Digital printing merupakan teknologi yang berkembang semakin pesat selama beberapa dekade. Oleh karena itu, bisnis digital printing menjadi salah satu hal yang sudah berkembang pula di kalangan pengusaha. Usaha yang dapat dilakukan oleh mesin digital printing adalah usaha printing banner, spanduk, brosur, poster dan semacamnya.

Dalam memulai usaha digital printing, banyak sekali hal yang perlu anda persiapkan. Selain mesin, anda membutuhkan bahan dan juga interior lainnya. Namun, tahukah anda bahwa dalam memulai sebuah usaha digital printing ada 5 hal yang sangat penting untuk anda perhatikan dalam menunjang bisnis digital printing. 5 hal itu adalah sebagai Berikut!

 

  1. Ruangan ber-AC

Ketika anda menggunakan mesin digital printing, ruangan ber-AC merupakan salah satu hal yang tidak boleh anda abaikan. Mengapa? Hal ini dikarenakan mesin yang anda gunakan membutuhkan suhu yang cukup dingin dengan ukuran ruangan yang memadai agar dapat melakukan sirkulasi udara dan suhu yang baik. Ruangan ber-AC akan membantu mendinginkan efektifitas mesin digital printing agar tidak cepat panas karena terus-menerus digunakan. Ketika anda memulai usaha, tentu anda tidak akan lepas dari yang namanya waktu produksi.

Apabila anda memaksa untuk tidak meletakkan mesin ke dalam ruangan yang tidak ber-AC dan ruangannya dengan ukuran yang tidak memadai, siap-siap saja anda harus menerima kerusakan yang terjadi pada mesin digital printing. Oleh karena itu, ruangan yang memadai dan tentunya menggunakan AC sangat penting sekali untuk membuat efektifitas mesin dan juga ketahannya lebih baik dan awet.

 

  1. Listrik

Tentu saja listrik merupakan hal yang sangat penting dalam bisnis digital printing. Dalam hal ini, mesin tidak akan beroperasi jika tidak menggunakan listrik sebagai penunjang bisnis digital printing anda. Oleh sebab itu, pastikan listrik yang anda gunakan mencukupi kebutuhan operasional usaha anda, spesifikasinya adalah sebagai berikut :

    • Daya listrik harus memadai, minimal 30 % dari total kebutuhan listrik operasional anda.
    • Grounding listrik yang bagus untuk merawat mesin digital printing anda supaya lebih awet
    • Gunakan stabilizier baik untuk mesin atau komputer anda agar mengatur tegangan listrik menjadi lebih stabil.
    • Gunakan UPS online untuk mesin dan komputer untuk mencegah jika terjadinya gangguan listrik atau pemadaman
    • Atur tata letak stop kontak sebelum menginstalasi mesin digital printing anda.

 

  1. Bahan

Bahan merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam menunjang usaha digital printing. Tanpa bahan, anda tidak akan pernah bisa memulai bisnis printingnya. Bahan merupakan media yang akan anda gunakan sebagai awal dalam melakukan proses cetak. Bahan mesin digital printing pun beragam, sesuai dengan jenis ketebalan dan ukuran. Biasanya, bahan yang digunakan dalam bisnis digital printing antara lain adalah sebagai berikut :

    • Media Wallpaper
    • Flexi (Fontlite & Backlite) – China / Korcin
    • Sticker Ritrama (Putih – Black Out – Glossy – Matt)
    • Sticker Ekonomis
    • Cloth
    • One Way Vision
    • Mika
    • Vinly PU (Untuk di tempel di kaos dapat di cetak) – Flesso

 

  1. Tinta

Tinta pada mesin digital printing merupakan hal penting seperti halnya bahan. Kebutuhan tinta tidak sekedar hanya untuk mencetak di bahan saja, namun tinta sangat erat kaitannya dengan printhead pada mesin digital printing. Printhead sangat sensitif jika anda menggunakan tinta yang tidak sesuai. Oleh karena itu, pentingnya dalam prihal memilih tinta yang digunakan untuk kelangsungan printhead itu sendiri. Tinta yang biasa digunakan untuk mesin digital printing adalah tinta solvent dan eco solvent.

 

  1. Software

Software sangat penting karena berhubungan dengan desain. Desain merupakan gambar yang akan anda cetak ke dalam media. Oleh karena itu, anda membutuhkan software yang sesuai dan memadai untuk membuat desain yang anda inginkan. Adapun software yang bisa anda gunakan adalah Adobe Photoshop, Adobe Indisign, dan juga coreldraw.

 

Itulah 5 penunjang yang anda butuhkan dalam memulai usaha digital printing yang sangat penting. Jadi, jangan sampai 5 hal tersebut anda lewatkan ya sahabat jika nada ingin membuka usaha digital printing. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda!

Share

Related Post