Promosi bisnis merupakan hal yang sangat wajib dilakukan oleh kalangan pembisnis. Baik bisnis skala kecil maupun besar sangat membutuhkan promosi untuk menunjang aktivitas bisnisnya. Dengan berkembangnya suatu zaman, saat ini sudah banyak sekali media promosi yang dapat digunakan dimanapun dan kapanpun.

Mempromosikan bisnis bisa dilakukan dengan berbagai cara, baik visual ataupun non visual. Saat ini, kebanyakan media cetak merupakan hal yang sudah sangat klasik dalam promosi, dianggap kurang menarik dan tak seefektif dahulu. Karena saat ini sudah ada yang lebih menarik pilihan pebisnis yakni video.

Menurut Presiden Direktur PT Ambient Digital Indonesia (ADI) yakni Remco Lupker mengatakan bahwa “Sekitar 75 % pemasar yakin bahwa Iklan video online sama baiknya dengan iklan di pertelevisian, bahkan lebih baik”. Hal ini diungkapkan sudah sejak 2015 lalu bahwa prediksi video akan menjadi salah satu media promosi paling diminati bagi kalangan pebisnis.

Namun ternyata, prediksi itu benar adanya. Bahkan sampai saat ini video menjadi salah satu tren mematikan yang sangat menghipnotis masyarakat dalam menyerap sebuah informasi. Seperti riset yang dikeluarkan oleh Tubular Insight yang menyatakan bahwa “Sekitar 64 % orang akan membeli produk setelah menonton ulasan produk melalui video”. Tidak hanya itu, data yang dilansir dari Cisco pun menyebutkan bahwa “Sekitar 82 traffic di internet pada tahun 2021 akan didominasi dengan adanya video”.

Unggulnya video selain untuk memperkenalkan produk, namun juga biaya yang dikeluarkan pun lebih terjangkau. Itulah mengapa para pebisnis banyak yang melakukan promosi melalui video. Alasan lain yang menunjang video menjadi salah satu tren terkini adalah sebagai berikut :

 

  1. Perangkat teknologi yang semakin berkembang

Tidak hanya lewat televisi saja anda bisa melakukan iklan produk anda. namun, dengan semakin berkembangnya perangkat teknologi seperti internet yang saat ini menjadi kebutuhan nomor satu masyarakat. Perkembangan perangkat inilah yang membantu menunjang para pebisnis dalam melakukan kegiatan promosi.

Dengan perangkat teknologi seperti internet yang sudah semakin berkembang inilah yang dapat membantu anda menemukan berbagai informasi mengenai produk ataupun yang anda butuhkan. Apalagi saat ini melihat video dapat anda lihat tidak hanya di televise, namun media yang menyediakan seperti youtube menjadi sarana utama dalam menemukan video-video yang anda butuhkan.

Selain itu, selain youtube pun anda dapat melihat berbagai pemasaran video di kehidupan anda. Baik di jalanan, mall, rumah sakit, area tempat makan sudah bukan hal yang tabu lagi video-video di share melalui alat yang sudah sering muncul yakni videotron. Itulah yang menjadikan alasan mengapa video menjadi tren kekinian yang menjadi sasaran para pebisnis sukses dalam memasarkan produknya.

 

  1. Audiens yang berbeda

Dengan perangkat teknologi yang semakin berkembang, tentu jumlah pengguna pun akan semakin luas. Inilah peluang besar bagi para pebisnis untuk menyebarluaskan videonya secara terbuka. Bisa menyebarkan video tentang story telling, tentang testimoni produk, iklan atau sekedar produk dan layanan yang anda inginkan.

Dengan adanya video, maka harus menuaikan interaksi antara masyarakat dan pebisnis itu sendiri. Interaksi yang terjadi akan dapat diserap dengan mudah bagi yang melihat video itu sendiri, merasa dihargai dan merasa ikut ke dalam alunan video yang ditonjolkan. Dari sinilah video menjadi sarana paling hits ketika ingin berinteraksi secara tidak langsung dengan audiens anda.

 

  1. Media yang semakin berkembang

Hal yang paling mudah para pengguna internet mengetahui informasi terbaru adalah melalui media yang semakin berkembang. Selama ini, masyarakat dapat mengakses informasi melalui media yaitu youtube. Memang benar, youtube memang menjadi sarana informasi video terlengkap bagi para pengguna. Namun, tak hanya itu saja saat ini ada videotron yang dapat anda lihat di jalanan atau diberbagai pusat kota.

Maka dari itu, video dapat dengan mudah diakses banyak masyarakat dengan media yang sudah difasilitasi. Dengan media tersebut, anda bisa gunakan sebagai sarana penyebar video yang ingin anda iklankan atau promosikan.

  1. Kemampuan mengolah data yang semakin baik

Dengan semakin tingginya kemampuan mengolah data yang semain baik, tentu semakin tinggi pula orang yang melihat video anda. Dengan kemampuan ini, anda dapat dengan mudah melihat apakah orang suka dengan video atau informasi yang anda tampilkan untuk diberikan kepada masyarakat luas. Oleh karena itu, mengolah data dengan seringnya meminta pendapat para audiens atau menyebarluaskan ke media-media sosial sangat penting. Dari video yang anda sebar itulah anda akan mendapatkan data tentang minat audiens dalam melihat video anda.

 

  1. Menggapai pasar yang lebih luas

Sudah diketahui bahwa pengunjung situs youtube sudah tak terbendung lagi sebanyak apa. Inilah yang menjadi ladang bagi para pebisnis dalam mempromosikan produknya ke banyak orang. Dengan media yang sudah semakin berkembang, maka melalui video anda akan dengan mudah menyebarluaskan informasi ke banyak pihak.

 

Dengan penjelasan diatas, anda dapat mengerti bahwa video menjadi sarana informasi yang memang banyak peminatnya. Dengan video, anda dapat mempromosikan produk atau usaha anda menjadi lebih menarik dan lebih inisiatif. Tidak hanya youtube, namun banyak hal yang dapat menampilkan video anda tersebar ke berbagai kalangan. Salah satunya videotron!

Walaupun videotron terbilang cukup mahal, namun sesuai dengan kebermanfaatannya yakni menyebarluaskan iklan anda menjadi gampang dilihat berbagai kalangan. So, anda dapat menggunakan sarana informasi produk anda dengan cara menyebarluaskan melalui youtube atau videotron. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda yang masih ragu menggunakan video sebagai sesuatu yang dapat anda lakukan ke depan dalam memasarkan produk-produk anda.

Share

Related Post