Sukses bagi setiap orang merupakan impian yang diidam-idamkan. Sukses bisa dimulai dari kapan saja dan dimana saja, tak terhalang usia maupun batasan. Hanya saja, menurut Chandra Putra Negara Sukses sebelum usia 30 adalah kesuksesan yang ideal. Founder SuccessBefore30 ini merupakan salah satu pengusaha sukses yang sudah tidak perlu diragukan lagi kiprahnya di dunia bisnis.

Bagi anda seorang pemula, bisnis bisa dibilang susah-susah gampang. Namun, tidak perlu takut karena apa salahnya jika mencoba. Seringkali pengusaha pemula melakukan kesalahan yang fatal yang harusnya tidak dilakukan. Ada 3 jenis kesalahan fatal bagi pemula bisnis yang sering dilakukan yang harus anda hindari, berikut ini penjelasannya!

 

Melakukan Semua Sendiri

 

 

Kesalahan fatal yang seringkali dilakukan oleh pebisnis pemula adalah melakukan semua sendiri tanpa ada bantuan dari orang ketiga. Dalam hal ini adalah karyawan. Kenapa? Karena bagi kebanyakan pemula bisnis menganggap merekrut karyawan sebelum usaha besar adalah membuang-buang uang. Memang benar, merekrut karyawan membutuhkan biaya. Namun kembali lagi, dalam bisnis anda tidak bisa mengerjakan semua sendiri seperti melayani konsumen, mengirim sendiri, packing sendiri, buka toko sendiri, tutup toko sendiri dan lain-lain.

Bagi Chandra, CEO itu kan artinya Chief Executive Officer bukan Chief Everything Officer. Jadi, seorang CEO tidak bisa melakukan semuanya sendiri. Anda membutuhkan tim minimal ada yang membantu anda dalam mengurus sosmed anda. Ada juga yang membantu mengurus pelayanan, membantu packing untuk menuju level yang lebih tinggi.

Tetapi, yang harus anda ketahui bahwa meskipun anda membutuhkan karyawan, anda tetap harus bisa mengerjakan kerjaan utama yang dilakukan karyawan. Misal, anda membuka usaha makanan yang membutuhkan karyawan yang memasak. Ketika karyawan tidak masuk, andalah yang harus memasak. Jadi, anda sebagai seorang CEO juga bisa mengerjakan apa yang dikerjakan karyawan.

Memang benar, ada beberapa orang atau CEO yang tidak bisa mempercayakan kerjaannya dengan karyawan dikarenakan takut tidak sesuai. Oleh karena itu, anda harus mencari karyawan yang tepat, yang bisa dipercaya dan satu misi dengan anda.

 

Melihat semua peluang sebagai lumbung emas

 

 

Kesalahan fatal yang kedua adalah melihat semua peluang sebagai lumbung emas. Bisa dikatakan anda tidak fokus terhadap bisnis yang anda jalankan. Misal, anda hari ini menjual Hp, lalu minggu selanjutnya menjual casing Hp. Eh melihat peluang usaha di bidang makanan, anda jual makanan. Lihat peluang jual beli mobil, ya anda ikutan termakan. Inilah yang membuat bisnis anda tidak berjalan karena menganggap semua peluang adalah lumbung emas.

Belajarlah untuk fokus, karena fokus merupakan hal yang bisa membantu bisnis anda lebih berkembang. Anda boleh membuka peluang usaha yang lain, tapi boleh dijalankan ketika usaha anda yang pertama sudah berkembang cukup pesat. Seperti yang dilakukan Pak Chandra ini, memang mengembangkan 6 perusahaan  tetapi tetap fokus di usaha yang pertama. Hal itu saja memakan waktu 19-20 tahun, lalu usaha yang kedua dan ketiga dan seterusnya memangsudah ada tim yang menghandle.

Inilah hal yang harus anda lakukan, yakni fokus. Banyak pemula yang di tahun pertamanya melihat berbagai hal menjadi peluang, usaha A peluang dijalani. Usaha B berpeluang juga dilakoni. Usaha B berjalan, ada usaha C yang berpeluang juga jadi incaran. Jangan ikut-ikutan, karena membangun perusahaan itu tidaklah mudah. Lebih baik anda mengembangkan usaha pertama dibandingkan mencampur adukkan usaha bermacam-macam.

 

Rasa Takut yang berlebihan, sehingga tidak berani action

 

 

Poin yang ketiga adalah rasa takut berlebihan, sehingga tidak berani action. Setiap bisnis yang dilakukan, tentulah anda harus siap menanggung resikonya. Pikiran seperti takut gak laku, takut orderan di cancel, nanti kalau timbul hutang dan pikiran-pikiran takut lain yang mengecam diri, sehingga anda sulit untuk melangkah.

Seperti yang diucapkan Pak Chandra ini, bahwa setiap orang sukses akan mengalami hal-hal itu dan anda harus siap melakoninya. Orang sukses berani ambil resiko yang akan terjadi, jika mereka saja bisa tentu anda pun bisa mengalaminya asalkan jangan berhenti mencoba. Seperti halnya ketika anda merasakan jeruk kecut, anda tidak akan tau rasanya kalau anda tidak mencobanya. Sama halnya seperti usaha, anda harus mencoba barulah anda tau hasilnya seperti apa. Percaya diri, you can do it!

 

Nah, itulah 3 hal yang seringkali dilakukan para pengusaha pemula yang harus anda hindari untuk memulai suatu bisnis. Jadi, jangan sampai ketiga hal diatas anda lakukan ya sahabat. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda! Bersama Deprintz, Buat Usaha Jadi Mudah!

Share

Related Post