Dalam Artikel kali ini, kita hanya membahas LED secara garis besar dan tren yang ada di sekitar kita mengenai LED.

 LED Display

Apa sih LED itu ?

LED adalah salah satu bentuk dari Variasi dari Jenis Komponen Elektronik.

LED singkatan dari Light Emitting Diode, yang artinya kurang lebih adalah Dioda yang dapat memancarkan Sinar bila dialiri arus listrik searah ( DC).

 

Pada umumnya Listrik berdasarkan arus listriknya dibedakan menjadi dua, yaitu Arus Listrik Bolak Balik (AC) dan arus listrik searah (DC). LED kita gunakan sebagai sumber cahaya menggunakan DC. Mengapa? AC sebenarnya juga dapat membuat LED mengeluarkan cahaya, tetapi karena AC mempunyai faktor frekuensi dalam karakteristiknya, maka nyala LED pun akan terlihat menyala berkedip tidak stabil, sesuai dengan frekuensi AC tersebut sehingga membuat mata kita tidak nyaman melihat sinar LED tersebut.

 

Sinar LED tidak menghasilkan cahaya yang mengandung panas, akan tetapi LED itu sendiri mengeluarkan panas saat mengeluarkan cahaya, dan panas tersebut harus terbuang dengan sempurna agar tidak merusak LED itu sendiri. Untuk itu dibutuhkan pendingin yang menempel dengan LED tersebut.

Biasanya LED yang memiliki Konsumsi Daya 1Watt atau lebih besar yang membutuhkan pendingin. Akan tetapi bukan berarti LED yang kecil tidak mengeluarkan panas, hanya saja panas yang dihasilkan tidak banyak sehingga tidak sampai merusak LED tersebut dan tidak diperlukan pendingin, hanya sirkulasi udara yang cukup.

 

Pendingin LED yang digunakan biasanya adalah Heatsink / Sirip Pendingin yang berfungsi untuk membuang panas ke udara sekitar. Beberapa Teknik untuk mendinginkan LED ini antara lain Gabungan antara Heatsink dengan Fan / Kipas, Heatpipe ( Pipa logam yang berisi cairan untuk menghantarkan panas dari ujung yang menempel dengan LED ke ujung lain yang menempel Heatsink atau alat lain sebagai media pembuangan panas), Water Cooling (Pipa Logam yang dialiri air dengan sistem looping tertutup seperti halnya mesin kendaraan mobil dengan radiator).

Share

Related Post