Kertas merupakan bahan yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Baik dunia pendidikan, ataupun lain halnya. Secara harafiah kertas merupakan bahan tipis yang dihasilkan dari proses pengepresan kertas serat kayu yang berasal dari pulp. Dahulu, sebelum adanya kertas orang-orang menulis diatas batu, kain, tulang serta daun. Namun, penemuan kertas ini yang pertama kali ditemukan bangsa Cina merubah kebiasaan itu.

Kertas digunakan untuk media tempat tulisan yang anda buat, tak hanya itu saat ini dizaman yang semakin canggih hampir semuanya berkaitan denga kertas. Struk pembelian, buku tulis, poster, sticker dan lain halnya. Nah, kertas memiliki beragam macam dan fungsi yang berbeda-beda. Lantas apa saja macam-macamnya? Cek yuk dibawah ini!

 

  1. Kertas HVS

kertas HVS bertekstur halus serta tipis dengan ketebalan mulai 60 gsm, 70 gsm, 80 gsm serta 100 gsm. Kertas ini biasa digunakan di perkantoran dan sekolah untuk laporan kerja, tugas, makalah, serta digunakan untuk media buku.

 

  1. Book Paper

Kertas mac mini memiliki tekstur yang sangat ringan dan tipis, cenderung kasar sedikit halus serta warnanya kekuningan. Ketebalan kertas mulai dari 55 gsm, 70 gsm dan 90 gsm. Kertas ini hanya direkomendasikan untuk cetak teks saja, untuk gambar tidak terlalu bagus karena hasil yang kurang tajam karena warnanya sendiri cenderung kekuningan. Kertas ini diciptakan untuk anda yang suka membaca, karna kertas ini memberikan efek nyaman pada mata saat melihat.

 

  1. Art paper

Kertas ini bertekstur licin, putih, halus dan mengkilap serta sedikit lebih tipis yakni ketebalannya 120 gsm dan 150 gsm. Kertas ini biasanya digunakan untuk membuat isi majalah, isi company profil, brosur, bagian isi buku yang butuh gambar lebih detail. Kertas ini terlihat lebih lux, apalagi ditambah dengan laminasi glossy atau dov.

 

  1. Art Carton

Kertas ini memiliki tekstur halus, licin, mengkilap dan tebal. Ketebalan kertas ini mulai dari 190 gsm, 210 gsm, 230 gsm, 260 gsm dan 310 gsm. Kertas ini biasanya digunakan untuk membuat poster, cover majalah, company profile, sertifikat, box produk, undangan dan masih banyak yang lainnya. Untuk kartu nama dan cover buku bagusnya menggunakan ketebalan 260 gsm.

 

  1. Karton BW

Kertas ini bertekstur halus, putih dan memiliki ketebalan 240 gsm. Kertas ini biasanya digunakan untuk sertifikat kartu iuran bulanan, map, undangan dan lain-lain. Kertas ini juga cocok digunakan untuk ditulis menggunakan pena seperti kertas HVS.

 

  1. Jasmine

Kertas ini teksturnya halus dan licin, mengkilap da nada partikel emas pada permukaan kertasnya. Kertas ini biasanya digunakan untuk membuat undangan atau kartu ucapan, karena kertas ini memiliki varian warna yang terbilang cukup lengkap.

 

  1. Concorde

Kertas ini teksturnya kasar namun sedikit halus serta meiliki permukaan yang timbul seperti membentuk sebuah garis. Kertas ini biasanya digunakan untuk surat-surat penting seperti proposal atau sertifikat. Kertas ini memiliki banyak varian warna yang soft.

  1. Linen Jepang

Kertas ini licin, halus dan teksturnya seperti kain pada permukaan. Dengan ketebalan 240 gsm, kertas ini sering digunakan untuk membuat sertifikat dan kartu nama karena permukaannya teksturnya seperti kain. Namun, kertas ini memiliki varian warna yang sedikit.

  1. Buffalo

Kertas ini memiliki tekstur halus, licin serta permukaannya seperti guratan kayu. Kertas ini memiliki banyak varian nama sehingga cocok digunakan untuk membuat kartu nama serta digunakan untuk cover jilid.

 

  1. NCR

Kertas ini mudah untuk ditulis dan dicopy pada kertas di halaman kedua karena memiliki partikel karbon, tekstur yang halus dan tipis. Kertas ini biasanya digunakan pada nota, bon, struk, faktur atau surat jalan.

 

  1. Stiker Cromo

Kertas ini biasanya digunakan untuk media promosiyang ditempel pada tempat tertentu. Tekstur kertas ini licin, halus, mengkilap da nada lapisan lem pada bagian permukaan belakangnya.

 

  1. Stiker Vynil

Kertas yang berbahan dasar sintesis dengan tekstur licin, halus, mengkilap, lentur dan juga memiliki lapisan lem di bagian belakang seperti stiker cromo. Kertas ini biasanya digunakan di mobil, motor, helm dan lainnya sebagai aksesoris. Kertas ini tidak gampang sobek dan rusak walaupun sering terkena terik matahari atau hujan. Makanya cocok digunakan untuk tempelan pada otomotif.

 

Sebenarnya masih banyak macam kertas lainnya. Namun, yang sering digunakan adalah kertas diatas. So, dari 12 kertas diatas mana nih yang sering anda gunakan sahabat deprintz?

Share

Related Post

Segera Dapatkan Info Terbaru dari Kami

Gak Pake Lama, Input Email Anda Disini!

You have Successfully Subscribed!