Sablon! Teknik menempel pada bidang yang ingin dibuat. Hasil yang diciptakan memiliki penggemar yang tidak menentu, namun para penggiat start up menjadi pasar yang tak lekang masa. Sablon biasanya diaplikasikan pada baju, mug, payung, topi dan segala macam bahan lainnya. Sablonpun ada versi manual dan ada juga yang digital. Dengan semakin berkembangnya zaman, sablon digital menjadi pilihan karena dinilai lebih cepat dan praktis. Ada tiga mesin yang biasa digunakan untuk menyablon, diantaranya adalah sebagai berikut.

 

Mesin cutting sticker

Mesin cutting sticker umumnya digunakan untuk memotong material. Mesin cutting sticker pun memiliki banyak jenis sesuai dengan klasifikasi masing-masing. Perbedaan yang ditemukan biasanya pada ukuran area kerja pemotongannya.

Untuk proses sablonnya sendiri, mesin cutting ini memiliki peran sebagai media untuk menciptakan desain yang memiliki pola potongan unik. Setelah terpotong, maka proses selanjutnya akan memerlukan bantuan mesin heat press yang bertugas untuk menempelkan desain dari mesin cutting pada material yang telah disiapkan. Maka, kita akan memerlukan mesin tambahan yaitu mesin heat press untuk proses nya.

Mesin cutting sticker sendiri memiliki banya tipe seperti jinka pro, ada silhouette, ada pula grapthec, inograph serta Mimaki. Biasanya untuk anda yang memiliki ukuran desain kecil bisa menggunakan mesin cutting sticker silhouette, dimana ada mesin cameo, curio dan portrait yang digunakan untuk memotong bahan-bahan yang berukuran kecil. Sedangkan untuk ukuran yang lebih besar, akan lebih baik jinka pro atau inograph dan jika ukuran desain anda akan lebih besar lagi, gunakan mesin grapthec atau mimaki. Tentu semakin besar suatu ukuran area kerja, semakin mahal harganya.

(Baca : Macam-macam mesin cutting sticker)

 

Mesin printer sublime

Mesin printer sublime umumnya digunakan pada media kain seperti baju, sprei, selendang, hijab, topi, tas, sepatu dan lain halnya. Mesin ini mencetak gambarnya pada media transfer paper atau sublime paper. Gambar yang sudah dicetak akan dipindah ke dalam material menggunakan bantuan mesin heat press atau hot press untuk ditempel.

Mesin printer sublime pun beragam, disesuaikan dengan merk, harga, ukuran dan kualitas yang berbeda pula. Mesin yang sering digunakan adalah mesin sublime Epson, infinity, Mutoh, Mimaki dan Innovatec. Dari berbagai mesin ini pun memiliki media cetak ukuran besar dan kecil. Mesin-mesin printer sublime ini memiliki kapasitas lebih besar untuk menyablon dengan ukuran yang lebih luas dibandingkan dengan mesin cutting sticker. Dari kelebihan tersebut, tentu mesin ini dibanderol dengan harga yang cukup tinggi dibandingkan dengan mesin sablon sebelumnya.

(Baca : Macam-macam Mesin Printer Sublime)

 

Mesin DTG

Mesin DTG. Singkatan dari Direct to Garment yang artinya mesin ini memiliki kemampuan untuk mencetak gambar langsung pada material kain atau textile. Biasanya, mesin DTG digunakan untuk usaha percetakan kaos distro, karena produksinya yang lebih cepat tanpa membutuhkan bantuan mesin lain seperti mesin heat press atau hot press.

Mesin DTG yang biasa digunakan oleh para pebisnis sablon adalah mesin DTG Innovatec dan Epson. Dari kedua merk mesin ini tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Bagi mereka yang baru memulai bisnis dengan skala micro, bisa menggunakan mesin DTG Innovatec karena harganya lebih terjangkau. Ungkapan ada harga ada kualitas pun berlaku pada mesin ini. Mesin Epson, walau terlihat lebih mahal namun memang kualitas dihasilkan terlihat lebih tajam, waktu produksipun lebih cepat, dan hasil sablon yang kuat.

Mesin DTG Epson sangat baik digunakan untuk anda yang sudah memiliki usaha dalam jumlah yang besar. Sehingga dengan harga yang cukup tinggi, jika dibandingkan dengan hasilnya maka anda tidak akan kecewa.

(Baca : Macam-macam Mesin DTG)

 

Nah, itulah beberapa mesin Sablon yang bisa anda pilih dan sesuaikan dengan kebutuhan ya Sahabat. Semuanya bagus, hanya saja anda pasti ingin memilih mesin yang sesuai dengan yang anda inginkan. Jadi, mau pilih yang mana untuk usaha sablon anda sahabat?

Share

Related Post