Fitur seperti Fiber, dan harga masih lebih murah dibanding Fiber Laser dan memiliki umur yang lebih pendek dibanding Fiber.

Tabel Perbandingan Jenis Mesin Laser
Jenis LaserCO2YAGFiber
MaterialNon Metal

Plastics

Metal / Logam

Plastics

Metal / Logam

Plastics

Cutting Engraving Marking10.6 micrometer

Good for Non Metals

Precisions

1.06 micrometer

Good for Metals

High Precisions

1.06 micrometer

Ultra Smooth

Ultra Precisions

Maintenance & Operational CostsCO2 Laser Tube replacementPump Diode replacementFree Maintenance
Operational Hours1.000 – 3.000 hours8.000 – 15.000 hours25.000 hours
PriceLowMediumHigh
Share

Related Post