Kebanyakan orang bingung bagaimana cara menyablon dengan hasil yang bagus. Namun, terkendala dengan teknik apa yang paling oke untuk menyablon kaos tersebut. Nah, maka dari itu pentingnya anda mengetahui cara menyablon kaos dengan hasil yang bagus adalah dengan menyimak artikel ini sampai habis. Hehe (maksa dikit) 😀

Teknik pada sablon kaos menentukan hasil yang akan anda peroleh, baik dari kualitasnya yang bagus atau tidak. Dengan kualitas yang bagus, maka sablon kaos yang anda hasilkan akan memuaskan. Sablon kaos yang berkualitas memang tidak gampang dibuat, ada teknik-teknik khusus yang haryus anda lalui agar hasil sablon anda menempel erat, tidak mudah terkelupas, dan hasilnya lebih jelas. Maka dari itu, saya akan memberikan 5 cara menyablon kaos dengan hasil yang bagus. Yaitu diantaranya :

 

  1. Cara sablon dengan teknik Direct to Garments (DTG)

Teknik DTG ini merupakan teknik yang sangat mudah digunakan untuk anda gunakan untuk menyablon, karna teknik ini tidak memerlukan kemampuan (skill) khusus. Yang perlu anda lakukan adalah mempersiapkan bahan seperti tinta dan bahan-bahannya.

Hanya dengan mengirim desain ke komputer maka anda dapat langsung memulai menyablon, karena basicnya teknik ini sama seperti printer kertas yakni mencetak kertas dari desain di komputer. Jadi, hasil dari sablon ini tergantung dengan hasil cetak nya, jika hasil cetak nya bagus maka hasilnya pun akan bagus. Namun, kekurangan dari teknik ini adalah sablon akan cepat pudar.

 

  1. Cara sablon dengan teknik Dye Sublimation

Teknik sablon satu ini terkenal cukup mahal harganya karena membutuhkan orang yang professional untuk melakukannya. Teknik sablon ini sangat bagus jika dilakukan pada kaos yang tipis. Sebaiknya, anda gunakan bahan polyester sebagai bahan kaosnya. Jangan menggunakan bahan kaos katun karena hasilnya akan sangat mengecewakan.

 

  1. Cara sablon dengan teknik Heat Press Printing

Teknik ini dapat anda gunakan sebagai cara menyablon dengan desain yang lebih kompleks, maka hasilnya akan lebih bagus. Mengapa lebih bagus? Karena tinta yang cepat meresap dan tahan lama. Namun, teknik ini tidak dapat dibuat dalam produksi dalam jumlah besar karna membutuhkan waktu dan bahan yang banyak.

 

  1. Cara sablon dengan teknik Screen Printing

Teknik yang satu ini adalah teknik yang paling sering digunakan oleh para produsen kaos. Bahan-bahan pada teknik ini beragam, maka dari itu kualitas hasilnya pun sangat bagus. Teknik satu ini pun terkenal dengan sebutan sablon terbaik karena replica sablonnya mendekti kata sempurna. Sehingga, teknik ini sangat cocok untuk anda yang ingin produsen kaos dengan jumlah yang banyak.

 

  1. Cara sablon dengan teknik Vinyl Cutting

Teknik ini juga dikenal sebagai teknik vinyl cutter yakni dapat dibuat pada bahan yang sanagt lembut karena desain sablonnya di tempelkan dengan bantuan tenaga panas ke kaos yang ingin anda sablon. Teknik ini pun cocok untuk anda yang ingin menyablon dalam jumlah yang banyak. Sebagai contoh, teknik ini banyak digunakan dalam pembuatan kaos olahraga karena sudah terbukti hasil dan kualitasnya sangat bagus.

 

Dengan mengetahui teknik diatas, anda akan lebih gampang dalam memilih teknik yang pas untuk anda. Karena dari penjelasannya pun sudah jelas bahwa setiap masing-masing teknik memiliki kemampuan dan keunggulan masing-masing, tinggal menyesuaikan dengan kebutuhan anda. Maka dari itu, pilihlah teknik yang bagi anda mudah dan sesuai untuk anda pilih. Semoga artikel ini dapat membantu anda dalam memilih teknik terbaik yang anda inginkan.

Share

Related Post