Recruitment artinya mencari kandidat yang cocok untuk masuk dan bergabung dalam suatu perusahaan. Di era ini, masih banyak ditemui perusahaan yang bingung bagaimana cara mencari karyawan yang baik dan tepat, agar mendapatkan yang sesuai harapan. Berikut 5 cara kreatif yang bisa digunakan untuk merekrut karyawan perusahaan anda!

 

  1. Gamification

Cara ini terbilang cukup unik, yakni melakukan sesi recruitment dengan menggunakan game sebagai salah satu medianya. Beberapa perusahaan sudah menggunakan metode ini untuk branding dan proses merekrut karyawan baru. Merekrut karyawan dengan metode yang unik dan kreatif ini bertujuan untuk menumbuhkan minat orang lain untuk bergabung dengan perusahaan anda dan dengan cara ini, mereka akan mengerti lebih jelas mengenai skill dan tugas-tugas apa yang dibutuhkan. Sehingga membuat orang yang mendaftar lebih mengerti  apa yang akan dilakukan ke depan.

 

  1. Media Sosial

Di era digital ini, akan jarang ditemukan orang yang tidak memiliki media sosial. Dengan menggunakan media sosial, informasi apapun akan cepat tersebar dan hal tersebut dapat anda manfaatkan dalam proses merekrut karyawan, karena media sosial merupakan tempat promosi terbaik juga media yang ampuh dalam menemukan talenta karyawan yang diinginkan.

Media sosial seperti LinkedIn dan facebook menjadi salah satu platform yang memiliki fitur untuk melihat profil si pelamar dan dapat berkomunikasi melalui fitur chatnya. Sehingga, cara ini cukup praktis untuk anda yang ingin mencari karyawan.

 

  1. Memanfaatkan Software ATS (Applicant Tracking System)

Aplikasi ini dibuat dengan sistem dimana perusahaan dapat mengontrol seluruh kegiatan rekrutmen secara digital selain media social dan saat ini sudah banyak software ATS yang berbasis cloud, dimana anda dapat mengakses kapan dan dimana saja dengan bantuan koneksi internet. Aplikasi ini dapat anda gunakan untuk mengontrol kegiatan rekrutmen mulai dari tahap seleksi sampai tahap offering. Bahkan, jadwal interview dapat diatur dengan sangat mudah dengan menggunakan software ini.

 

  1. Sistem Referral

Sistem referral berarti sistem dimana anda menarik pengunjung atau orang baru agar datang ke situs tertentu dan anda bisa meminta karyawan lainnya untuk membuka stand atau komunitas lowongan pekerjaan pada situr tersebut. Sistem ini biasa digunakan oleh perusahaan MLM dan sistem ini juga bisa digunakan pada perusahaan anda, karna dengan sistem ini karyawan anda akan dengan mudah mengetahui talenta yang dibutuhkan dan cocok untuk perusahaan.

Anda hanya perlu memberikan insentif kepada karyawan anda yang mengatur jalannya proses, ketika karyawan anda sudah berhasil menemukan talenta baru yang cocok, maka berikan insentif sebagai ucapan terimakasih.

 

  1. Recruitment Goes To

Konsep ini bukan berarti anda harus mendatangi rumah-rumah mereka, tapi ikut serta dalam kegiatan job fair atau pameran yang memiliki pengunjung dengan mindset sedang mencari pekerjaan. Tidak ada salahnya bukan, anda bergabung dalam suatu komunitas untuk menemukan karyawan yang tepat demi kelancaran bisnis anda ke depan.

 

Jadi, dari kelima recruitment diatas, mana yang sesuai dengan perusahaan anda? Dan yang harus tetap diingat adalah recruitment tanpa adanya training juga bukan hal yang benar. Anda harus tetap melakukan proses training setelah tahap recruitment untuk mengembangkan talenta karyawan baru yang telah diterima.

Share

Related Post