Dalam membangun startup, ada 9 tahap yang harus anda jalani agar hasilnya berkembang pesat. Nah, salah satu tahapnya adalah pembagian tim di dalamnya yang harus sesuai. Dalam sebuah startup tim merupakan peranan sangat penting, namun seringkali para pembangun startup melupakan pembagian yang pas dan proporsional sesuai dengan posisinya masing-masing.

Nah, untuk itu kita akan membahas mengenai apa saja sih 3 peran penting dalam tim yang harus digarisbawahi. Ketiga karakter inti yang biasa disebut sebagai The Startup Triangle Team ini memang dibutuhkan untuk menjadi pondasi dalam membangun startup. Nah, 3 tim penting itu adalah sebagai berikut!

 

Hustler (Marketing & Business)

 

 

Seorang hustler merupakan orang yang memiliki kreatifitas sangat tinggi. Setiap tim membutuhkan visioner dalam satu hal yakni jualan. Dalam posisi ini, biasanya seringkali disebut sebagai hustler. Seorang hustler harus mampu menjual ide kepada investor, melakukan pitching produk ke konsumen, membentuk networking sampai fokus ke masalah manajemen perusahaan. Alasan inilah yang membuat hustler biasanya menjadi seorang CEO dalam perusahaan karena merupakan peranan sangat penting untuk keberhasilan dalam sebuah perusahaan.

 

Hipster (Design & User Experience)

 

 

Dalam dunia teknologi, saat ini yang menjadi pembeda adalah desain. Semakin menarik sebuah desain maka semakin menarik banyak investor atau konsumen datang. Tak heran jika sebuah startup membutuhkan orang yang kreatif dalam bidang desain. Nah, orang-orang yang memiliki passion ini seringkali disebut sebagai Hipster. Seorang Hipster diwajibkan untuk memiliki cita rasa yang baik dan unik untuk menarik seorang investor dan mencitrakan startupnya sebagai brand yang bagus denga mengemas tampilan website ataupun apikasi brand yang lebih user friendly. Jadi, yang menempati posisi ini harus sebaik mungkin mendesain brand yang ingin ditonjolkan sekecil apapun.

 

Hacker (Engineer & Developer)

 

 

Yang terakhir adalah seorang hacker. Hacker merupakan seseorang yang paham akan teknologi dan bertanggung jawab prihal dunia teknologi. Seorang hacker wajib memahami mengenai keterampilan programming atau coding. Hacker ini merupakan salah satu tim yang sangat penting karena yang akan mengembangkan teknologi dalam sebuah start up dengan membuat sebuah platform yang diinginkan olehg konsumen atau masyarakat tentang bisnis yang anda bangun atau kembangkan.

 

Sebenarnya, ada beberapa perusahaan yang melaksanakan atau mengandalkan solo founder. Tetapi, tidak semua orang memiliki ketiga fungsi dari 3 bagian di atas. Oleh karena itu, peran seorang hipster, hacker dan hustler sangat penting ketika anda ingin mengembangkan sebuah star up.

Nah, dari ketiga kategori tim di atas bagian manakah yang belum ada di perusahaan anda? Jika belum, segera cari yang sesuai dengan kriteria ya. atau bagi anda yang memiliki kriteria di atas, segera gabung di start up yang anda ingini ya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda!

 

Share Artikel Ini