Sticker merupakan suatu bahan yang biasa digunakan dalam dunia printing. Sticker banyak digunakan untuk alat promosi oleh masyarakat sejak lama, mulai dari sticker yang sederhana seperti sticker logo hingga sticker cutting yang lebih kompleks dalam penggunaannya.

Hal ini dikarenakan biaya sticker yang terbilang murah dan pemasangan yang cepat, sehingga sangat praktis digunakan. Selain itu, sticker memiliki ragam jenis sesuai dengan daya tahan dan kualitas yang berbeda-beda. Untuk mendapatkan hasil yang baik, tentu anda akan menggunakan sticker dengan kualitas dan daya tahan yang awet. Oleh karena itu, anda harus mengetahui setiap bahan sticker dengan kualitas yang dan tahan lama.

Di Indonsia, ada 3 produsen bahan sticker terbesar yang seringkali digunakan dalam printing, yakni sebagai berikut!

 

3M

Produsen bahan sticker ini berasal dari Amerika Serikat yang merupakan salah satu pionir di dalam industry perekat adhesive dan juga sticker yang menggunakan bahan vynil. Produsesn ini memiliki kantor cabang di berbagai Negara di dunia.

Dalam perkembangannya, 3M tidak banyak digunakan di Indonesia jika untuk striping dan decals, kecuali untuk produk Scotchlitenya yang terkenal dalam kebutuhan kaca film untuk jendela mobil atau gedung perkantoran.

Scotchlite merupakan jenis bahan sticker vinyl reflektif yang bisa memantulkan cahaya lampu sehingga waktu malam hari atau keadaan gelap sticker ini akan terlihat menyala sehingga sticker ini sangat berguna sebagao aksen dekorasi pakaian atau kendaraan.

 

Beberapa produk andalan produsen bahan sticker 3 M ini antara lain :

    • Sticker Vinyl Scotchlite
    • Controltac
    • Kaca Film 3M

 

Ritrama

Produsen yang kedua adalah ritrama yang berasal dari Italia yang serig digunakan di Indonesia. Hal ini dikarenakan varian produk nya sangat beragam mulai dari yang standard sampai dengan yang ramah lingkungan dan memiliki grade yang berbeda-beda.

 

Ritrama memproduksi bahan vinyl yang telah mengikuti standard internasional yang dibagi menjadi 3 jenis yakni :

    • Sticker vinyl monomeric yang tidak elastis sehingga dikhususkan untuk permukaan datar saja.
    • Sticker vinyl polymeric yang lebih lentur dan bisa digunakan untuk permukaan melengkung.
    • Sticker vinyl cast dengan bahan yang sangat tipis dan berkualitas tinggi. Umumnya digunakan untuk branding mobil, striping dan juga decal.

 

Ritrama juga memiliki produk unggulan yang menjadi primadona di dalam dunia printing, yakni sebagai berikut!

    • Sticker Ritrama seri 4GL3A yang biasa digunakan untuk decal kendaraan
    • Sticker Ritrama seri 4GL3B yang digunakan untuk bidang datar seperti billboard
    • Sticker Ritrama RI-JET

 

Oracal

Produsen yang ketiga adalah oracal yang merupakan merk dagang dari perusahaan ORAFOL dari Jerman. Produsen ini memiliki beragam varian produk sticker yang handal dan berkualitas. Dengan kata lain,  oracal termasuk bahan sticker terbaik dalam dunia printing.

Oracal juga mempunyai bahan sticker vinyl yang sangat lentur dengan daya tahan yang tinggi serta serig digunakan untuk kebutuhan mulai dari cetak biasa hingga cetak sticker untuk kebutuhan dekorasi seperti striping atau decal.

Varian produk produsen bahan sticker ini beragam, mulai dari grade dan kecocokan penggunaanya untuk kebutuhan tertentu. Seperti grade otomotif yang digunakan untuk kebutuhan striping kendaraan, marine grade untuk sticker yang digunakan pada kapal dan lain sebagainya.

 

Adapun produk unggulan produsen bahan sticker ini adalah sebagai berikut!

    • Oracal-651 yang digunakan di Indonesia untuk beragam kebutuhan. Namun produk ini paling banyak digunakan untuk kebutuhan striping atau decal kendaraan, padahal grade ini paling rendah jika digunakan untuk striping atau decal. Selain itu, produk ini memiliki perekat adhesive yang sangat tajam sehingga dapat merusak laisan cat pada kendaraan.
    • Oracal-970 yang memiliki kualitas premium di atas 651 dengan memiliki kelenturan yang sangat baik. Jika dibandingkan dengan 651, produk ini memiliki kelenturan yang lebih baik dan daya tahan ruangan yang baik pula. Selain itu, produk ini sangat ramah terhadap cat kendaraan namun tetap menempel dengan kuat dan tahan lama. Sehingga, produk ini direkomendasikan untuk striping atau decal. Namun memang, soal harga produk ini memiliki harga yang jauh lebih mahal dibandingkan 651.
    • Oracal-951 dengan kualitas lebih premium dibandingkan 970. Sama halnya dengan 970, produk ini memiliki kelenturan yang baik.

 

Nah, itulah 3 produsen bahan sticker terbesar yang ada di Indonesia yang seringkali digunakan untuk kebutuhan printing mulai dari cetak biasa sampai dengan kebutuhan dekorasi. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda sahabat. Deprintz, buat usaha jadi mudah!

Share

Related Post