Kali ini, mimin mau share mengenai fungsi Axis pada mesin CNC yang berbeda tergantung dengan macamnya. Axis merupakan alat yang berguna sebagai sumbu penggerak spindle mesin CNC Router.

Mesin CNC Router pada dasarnya memiliki banyak sumbu penggerak yang digunakan dalam membantu pengoperasian. Setiap sumbu penggerak memiliki fungsinya masing-masing dan saling terkait. Axis atau sumbu penggerak memiliki 3 type yang sudah beredar di pasaran.

Mesin CNC dengan 3 AXIS

Mesin CNC 3 Axis merupakan mesin dengan memiliki 3 sumbu penggerak dimana ada sumbu X sebagai penggerak maju mundur, Sumbu Y sebagai penggerak kanan kiri serta sumbu Z sebagai penggerak naik turun. Mesin ini yang paling sederhana karena hanya digunakan untuk media datar yang ingin diukir/grafir menjadi bentuk tiga dimensi (3D) timbul.

Gambar Hasil Menggunakan 3 Axis

Mesin CNC dengan 4 AXIS

Mesin CNC 4 Axis dapat digunakan untuk media datar yang memiliki sumbu X,Y,Z seperti pada mesin CNC 3 Axis. Namun, pada mesin ini ada sumbu tambahan untuk pergerakan berputar horizontal yakni sumbu A.  Biasanya mesin dengan 4 Axis ini digunakan untuk grafir pada media silinder.

Gambar Hasil Menggunakan 4 Axis

Mesin CNC dengan 5 AXIS

Mesin CNC 5 Axis ini adalah mesin yang paling kompleks karena bekerja dengan menggunakan 5 sumbu penggerak yaitu sumbu X,Y,Z serta sumbu A dan C. Untuk sumbu X,Y,Z sama seperti halnya pada mesin 3 Axis, sumbu A untuk pergerakan berputar horizontal dan sumbu C sebagai penggerak berputar vertikal. Dengan sumbu penggerak yang paling kompleks, mesin ini dapat di buat di media datar bisa, silinder bisa dan media keseluruhan.

Gambar Hasil Menggunakan 5 Axis

 

Nah, perlu kamu tau sahabat deprintz jika sumbu penggerak pada mesin CNC itu ada 3 macam yakni 3 Axis, 4 Axis dan 5 Axis yng berfungsi untuk membuat media yang kita inginkan. Semua tergantung dengan kebutuhan yang ingin kita bentuk sesuai dengan fungsi Axis-nya masing-masing.

Oke sahabat deprintz, semoga info yang kalian baca bisa bermanfaat ^^

Share

Related Post