Bagi para pecinta korea, tentunya banyak yang tidak asing lagi dengan dramanya. Drama korea terkenal dengan adegan romantic dan alur cerita yang kadang bikin penonton menjadi geregetan. Seperti drama korea yang saat ini lagi hits di kalangan para pebisnis dan pecinta korea, Start Up menjadi trending topic untuk diperbincangkan.

Dalam drama Start Up, banyak sekali hal yang bisa diambil hikmahnya. Mulai dari segi percintaan, bangun tim dan juga bisnis. Dalam bisnis, drama korea ini mengajarkan beberapa hal yang harus anda jadikan hikmah dan pelajaran. Mulai dari mencari modal, menjalankan sebuah perusahaan sampai dengan bersaing dengan competitor.

3 hal yang bisa anda ambil hikmahnya dari drama Start up dalam sebuah bisnis adalah sebagai berikut!

 

Tim yang Kuat membangun bisnis yang hebat

 

 

Dalam sebuah bisnis, akan sulit jika anda bekerja seorang diri. Oleh karena itu, anda membutuhkan tim yang bisa menunjang usaha and amenjadi lebih berkembang. Nah, dalam membangun tim pun tidak segampang yang dibayangkan, namun dari drama start up kita belajar bagaimana mengelola tim agar menjadi solid dan kompak.

Dalam sebuah tim, pertikaian atau perpecahan karena berbeda pendapat adalah hal yang akan selalu terjadi. Karena kita berkumpul dalam sebuah kelompok dimana memiliki sifat dan karakter yang berbeda-beda. Namun, tim inilah yang akan mewujudka sebuah perusahaan yang sukses dan besar. Jika tim dalam perusahaan itu kuat, tentu bisnis yang akan anda jalani pun akan menjadi besar dan hebat.

Sebagai pemimpin di suatu perusahaan, sudah tugas anda membangun tim yang baik, kompak dan solid. Jadi pemimpin tidak harus otoriter atau menunjukkan kekuasaan, melainkan menunjukkan sikap yang merangkul namun tetap harus tegas dalam pengambilan keputusan. Seperti dalmi yang tetap merangkul namun tegas saat mengambil sebuah keputusan.

 

Jika tidak ada modal, bisa cari investor

 

 

Nah, dalam sebuah bisnis tentu modal menjadi salah satu hal penting yang harus anda miliki. Namun, dalam drama korea Start Up anda akan dibukakan mata perihal cara mencari modal yakni lewat investor. Di drama ini kita diajarkan prihal bagaimana mencari dan menarik investor agar bisnis yang anda jalankan itu dilirik. Jadi, tidak ada masalah yang tak dapat diselesaikan, terutama soal modal. Meskipun ide usaha anda memanglah epic, namun jika tidak dikemas dengan semenarik dan seberapa menguntungkan bisnis anda, maka investor tidak akan tertairk sedikitpun. Jadi, perlunya anda meringkas bisnis anda untuk terlihat lebih menguntungkan dan menghasilkan uang ke depan.

 

Harus mencintai dan percaya tentang bisnis yang dijalani

 

 

Jika anda sudah memulai suatu bisnis, anda harus yakin bahwa bisnis yang anda jalani adalah bisnis yang baik. Jika diambil dari drama Start Up, kita bisa lihat dari berbagai peran mulai dari Dosan sebagai IT yang sangat mencintai keahliannya, seorang ahli investasi Han Jipyeong yang sangat disukai menjadikan dia sosok yang sukses dan besar. Seperti Dalmi yang mencintai dan percaya diri akan kemampuannya menjadi seorang CEO, meskipun hanya lulusan SMA namun bisa menyamai bahkan melebihi mereka yang lulusan Universitas.

Seperti kalimat yang sering kita dengar, “cintailah pekerjaanmu, maka pekerjaanmu akan berbalik mencintaimu!”. Sehingga, dengan raa cinta itu akan membuat anda menjadi lebih bersemnagat dalam menjalaninya. Ketika anda bersemangat dan nyaman akan pekerjaan yang anda lakukan, maka akan semakin mudah dalam anda untuk menjalankan. Betapa pentingnya mencintai apa yang kita miliki dan kita kerjakan, karena itu akan menentukan proses kerja yang kita jalani itu lebih terasa ringan.

 

Bagaimana nih, sudahkah anda menonton drama korea Start Up ini? Jika dilihat dari hikmahnya tentu drama korea ini bukan drama korea biasa melainkan mengajarkan kita banyak hal. Drama korea ini banyak mengajarkan tentang bisnis dan cara membangun sebuah tim yang baik dan benar. Oleh sebab itu, anda bisa menjadikan referensi drama korea ini untuk ditonton, bukan hanya mengisi waktu luang saja namun bisa memberikan inovasi dan ide yang menarik untuk membangun sebuah tim dan bisnis. Jadi gimana, sudah siap bangun bisnis belum?

Share Artikel Ini