Usaha kuliner merupakan peluang usaha yang sangat menjanjikan di masa depan. Kuliner merupakan kebutuhan pokok masyarakat yang slalu hadir dan diminati. Selain kebutuhan pokok, kuliner biasanya menjadi teman saat kumpul bersama teman, kerabat, pasangan ataupun keluarga. Oleh karena itu, pentingnya strategi dalam membuka peluang usaha kuliner yang wajib anda tahu sebelum eksekusi bisnis makanan yang menjanjikan di masa depan.

Bisnis kuliner bukan seledar soal rasa yang harus anda perhatikan, namun hal sepele untuk menambah minat masyarakat dalam membeli makanan anda pun sangat penting untuk diperhatikan. Hal-hal sepele yang harus menjadi perhatian anda di dunia bisnis kuliner antara lain sebagai berikut!

 

  1. Packaging Makanan yang unik

 

 

Salah satu hal sepele yang sangat penting untuk strategi pemasaran usaha kuliner yang tepat adalah packaging. Packaging merupakan bungkus makanan bagian luar yang biasa dijadikan tempat untuk melindungi makanan dari cuaca, guncangan, dan bentura terhadap benturan lain. Packaging seringkali menjadi hal yang seringkali disepelekan oleh para usaha kuliner. Menurut mereka, usaha kuliner yang dibutuhkan adalah makanannya. Padahal, fungsi packaging sangat membantu dalam proses pemasaran usaha kuliner.

Packaging dengan desain yang unik dan menarik, membantu masyarakat mengenali usaha kuliner anda lebih detail. Anda bisa membuat packaging dengan desain brand usaha atau sebuah logo makanan yang anda jual. Pastikan desain yang anda buat itu terlihat jelas dan warnanya tidak memudar. Biasanya, untuk membuat packaging ini membutuhkan bantuan mesin yang bisa anda andalkan yakni mesin offset. Adapun pengertian mesin offset ini bisa klik disini!

( Baca Juga : Perbandingan Cetak Mesin Offset dan Digital Printing )

 

  1. Foto Makanan di Media Sosial

 

 

Dalam hal pemasaran usaha kuliner, anda bisa lakukan melalui online dan offline. Namun, yang paling mudah dilakukan adalah via online. Biasanya, via online bisa melalui media sosial seperti instagram, facebook ataupun blog dan website. Dalam prihal memasarkan profuk makanan di media sosial, hal sepele yang harus anda perhatikan adalah foto makanan yang di share.

72 % masyarakat menggunakan media sosial sehari-hari, dan 71 % diantaranya menggunakan perangkat mobile dalam mengakses media sosialnya. Angka ini menunjukkan statistik masyarakat dalam minatnya menggunakan media sosial begitu besar, oleh karena itu anda harus menggunakan foto yang bisa membuat minat masyarakat menjadi tergiur akan produk makanan yang anda jual.

 

  1. Tempat kuliner dengan spot foto menarik

 

 

Jika anda membuka usaha kuliner yang sudah cukup besar, salah satunya adalah memiliki kedai makanan sendiri misal cafe atau warung kecil-kecilan. Hal sepele yang biasa dicari oleh oranglain adalah tempat untuk spot foto yang menarik. Biasanya, di era dunia internet yang semakin canggih ini tentunya spot foto menarik menjadi tempat yang menjadi sasaran para masyarakat. Selain tempat makan yang enak, tentu spot foto menjadi salah satu nilai plus oleh masyarakat dalam menentukan minatnya untuk membeli produk makanan anda. Oleh karena itu, hal ini sangatlah sepele namun bisa menunjang promosi usaha kuliner anda menjadi lebih bagus.

 

Itulah 3 hal sepele yang bisa anda lakukan untuk strategi pemasaran yang cocok untuk usaha kuliner anda menjadi lebih luas. Meskipun sepele, dengan melakukan 3 hal diatas anda akan terbantu untuk membuas usaha kuliner anda menjadi lebih berkembang. jadi, peluang usaha kuliner ini bisa anda coba dengan memperhatikan 3 hal sepele diatas. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda sahabat, karena bersama Deprintz, Buat Usaha Jadi Mudah!

Share

Related Post