Kalau kemarin kita berbicara tentang laser cutting, nah kali ini saya akan share soal mesin laser marking. Laser marking penggunaannya sama dengan laser cutting yaitu menggunakan laser sebagai alatnya. Hanya saja, berbeda dengan laser cutting untuk memotong, namun marking untuk memberikan grafir (penandaan) permanen di sebuah media.

Jenis mesin laser itu ada 3, yaitu laser FIBER dan laser CO2 dan Laser YAG (crystal). Untuk mengetahui perbedaan ketiga laser tersebut bisa baca juga : Perbandingan Mesin Laser Jenis CO2 Laser, YAG Laser dan FIBER Laser.

Namun, untuk laser marking kita hanya ada 2 jenis tipe yaitu Laser Fiber dan Laser CO2 yang sangat direkomendasikan. Mengapa? Karna Laser YAG khusus untuk barang-barang metal namun tidak direkomendasikan untuk di marking. Sedangkan laser marking yang biasa digunakan adalah laser Fiber dan CO2. Nah, disini akan saya share tentang merk yang biasa digunakan mesin laser fiber dan CO2. Lantas, apa aja ya merknya yang biasa digunakan? Yuk disimak..

 

Mesin laser fiber marking HANS Yueming MF 20 EA

Merk ini masuk ke dalam laser marking fiber. Adapun Media yang bisa di Marking seperti di Metal (Logam) seperti Besi, Stainless, Titanium, Aluminium, Tembaga, Kuningan, Galvanize, dsb. Jadi, untuk mesin laser fiber ini lebih cocok ke material metal.

Mesin laser merk ini menggunakan system Dioda laser source FIBER sebesar 20 Watt. Dibekali dengan High Quality Laser Spot, keseragaman Laser Density, serta Output yang sangat Stabil. Mesin Fiber Laser Marking HANS Yueming MF 20 EA ini memiliki kecepatan yang sangat cepat (High Speed Marking) dan tingkat Resolusi yang sangat detail dan halus, serta Low Cost Operational. Software Smart Marker di Mesin Laser Marking ini mampu mengolah berbagai macam data sehingga menghasilkan bermacam layer varian output warna hingga 256 colours.

Mesin CO2 Laser Marking HANS Yueming MC 30 EA

Merk ini masuk ke dalam laser CO2. Adapun media yang bisa di Marking seperti di non metal / Logam. Juga bisa di Media Plastik, Kayu, Kertas, Acrylic, Kulit, Kaca (Glass), Keramik, Batu, dsb. Jadi, untuk mesin laser CO2 ini lebih cocok ke material non metal atau logam. Mesin CO2 Laser Marking HANS Yueming MC 30 EA ini menggunakan Sistem Laser Source CO2 sebesar 30 Watt.

Mesin CO2 Laser Marking HANS Yueming MC 30 EA ini cocok digunakan untuk Marking  berbagai macam permukaan Material untuk membuat Logo, Barcode, QR Code, UID Code, Serial Number, Tulisan, Foto, dsb. Dengan Kualitas ketajaman yang sangat detail, Hasil Marking yang Permanen, dan Cost Produksi yang sangat kecil sehingga cocok untuk membuat Marking produk Massal di berbagai Industri.

 

So, sesuai dengan materialnya lebih baik kita pilih yang cocok. Untuk material berbahan dasar metal lebih ke mesin laser Fiber. Sedangkan yang non metal diarahkan untuk ke msein laser CO2. Agar hasil marking kita sesuai dengan yang kita inginkan.

Semoga bermanfaat ^^

Share

Related Post