Sticker vinyl merupakan sticker yang terbuat dari bahan vinyl secara fleksibel, lentur dan biasa digunakan di luar ruangan atau outdoor. Sticker ini memiliki permukaan berwarna putih atau transparan dengan lapisan mengkilap dan glossy, sehingga hasilnya akan lebih elegan dan terlihat mewah. Sticker ini dapat dibuat sesuai dengan rancangan desain sticker seperti warna yang digunakan, dan sekompleks apapun yang diinginkan.

Dengan karakteristik sticker yang sangat bagus tersebut, sticker vinyl memiliki jenis berdasarkan masing-masing faktornya. Karena pengaplikasian sticker vinyl sangatlah luas, maka jenis sticker vinyl dibagi menjadi dua faktor berikut ini!

 

Sumber : Tokopedia.com

 

Berdasarkan Metode Perekatan

Jika dilihat dariĀ  factor metode perekatannya, jenis sticker vynil terbagi menjadi dua, yakni :

  • Adhesive Vinyl

Adhesive vinyl merupakan jenis vinyl yang biasa digunakan untuk percetakan sticker digital dimana ada lapisan perekat (adhesive) di bagian belakang kertas yang mudah untuk dilepas dan ditempelkan. Dan pada jenis adhesive ini terbagi lagi jenisnya berdasarkan vinyl dengan penggunaan lapisan dasar putih atau vinyl dengan penggunaan lapisan dasar transparan atau bening.

  • Heat Transfer Vinyl (HTV)

Sticker vinyl jenis ini adalah sticker vinyl yang ditempelkan melalui proses mpenyaluran panas pada permukaannya dengan bantuan transfer paper, sehingga jenis sticker ini biasa digunakan dalam metode digital pada sablon kaos.

 

Jenis Adhesive vinyl dan HTV vinyl memiliki karakteristik yang hampir sama, yakni memiliki kelenturan, keawetan dan ketahanan terhadap ciprata air. Yang berbeda dari kedua jenis vinyl ini terletak pada jenis permukaan yang dapat distempel. Jika adhesive diletakkan atau ditempelkan pada permukaan yang keras dan rata sedangkan jenis HTV hanya difokuskan pada garmen, sehingga diaplikasikan pada bahan kain atau tekstil. Jenis HTV juga bisa menempel secara sempurna di permukaan yang bergelombang seperti kaos sehingga hasil akhirnya tidak mudah lecek.

 

Sumber : lelong.com.my

 

Berdasarkan Jenis Tinta

Sticker vinyl yang paling umum digunakan berdasarkan jenis tinta terbagi menjadi beberapa jenis yakni sebagai berikut :

    • Sticker vinyl yang menggunakan tinta solvent
    • Sticker vinyl yang menggunakan tinta ecosolvent
    • Sticker vinyl yang menggunakan tinta latex
    • Sticker vinyl yang menggunakan tinta UV

Untuk sticker yang menggunakan tinta solvent biasanya digunakan untuk desain dengan font besar (di atas 15 pt) yang digunakan di luar ruangan atau outdoor. Kebalikan dari solvent, tinta ecosolvent lebih cocok digunakan di dalam ruangan atau indoor. Jika tinta latex biasanya cocok untuk keduanya yakni indoor dan outdoor serta tintanya tidak bau zat kimia.

Selanjutnya, untuk sticker dengan tinta UV memiliki keunggulan dan kelebihannya sendiri, yakni memiliki ketahanan yang sangat baik terhadap sinar matahari dengan lapisan anti gores sehingga lebih cocok digunakan di dluar ruangan atau outdoor. Selain itu, hasil cetak tinta UV ini akan lebih dof dan tidak glossy.

 

Nah, itulah 2 jenis sticker vinyl yang diklasifikasikan sesuai dengan factor masing-masing. dari artikel diatas dapat disimpulkan bahwa setiap sticker vinyl digunakan sesuai dengan perekatannya serta jenis tinta yang dipakai. Oleh sebab itu, anda harus memahami dengan betul setiap penjelasan yang sudah tertera di artikel ini untuk menambah wawasan dan juga pengetahuan mengenai bahan sablon yakni sticker vinyl.

Oke, semoga artikel ini bermanfaat untuk anda ya sahabat. Bersama Deprintz, Buat Usaha Jadi Mudah!

Share

Related Post