Dalam dunia bisnis, tentu ada kendala yang akan menghampiri. Setiap pebisnis harus bisa memilah mana yang baik untuk bisnisnya dan mana yang buruk. Dalam dunia bisnis, tentu anda sudah memikirkan resiko yang akan terjadi kedepan, namun alangkah baiknya untuk meminimalisir resiko tersebut.

Ada 4 faktor yang melatarbelakangi sebuah kegagalan dalam berbisnis yakni sebagai berikut :

 

  1. Produk yang dijual tidak dibutuhkan pasar

Ketika anda memulai bisnis, tentu bisnis yang anda jalani memiliki pasar yang jelas untuk dituju. Misal, anda ingin menjual produk otomotif, tentu anda harus memiliki data apakah bisnis tersebut merupakan bisnis yang dibutuhkan dikalangan masyarakat anda. Jika tidak, maka anda akan membuat bisnis itu menjadi sia-sia. Seperti contoh diatas, ketika di kalangan anda tidak membutuhkan produk otomotif, lebih memilih untuk berjalan kaki atau sepeda sebagai sarana transportasi yang menyehatkan dan ekonomis. Tentu bisnis yang anda jalankan tidak akan dilirik oleh masyarakat bukan?

42 % bisnis kecil gagal karena tidak ada kebutuhan pasar terhadap produk / jasa yang ditawarkan, sehingga membuat bisnisnya bangkrut dan tidak menghasilkan apa-apa. Faktor ini merupakan faktor terbesar yang sering terjadi dikalangan para pebisnis pemula karena tidak melakukan riset pasar terlebih dahulu. Oleh karena itu, pentingnya melakukan riset pasar terlebih dahulu untuk mendapatkan produk yang memang dibutuhkan oleh masyarakat luas.

 

  1. Pemasaran yang buruk

Ketika anda berbisnis, anda memerlukan ilmu dan trik untuk mengiklankan atau memasarkan produk yang anda jual. Hal yang perlu anda perhatikan ketika mulai membuka usaha adalah mempelajari cara-cara menjual yang disukai dan sesuai dengan target pasar. Salah satunya yang harus anda pelajari adalah bahasa, anda harus menggunakan bahasa yang sesuai dengan target market yang anda tuju. Seperti contoh poin nomor satu, anda menjual produk otomotif, tentunya anda harus menggunakan bahasa yang sesuai dengan orang yang menyukai otomotif. Bahasa yang digunakan harus lebih formal tapi gampang diterima karena biasanya yang menyukai otomotif adalah pria berusia 20 tahun keatas.

Dari data yang didapat, 14 % pebisnis gagal karena cara pemasaran yang buruk. Pemasaran yang buruk menyebabkan kualitas jualan anda menjadi tidak baik, sehingga banyak orang yang perlahan tidak merespon  jualan anda dan perlahan bisnis anda pun menjadi sepi tak ada pembeli. Jadi, sebaiknya anda memerhatikan cara penjualan anda, apakah sudah sesuai dengan target pasar atau belum. Jika belum, lakukan seminar untuk menambah wawasan anda dalam berbisnis dengan cara yang lebih optimal.

 

  1. Harga dan biaya

Bukan sesuatu yang mengherankan lagi jika persaingan harga dapat membuat bisnis anda berkembang atau gagal. Ketika anda sudah memasuki dunia bisnis, persaingan harga akan menjadi penentu apakah bisnis anda tetap layak didirikan atau malah lebih baik digulingkan. Sebagai contoh kecil, ketika anda menjual sesuatu produk yang sama dengan kompetitor, dengan kualitas yang sama namun harga yang berbeda dan Anda menjual dengan harga yang lebih tinggi, kira-kira mana produk yang akan dipilih oleh customer? Tentu yang harga competitor yang lebih murah dengan kualitas yang sama. Berbeda jika harga anda lebih tinggi namun kualitas dan pelayanan yang anda berikan lebih bagus dibandingkan dengan kompetitor.

Sebanyak 18 % pebisnis gagal karna harga dan biaya. Artinya, pebisnis tidak berkaca atau membandingkan dengan kompetitor apakah harga yang dipatok sudah sesuai dengan permintaan pasar atau belum. Jadi, anda tidak boleh asal dalam menentukan harga. Anda harus paham betul dengen permintaan pasar yang semakin ketat persaingannya.

 

  1. Mengabaikan pelanggan

Pelayanan anda akan menjadi salah satu nilai yang dapat membuat penjualan anda mengalami closing. Walaupun harga yang ditawarkan cukup murah, namun jika pelayanan yang anda berikan kurang, akan membuat para customer kabur. Sebaliknya, walaupun harga yang anda tawarkan cukup tinggi, jika pelayanan yang anda berikan baik maka customer tidak akan sayang untuk melakukan transaksi pembelian.

14 % pebisnis gagal karena pelayanan yang kurang responsive, hingga pelanggan merasa diabaikan dan memilih pergi. Nah, disinilah letak pelayanan anda diuji. Ketika ada salah atau customer melakukan transaksi pembelian di bisnis anda, jika anda tidak cepat tanggap dalam menjawab pertanyaan dari customer maka siap-siap saja anda kehilangan customer. Disinilah letak pentingnya sebuah follow up terhadap customer untuk mengetahui pelayanan dan produk yang sudah anda berikan. Jika belum sesua, anda harus mulai melakukan evaluasi untuk meningkatkan kinerja anda terhadap pelayanan yang dirasa kurang itu.

 

Begitulah penjelasan mengenai faktor yang menjadi penyebab pebisnis gagal dalam bisnisnya. Hal yang paling penting untuk anda perhatikan adalah soal pangsa pasar anda sudah tepat atau belum. Bisnis bukan mainan, tentu anda harus memikirkan bisnis apa yang cocok bukan sekedar ingin bisnis tanpa ada perencanaan yang matang. Jadi, sebelum bisnis perhatikan 4 faktor diatas ya sahabat, semoga penjelasan ini bermanfaat!

Source : www.cbinsight.com

Share

Related Post

Segera Dapatkan Info Terbaru dari Kami

Gak Pake Lama, Input Email Anda Disini!

You have Successfully Subscribed!