Bagi seorang muslim, selepas sholat shubuh menjadi waktu yang menggoda untuk tidur kembali. Apalagi di waktu bulan puasa seperti saat ini, sama halnya pada saat selepas sholat ashar. Tapi, tahukah anda bahwa tidur selepas sholat shubuh memberikan efek yang negatif?

Mulai dari kesehatan dan juga produktivitas waktu, adapun beberapa manfaat untuk tidak tidur selepas sholat shubuh, yakni sebagai berikut!

 

  1. Mendapatkan rezeki dan berkah dari Allah

Bagi yang beragama islam, pada saat pagi hari terutama saat matahari terbit merupakan waktu dimana Allah mengutus malaikat untuk menyebarkan rezeki kepada umat manusia di dunia. Jadi, untuk anda yang lebih memilih tidur dibandingkan melakukan sesuatu yang bermanfaat, maka kesempatan untuk mendapatkan rezeki dan berkah Allah akan sirna.

 

  1. Badan terasa lebih segar

Pagi hari memiliki daya magis yang mana dapat menyimpan energi positif yang baik untuk kesehatan dan juga kesegaran tubuh. Karena, saat waktu pagi hari udara yang tersebar masih terasa sejuk dan bersih, jadi udara yang dihirup pun bagus untuk paru-paru. Selain udara yang sejuk, suasana saat pagi hari masih nyaman dan tenang sehingga anda lebih santai untuk mempersiapkan diri dalam menjalani aktivitas selanjutnya.

Dokter dari Universitas Kairo Mesir, yakni Dr. Abdul Hamid Dayyat menjelaskan manfaat kesehatan yang diperoleh ketika seseorang baru bangun dan tetap terjaga untuk tidak tidur selepas waktu shubuh dan mandi saat waktu fajar akan memperoleh gas O3. Pada waktu fajar, kandungan gas O3 sangat melimpah dan berkurang sedikit demi sedikit hingga matahri terbenam pada sore hari. Manfaat gas O3 memberi pengaruh positif pada urat syaraf yakni mengaktifkan kerja otak dan tulang.

 

  1. Menghindari efek negatif begadang

Apabila anda ingin mendapatkan manfaat tetap terjaga selepas waktu shubuh, maka anda akan mengurangi waktu begadang di malam hari. Karena, ketika malam sebelumnya anda begadang, hal tersebut akan memicu rasa kantuk pagi hari. Begadang pun memiliki efek negatif untuk tubuh, yakni untuk kesehatan yang menurun yaitu membuat kerja organ-organ dalam tubuh tidak berjalan dengan optimal.

Efek mudah mengantuk tersebut dapat mengganggu aktivitas anda di siang hari. Seperti mudah terganggu, mudah tersulut emosi, marah, bahkan stress. Maka, ketika anda mampu mengurangi waktu begadang di malam hari, anda akan terhindar dari dampak yang ditimbulkan.

 

  1. Menjadi lebih produktif

Dengan rutin melakukan aktivitas tidak tidur selepas sholat shubuh, akan membuat anda meningkatkan semangat serta kesehatan tubuh. Keadaan ini akan membawa anda menjadi pribadi yang produktif. Artinya, anda akan tetap semangat dalam melakukan pekerjaan.

 

Begitulah, 4 manfaat untuk mengindari tidur selepas waktu shubuh. Oleh karena itu, biasakan diri untuk tidak tidur lagi agar kesehatan tetap terjaga dan produktivitas tetap berjalan dengan semaksimal mungkin.

Share

Related Post

Segera Dapatkan Info Terbaru dari Kami

Gak Pake Lama, Input Email Anda Disini!

You have Successfully Subscribed!