Salah satu hal yang penting untuk diperhatikan saat memulai bisnis sablon kaos adalah kualitas kaos yang digunakan.  Untuk pengguna, mengetahui kualitas kaos tentu adalah hal wajib, karena dengan mengetahui kualitas kaos anda tidak akan tertipu dengan harga yang mahal namun kualitasnya mengecewakan.

Kaos memiliki kualitas yang berbeda-beda setiap jenisnya. Mulai dari teknik jahitan, bahan kaosnya bahkan desain yang digunakan. Tidak mudah untuk menilai kualitas kaos, maka dari itu artikel kali ini akan menjelasakan 4 aspek penilaian kualitas kaos untuk menentukan bagus atau tidaknya. Adapun 4 aspek tersebut adalah sebagai berikut!

 

  1. Aspek bahan

 

Sumber : lazada.co.id

 

Bahan dasar kaos merupakan bahan dasar yang seringkali dilihat pertama kali oleh pembeli saat membeli kaos. Biasanya, yang dilihat dari bahan dasar adalah kualitas tekstur yang lembut atau kasar, adem atau panas, mudah kusut atau tidak bahkan sampai kelunturan warnanya pun menjadi pilihan yang penting. Bagi anda yang ingin memilih bahan dasar kaos yag bagus bisa memilih jenis bahan cotton combed. Bahan cotton combed memiliki permukaan yang halus dan sangat cocok dipakai di cuaca panas ataupun dingin. Biasanya, untuk kualitas rendah adalah kaos dari bahan dasar hyget yang teksturnya tipis dan murah.

( Baca juga : Jenis Bahan Kaos Terbaik  )

 

  1. Aspek Jenis Desain Kaos

 

Sumber : studiorocketart.com

 

Setiap orang memiliki kriteria desain yang diinginkan. Namun, desain yang anda tampilkan haruslah sesuai dengan target pembeli dengan rancangan dan perencanaan yang khusus. Desain yang bagus salah satunya adalah memiliki unsur estetika yang baik, mulai dari perpaduan warna sampai dengan karakter desain yang berbeda dari yang lain. Jika hal ini bisa anda lakukan, kaos anda sudah masuk ke dalam kategori kualitas kaos yang bagus. Namun, jika desain yag anda tampilkan biasa saja dan hasilnya tidak baik, tentu ini akan menjadi penilaian customer dalam memilih kaos yang anda jual.

 

  1. Aspek Jenis Sablon yang digunakan

 

Sumber : jasadesignkaosplastisolmurah.wordpress.com

 

Jenis sablon beragam jenisnya, mulai dari sablon manual sampai digital. Anda tinggal memilih sesuai dengan pasarnya masing-masing. Namun, biasanya banyak yang berkata bahwa sablon yang menggunakan tinta plastisol merupakan sablon kualitas terbaik. Sablon plastisol merupakan jenis sablon terbaik karena memiliki tinta yang sangat kuat dan tidak mudah kering, sehingga hasilnya yang jelek bisa diganti dengan yang bagus saat proses pembuatan.

Sablon dengan tinta plastisol juga sangat cocok untuk desain kaos yang rapat dan kecil-kecil. Adapun kualitas sablon yang jelek adalah sablon dengan hasil yang kurang rapi sehingga desain sablonnya berantakan, mulai dari warna yang luntur dan cepat terkelupas.

( Baca Juga : Kelebihan dan Kekurangan Sablon Plastisol )

 

  1. Aspek Teknik Jahitan Kaosnya

 

Sumber : kaospolosjaya.com

 

Aspek yang terakhir yang harus anda tahu adalah teknik jahitan kaosnya. Biasanya, teknik jahit yang memiliki kualitas baik adalah dilihat dari kerapiannya dan memiliki pola rantai. Biasanya, untuk menemukan pola rantai dan jahitan yang bagus seringkali ditemukan di kaos distro. Jika kaos yang lain biasanya ada jahitan yang kurang rapi dan teknik jahitannya tidak beraturan.

 

Demikian penjelasan mengenai 4 aspek penilaian penting dalam memilih kaos yang berkualitas baik untuk penjual dan pembeli. Bagi penjual, mengetahui kualitas sablon yang baik akan memuaskan customer, jika customer puas maka penjualan pun akan meningkat. Untuk pembeli, mengetahui kualitas kaos akan mempermudah dalam prihal pemilihan kaos yang ingin dibeli.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk sahabat, karena bersama Deprintz, Buat Usaha Jadi Mudah!

Share

Related Post