Bahan pada digital printing bermacam-macam, semua tergantung pada mesin yang digunakan. Karakteristik setiap bahan berbeda-beda, ada yang khusus digunakan pada mesin indoor da nada pula yang khusus digunakan untuk mesin outdoor. Namun, ada pula yang cocok digunakan pada kedua mesin tersebut.

bahan-bahan tersebut hampir sulit dibedakan, namun karakteristik pada masing-masing bahan sebenarnya berbeda dilihat dari ketebalan, karakteristik serta teksturnya. Oleh karena itu, artikel ini akan menjelaskan mengenai materi bahan pada digital printing sesuai dengan mesinnya. Simak ulasannya yuk!

 

 

Mesin Outdoor

Seperti yang sudah anda ketahui, bahwa hasil mesin digital printing outdoor  digunakan untuk kebutuhan promosi di luar ruangan seperti neonbox, banner pengumuman, billboard dan lain halnya. Materi bahan apa saja yang bisa digunakan pada mesin digital printing outdoor? Berikut penjelasannya.

 

  1. Vinyl Fronlite Banner

Materi bahan yang satu ini biasanya digunakan untuk mencetak Spanduk, Baliho, Umbul-umbul, X-Banner, Roll up, Billboard, Backdrop, I-Banner, Y-Banner, Photowall, Mini X-Banner, dan Wallpaper. Materi bahan ini ada berbagai macam jenis sesuai dengan kualitasnya yakni merk dari China, Korea dan Jerman.

Fronlite China memiliki tekstur bahan yang agak halus dan agak tipis. Gramasi yang biasa dipakai 230 sampai 400 gram. Untuk lebar gulungan pada saat proses mencetak yakni 220 cm, 250 cm, 320 cm dan 550 cm. Untuk Fronlite Korea memiliki tekstur agak kasar dan agak tebal, dengan gramasi yang biasa dipakai biasanya 230 sampai 350 gram. Untuk lebar gulungan bahan pada saat proses mencetak  yakni 250 cm, 320 cm dan 550 cm.

Dan yang terakhir adalah fronlite Jerman yang paling bagus dengan tekstur lumayan kasar dan halus dengan gramasi yang umum digunakan adalah 230 sampai 400 gram. Sedangkan untuk lebar gulungan saat proses cetak sebesar 220 cm, 250 cm, 320 cm dan 550 cm.

 

  1. Vinyl Backlite Banner

Materi bahan ini biasanya digunakan untuk mencetak Neon box, Sign Board yang terpasang didepan lampu penerangan.  Materi bahan ini seperti frontlite, ada beberapa jenis yakni China, Korea dan Jepang.

Backlite China bertekstur halus, tebal dan agak transparan, dan pada bagian belakang seratnya agak kasar dengan gramasi yang biasa digunakan adalah 250 sampai 300 gram. Untuk lebar gulungan bahan pada saat proses mencetak sebesar 220cm, 250cm, 320cm dan 550cm.

Backlite Korea memiliki tekstur yang halus, tebal dan agak transparan, bagaian belakang seratnya agak kasar dan berwarna kebiru-biruan. Gramasi yang umunya digunakan adalah 250 sampai 300 gram. Lebar gulungan pada saat proses mencetak sebesar 220cm, 250cm, 320cm dan 550cm.

Untuk bahan backlite yang terakhir yaitu Jerman memiliki tekstur yang halus, tebal dan agak transparan, namun bagian belakang seratnya agak kasar dan berwarna putih. Gramasi yang umum digunakan adalah 250 sampai 300 gram. Lebar gulungan bahan  pada saat proses mencetak sebesar 220cm, 250cm, 320cm dan 550cm.

 

  1. Sticker Vinyl

Sticker ini memiliki tekstur yakni permukaan yang mengkilap atau glossy yang berbahan dasar putih. Ketebalan pada sticker ini bermacam-macam, namun umumnya memiliki ketebalan 80 sampai 100 micron. Sticker ini dipakai di berbagai kalangan, biasanya untuk mencetak keperluan seperti label, Signage, Kaca, Dinding, Lantai dan Berbagai Keperluan lainnya.

 

  1. Sticker One Way

Bahan ini memiliki tekstur halus, tebal dan permukaannya bolong-bolong. Sticker ini umumnya digunakan untuk mencetak penggunaan sticker yang dipasang dikaca, dan sejenisnya yang bentuknya transparan. Gramasi yang dipakai umunya yang standar, dengan lebar gulungan bahan pada saat mencetak sebesar 90cm, 105cm, 125cm dan 150cm.

 

 

Mesin Indoor

Mesin Indoor memiliki hasil yang biasa digunakan untuk kebutuhan promosi atau branding di dalam ruangan seperti X Banner, Roll up, Banner dan Wallpaper. Bahan pada mesin indoor ini biasanya menggunakan seperti berikut!

  1. Albatros

Bahan ini memiliki tekstur yang halus, tipis dan mengkilap. Bahan ini memiliki serat yang halus dan cocok digunakan untuk di dalam ruangan, dengan hasil finishingnya ditambah dengan laminating doff/glossy agar hasilnya memuaskan. Gramasi yang digunakan standar dengan lebar gulungan bahan saat proses dicetak sebesar 90 cm, 125 cm, dan 150 cm.

 

  1. Luster

Bahan ini bertekstur agak kasar, lumayan tipis dan mengkilap. Bahan ini memiliki serat yang agak halus dan tidak perlu finishing menggunakan laminating doff atau glossy karena seratnya yang kasar jika delaminating tidak akan menempel. Gramasi pada bahan ini biasanya umum dan standar dengan lebar gulungan bahan saat proses dicetal sebesar 90 cm, 125 cm, dan 150 cm.

 

  1. Canvas

Bahan kertas ini bertekstur agak kasar, tipis dan memiliki warna putih kekuning-kuningan. Umunya dipakai untuk mencetak foto atau media-media cetakan yang berbentuk poster. Gramasi yang biasa dipakai standard an lebar gulungan pada saat proses cetak sebesar 105 cm, 125 cm dan 150 cm.

 

  1. PVC

Bahan ini memiliki tekstur yang kasar dan tebal, pada serat dibelakangnya halus dengan gramasi yang sering digunakan standar. Lebar gulungan PVC ini pada saat proses dicetak sebesar 90 cm, 125 cm dan 150 cm.

 

  1. Glossy Paper

Bahan ini memiliki warna putih dan bertekstur halus dan tebal. Hasil pada bahan ini harus dilapisi laminating doff atau glossy agar hasilnya lebih memuaskan. Gramasi yang biasa dipakai standar dengan lebar gulungan bahan saat proses mencetak diantara lebar 90 cm, 125 cm dan 150 cm.

 

  1. Sticker

Bahan ini biasanya dipakai untuk mencetak sticker yang biasa terpasang dan ditempel di kaca, akrilik, dimobil atau semua permukaan yang datar. Serat bahan ini halus dan tipis, cocok untuk ilkan didalam ruangan yang dilapisi laminating doff atau glossy agar lebih memuaskan. Gramasi yang biasa dipakai standar dengan lebar gulungan bahan saat proses mencetak diantara lebar 105 cm, 125 cm dan 150 cm.

Bahan ini memiliki 3 jenis sticker yakni stiker ritrama, transparan dan blackout. Pada sticker ritrama berwarna putih dan bertekstur halus dan tipis. Pada sticker transparan teksturnya tipis, halus dan transparan. Sedangkan pada sticker blackout berwarna hitam pada perekatnya dengan tekstur halus dan tipis.

 

Dari penjelasan diatas, dapat disimpulkan bahwa setiap bahan memiliki tekstur dan fungsi yang berbeda-beda tergantung dengan kebutuhan anda. Bahan yang sering digunakan pada indoor tidak dapat digunakan untuk outdoor, namun bahan pada outdoor dapat digunakan pada mesin indoor.

Oleh karena itu, ketika anda ingin mencetak bahan penting kiranya untuk melihat karakteristik bahan terlebih dahulu. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda sahabat deprintz.

Share

Related Post