Hijab merupakan produk yang banyak digemari di Indonesia terutama wanita karena mayoritas masyarakat Indonesia adalah seorang muslim. Digital printing merupakan salah satu inovasi terbaik para pelaku industri tekstil untuk membuat motif yang beragam sesuai dengan kebutuhan. Dahulu, membuat motif pada kain dilakukan secara manual, saat ini anda bisa membuat beragam motif hanya dengan sekali sentuhan, ya dengan menggunakan mesin digital.

Mesin digital menggunakan komputer sebagai media perantara untuk mengoperasikannya. Dengan komputer, anda dapat membuat desain dengan motif apapun sesuai yang diinginkan. Selain lebih efisien dan mudah, hal ini dapat mempersingkat waktu anda memproduksi hijab dengan berbagai desain apapun secara beragam. Namun, tidak semua jenis bahan yang bisa dimotif menggunakan mesin cetaknya. Oleh karena itu, artikel ini akan membahas jenis bahan hijab printing yang paling sering digunakan oleh kebanyakan orang diantaranya adalah sebagai berikut!

 

 

Satin

Bahan yang pertama adalah satin yang merupakan bahan yang ringan, dengan tekstur mengkilap dan sejuk saat digunakan membuat bahan ini sangat laku di pasaran. Kesan dari bahan ini sangat mewah dan galamour karena teksturnya yang berbeda dari bahan lainnya. Di dunia printing, satin seringkali digunakan untuk hijab dan scarf. Kain ini memiliki kerapatan yang sangat baik sehingga tinta print tidak akan tembus pada kain satinnya. Dengan begitu, hal inilah yang membuat satin menjadi pilihan terbaik untuk digunakan sebagai media printing menggunakan teknik sublimasi.

 

Voal

Bahan ini merupakan bahan yang paling banyak digunakan oleh kebanyakan selebgram dan pengusaha printing tekstil. Kain ini menjadi populer karena kainnya yang lembut dan halus. Selain itu, kain ini memiliki kerapatan yang bagus namun tetap memiliki sirkulasi udara yang baik sehingga membuat bahan ini menjadi tetap nyaman ketika digunakan. Jadi, kain ini juga cocok digunakan pada daerah tropis karena tidak menyerap panas dan memberikan kulit tetap bernafas lega.

Tidak sekedar itu, kain ini juga tidak mudah menyusut. Tingkat penyusutannya setelah dicuci hanya 5% sampi 10 % saja. dengan hal ini, maka motif pada kain tidak mudah pudar meskipun sudah dicuci berkali-kali. Kain ini memiliki beberapa variasi diantaranya sebagai berikut!

 

  • Voal Katun

Bahan dasar kain ini merupakan katun atau kapas. Karena ada campuran bahan katun, kain ini sangat mudah diatur dibandingkan kain voal biasa. Serat pada kain voal katun ini sangat cantik, sehingga tanpa menggunakan motif pun akan tetap terlihat berkarakter saat digunakan.

 

  • Voal Sutra

Bahan ini merupakan perpaduan antara benang sutra dan voal. Kain ini memiliki karakteristik kain yang glowing dan mewah sehingga kain ini sangat populer digunakan oleh beberapa selebgram berhijab.

 

  • Voal Linen

Kain ini merupakan dasar kain yang berasal dari serat tumbuhan rami. Kain ini memiliki karakteristik yang tipis, ringan, dan mudah dibentuk. Meskipun ringan, kain ini tidak transparan sehingga cocok digunakan sebagai bahan hijab.  Selain bisa untuk membuat hijab, kain ini juga biasa digunakan untuk membuat baju atau telapak meja.

 

  • Voal Poliester

Kain ini merupakan kain yang tampak mewah meskipun karakteristik kainnya tipis dan jatuh. Kain ini cocok digunakan untuk membuat hijab yang biasa dipakai untuk pesta-pesta.

 

 

Katun

Katun merupakan kain yang terbuat dari serat alami tumbuhan dan hewan. Katun juga salah satu bahan terbaik untuk cetak kain. tekstur kain katun sangat sejuk, mudah ketika disetrika serta tidak mudah luntur sehingga membuat kain ini sangat digemari semua orang. dalam dunia printing, katun adalah bahan kain yang mudah untuk digunakan karena saat diaplikasikan ke dalam kain maka tinta print akan mudah meresap dan menempel sehingga motif yang didesain tergambar dengan sempurna. Biasanya, katun yang suka dipakai dalam dunia printing adalah katun Jepang atau Osaka.

 

Organza

Organza merupakan salah satu bahan yang mengkilap dan menggunakan serat sutradan memiliki kemampuan memantulkan cahaya. Sehingga, kain ini memiliki karakteristik hijab yang sangat mewah dan cocok digunakan di acara yang resmi seperti pesat atau kondangan, dan lain-lain.

 

Nah, itulah 4 bahan hijab yang biasa digunakan dalam hijab printing populer yang bayak sekali digemari oleh banyak hijabers. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda dan menambah wawasan untuk membuka peluang usaha hijab printing di masa depan. Bersama Deprintz, Buat Usaha Jadi Mudah!

Share

Related Post