Sukses merupakan hak yang bisa dimiliki seseorang, siapapun itu punya hak untuk menjadi sukses. Baik hidup ataupun bisnis, setiap orang memiliki kesempatan untuk sukses. Itulah yang diyakini salah satu sosok inspiratif dan memotivasi sekali yakni Ir.Ciputra atau Tjie Tjie Hoan yang merupakan seorang insinyur dan pengusaha di Indonesia yang namanya masih tersohor dan berjaya di usianya menginjak 87 tahun.

Bisnis ciputra termasuk ke bisnis properti yang sangat sukses, diantaranya adalah Jaya Group, Metropolotan Group, dan Ciputra Group. Meskipun beliau seorang pebisnis, kiprahnya di dunia pendidikan pun sangat baik karena sudah mengembangkan sekolah dan Universitas Ciputra.Namun, Universitas Ciputra pun tak lepas dari goal dan tujuan Pak Ciputra ingin menciptakan generasi muda yang paham akan bisnis.

Menurut data Forbes yang merilis daftar orang terkaya di Indonesia, Ir.Ciputra masuk ke dalam peringkat ke 27 dengan total kekayaan US$ 1,2 Milyar pada tahun 2018 lalu. Tak hanya sekedar kaya, sosok inspiratif Ciputra ini memiliki pemikiran brilian dan memiliki karya-karya yang bisa anda jadikan panutan.

Jika anda ingin memulai suatu bisnis, yuk intip tips bisnis ala Pak Ciputra yang akan dibahas dalam artikel ini. Seperti yang dikatakan Pak Ciputra di acara the 5th Annual Jakarta Marketing Week 2017, di Jakarta yang ditulis dalam Liputan6 yakni menerapkan tiga prinsip sebagai seorang pengusaha sukses yakni IPE merupakan singkatan dari Integritas, Profesionalisme dan Entrepreneur.

Berikut 3 kunci sukses ala Pak Ciputra yang bisa anda terapkan, Let’s check out!

 

Integritas

 

 

Integritas merupakan poin penting dalam membangun kesuksesan dan menjadi dasar untuk menjalin kepercayaan. “Integritas, adalah moral dan kejujuran, manusia itu ada soul. Yang menjadi dasar segalanya, karena itu dari Tuhan yang diharapkan jangan buat kesalahan. Kalau moral, integritas, kejujuran terganggu atau negatif maka sukar sekali diperbaiki. Itu merupakan branding kita yang tidak ada kompromi.” Ucap Pak Ciputra.

Dengan kata lain, dalam bisnis kejujuran merupakan salah satu hal yang harus anda tanamkan dalam bisnis. Bukan sekedar bisnis, dalam kehidupan pun anda harus menanamkan sikap ini. Dengan integritas yang tinggi, dimanapun dan kapanpun serta apapun bisnis yang anda lakukan akan dipermudah karna memiliki “branding” diri yang membuat relasi menjadi nyaman.

 

Profesionalisme

 

 

Profesionalisme yang dimaksudkan adalah memiliki keahlian dalam bidang khusus yang anda geluti secara professional. Misalnya, anda memiliki keahlian teknologi, maka anda bisa lakukan bisnis di bidang teknologi. Hal ini dikarenakan ketika anda menguasai sesuatu anda akan dengan mudah menjalankannya dengan baik karena menguasi bisnis yang anda jalankan. Ibarat kata, anda buka usaha teknologi, tapi keahlian anda di usaha makanan maka usaha anda akan berjalan cukup tersendat.

 

Entrepreneur

 

 

Menurut Pak Ciputra, berwirausaha merupakan hal yang sangat penting dalam menggerakkan ekonomi di suatu Negara. Hanya dengan menjadi wirausahawanlah yang mampu mengubah sampah jadi emas. Seperti yang beliau katakana “Entrepreneur yang mampu mengubah sampah menjadi emas, potensi menjadi profit.” Oleh karena itu, kewirausahaan (entrepreneurship) merupakan bagian paling penting untuk memangkas kesenjangan antara kata dan miskin. Jadi, berbisnislah sedari dini untuk menjadi sukses di kemudian hari.

Keahlian entrepreneurship sangat dibutuhkan dalam usaha agar berkembang pesat di msayarakat. Apabila perusahaan tidak memiliki pemimpin yang memiliki keahlian entreprenurship maka perusahaan itu tidak akan bertahan lama karena mudah goyah di pasar. Maka dari itu, bagi anda seorang pemimpin di perusahaan harus memiliki sikap entrepreneurship ini agar bisnis anda semakin maju ke depan.

 

Nah, itulah 3 kunci sukses ala Pak Ciputra yang bisa anda jadikan panutan demi kesuksesan usaha anda di masa depan. Kiat sukses dari Pak Ciputra bisa mendorong anda dan memotivasi diri untuk bisa sesukses beliau. Dengan usia yang sudah senja, pemikiran berkembang dan maju beliau tidak surut dan berhenti hingga di akhir hayatnya. Nama beliau akan selalu dikenang dengan kesuksesan dan tips-tipsnya akan selalu di kenang dalam jiwa.

Bagi anda yang ingin membuka bisnis dari kecil sampai besar, bisa menghubungi deprintz sebagai salah satu tempat untuk membantu anda memulai sebuah usaha. Anda bisa berkonsultasi masalah bisnis secara gratis dan praktis. Karena bersama Deprintz, Buat Usaha Jadi Mudah!

Share

Related Post