Kemarin, kita sudah membahas tentang efek dari mesin laser, pernikahan jadi lahan omset  ! Nah, salah satu souvenir pernikahan yang biasa digunakan adalah grafir gelas. Gelas salah satu kebutuhan yang selalu digunakan berbagai kalangan setiap harinya. Apalagi gelas yang didapat dari souvenir pernikahan, kebanyakan orang menggunakan gelas itu untuk pajangan di ruang tamu karena bentuknya yang unik dan juga beda dari yang lain.

Tapi, perlu kamu tau grafir gelas terbuat dari mesin laser cutting jenis Engraving loh..

Ada yang tau mesin laser engraving? Eng.. ing..eng…

Yup, benar. Mesin laser engraving adalah mesin yang digunakan untuk mengikis permukaan material sehingga tulisan, gambar ataupun foto tampak pada permukaan material. Prinsip kerja mesin laser engraving hampir sama dengan mengukir. Bedanya, mesin ini lebih canggih karena penggunaannya memakai sinar panas laser untuk mengikis atau membuang permukaan materialnya. Sayangnya, mesin laser engraving ini tidak bisa memberikan warna.  yah, gak sempurna dong?  iya, karena setiap barang ada kelebihan dan kekurangan masing-masing. Yang memiliki kesempurnaan hanyalah Tuhan Yang Maha Esa. Hehehehe…

Tapi pertanyaannya, apa mesin laser engraving hanya bisa dibuat untuk grafir gelas/kaca aja? Ya jelas enggak dong. Mesin laser engraving dapat membuat material-material seperti :

  1. Acrylic

Material acrylic adalah salah satu material yang gampang dibentuk dengan mesin laser engraving, sehingga dapat menghasilkan berbagai produk. Mulai dari interior ruangan, aneka display produk seperti misalnya produk-produk kecantikan. Anda juga bisa membuat ID card, puzzle, hingga aneka merchandise seperti gantungan kunci, penindih kertas, meja dll.

  1. Kulit dan kain

Kulit asli maupun sintesis dapat di gravir dengan laser. Namun tidak semua jenis kain dapat di gravir dengan laser. Hasil gravir itu sangat bergantung pada material yang digunakan.  Sebagian material kulit dan kain biasanya banyak dibuat menjadi produk-produk fashion dan pelengkapnya seperti jaket, dompet, ikat pinggang, sepatu, aksesoris dll.

  1. Kayu dan MDF

Dengan teknik potong dan gravir, anda dapat membuat aneka ukiran dari tumah-rumah ibadah, restaurant atau cafe-cafe. Produk yang dihasilkan dari kayu seperti gitar, stick drum, papan skateboard dan masih banyak lagi yang lainnya.

Wah, banyak material yang bisa kita kreasikan menggunakan mesin laser engraving ya. Usaha souvenirmu pun jadi beragam dan juga pasti unik-unik. Apalagi souvenir homemade yang kita buat dengan bantuan mesin laser cutting. Tentunya jadi lahan omset yang menjanjikan di masa yang akan datang. So, kamu gak perlu takut meskipun mesin laser engraving ada kekurangan, namun kelebihannya pun gak kalah main kok.

Oya, mungkin ada yang bingung kok ada banyak macam mesin laser cutting. Nah, mesin laser cutting itu ada 3 jenis. Yaitu, mesin laser engraving (Grafir), mesin laser marking (memberi tanda) dan mesin laser etching. Adapun perbedaannya bisa kalian klik Mari mengerti PERBEDAAN antara LASER MARKING, LASER ENGRAVING dan LASER ETCHING.

Semoga informasi yang kami berikan dapat membantu mengembangkan usaha kamu sahabat deprintz. ^_^

Share

Related Post

Segera Dapatkan Info Terbaru dari Kami

Gak Pake Lama, Input Email Anda Disini!

You have Successfully Subscribed!