Genset memang merupakan alat yang biasa digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Namun, tahukah anda bahwa genset pun dapat membunuh? Hah, seriusan nih? Yaa… genset merupakan alat yang memang sudah biasa digunakan bahkan disetiap kebutuhan rumah tangga. Tapi, jika dipakai secara tidak hati-hati maka genset ini akan membunuh diri anda sendiri atau orang-orang yang anda cintai.

Sudah seringkali terjadi peristiwa genset yang menyebabkan kematian dikarenakan keracunan dari gas yang dikeluarkan oleh genset. Oleh karena itu, penting kiranya anda berhati-hati untuk keselataman. sebab ada beberapa perhatian yang harus anda lakukan sebelum menggunakan genset. Jangan asal dan asal saja.

Kebanyakan pengguna genset tidak memperhatikan hal-hal yang itu sebenarnya sepele namun memberikan dampak yang besar terhadap aktifitas genset tersebut. Banyak yang menghidupkan genset dalam keadaan tanpa adanya udara. Padahal, genset sangat berbahaya jika digunakan diarea yang tertutup tanpa adanya ventilasi udara. Itulah pentingnya menghidupkan genset dalam keadaan pintu dan jendela terbuka.

Bukan hanya sekedar gas beracun, namun kebakaran pun bisa disebabkan oleh adanya genset. Untuk membantu anda dalam perlindungan diri, maka kali ini saya akan menjelaskan tentang apa saja yang perlu anda perhatikan dalam penggunakan listrik dari berbagai dampak yang berbahaya untuk kehidupan anda.

 

Keselamatan genset dapat dilihat dari empat hal ini yakni :

  1. Tanggungjawab Operator

Genset digunakan untuk kepentingan bersama untuk penggunaan daya listrik yang sesuai dengan prosedurnya. Penggunaan yang tidak hati-hati dapat menyebabkan cedera terhadap operator ataupun merusak generator dan komponennya.

Pentingnya pengetahuan dan tanggung jawab operator dalam penggunaan genset diantara lain :

  • Operator WAJIB mengetahui cara mematikan generator dengan cepat dalam keadaan darurat
  • Operator WAJIB memahami semua kendali dan fitur yang ada pada genset
  • Pastikan Operator memiliki petunjuk pengetahuan yang memadai sebelum mengoeprasikan genset.

 

Nah, Pentingnya operator mengetahui dengan seksama tentang genset secara menyeluruh. Tidak hanya sekedar tahu, namun memahami setiap komponen beserta semua fitur genset secara detail. Demi keselamatan anda dan orang-orang disekitar anda, terutama keluarga anda sendiri. So, sebelum membeli genset perhatikan dulu mendapatkan pelayanan penggunaan secara tepat dan benar sehingga anda bisa menggunakan genset dengan benar.

Dan yang perlu diperhatikan adalah, JANGAN BIARKAN ANAK-ANAK MENGOPERASIKAN GENSET TANPA JANGKAUAN ORANG TUA!!!

 

  1. Bahaya Gas Karbon Monoksida

Pembuangan sisa bahan bakar genset ada kandungan gas beracun yakni gas Karbon Monoksida. Dimana gas ini tidak dapat anda lihat dan anda cium. Jika anda menghirup gas Karbon Monoksida ini dapat menyebabkan KEMATIAN hanya dalam beberapa menit saja. Bahaya pada gas beracun inilah yang mengharuskan anda menghindari keracunan dengan cara sebagai berikut :

  1. Operasikan GENSET di LUAR RUANGAN!
  2. Jangan menggunakan genset dalam rumah, garasi, ruang bawah tanah, ruang sempit, dan ruangan tertutup atau ruangan sebagian tertutup.
  3. Jangan mengoperasikan genset di dekat pintu atau jendela
  4. Ketika anda menghirup gas Karbon Monoksida secara tidak sengaja, segeralah keluar untuk menghirup udara segar dan segera pergi ke Dokter untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.

Hal diataslah yang sering diabaikan oleh para masyarakat, mengoperasikan genset tidak sesuai pada tempatnya. Kasus-kasus yang terjadi karena terkena gas beracun ini biasanya mengabaikan hal ini. Yakni banyaknya masyarakat yang masih ndablek (baca: Keras Kepala) untuk tidak mengoperasikan genset dalam ruangan tertutup.  Padahal, hal ini sangat berbahaya bagi kehidupan anda karna dapat menyebabkan kematian. Lebih baik, gunakan genset di Luar ruangan untuk mencegah anda dalam menghirup gas beracun Karbon Monoksida.

 

  1. Bahaya Sengatan Listrik

Genset digunakan untuk menghasilkan daya listrik, tak heran jika genset menimbulkan sengatan listrik yang sangat kuat dan MEMATIKAN. Maka dari itu, pentingnya maintenance terhadap genset untuk menghindari kejadian berbahaya ini diantaranya adalah :

  1. Jangan menggunakan genset dalam keadaan basah dan pastikan genset tetap harus dalam keadaan kering dengan cara tidak menggunakan genset dalam keadaan hujan, tidak menggunakan genset dekat kolam atau penyemprotan air dan tidak menggunakan genset dalam keadaan tangan anda yang basah.
  2. Memeriksa semua komponen listrik dan panel kendali saat ingin menggunakan karena genset disimpan di luar ruangan, karna uap air dapat menyebabkan gagal fungsi komponen dan hubungan singkat arus listriknya.
  3. Memeriksa panel tombol listrik apakah sudah terpasang secara benar sebelum generator dihubungkan dengan sistem listrik ke semua gendung.

 

  1. Bahaya Kebakaran dan Terbakar

Saat genset digunakan, maka adanya system pembakaran knalpot pada genset yang cukup panas untuk membakar beberapa bahan. So, pentingnya untuk meletakkan genset yang sesuai yakni :

  1. Meletakkan genearator minimal 1 meter dari gedung atau bahan lain yang mudah terbakar.
  2. Jauhkan bahan atau benda yang mudah terbakar di dekat generator seperti kayu, kain, kertas atau yang lainnya.

Perlu anda tahu, Knalpot genset akan tetap panas ketika anda baru selesai mematikan. Tunggulan beberapawaktu sampai kanlpot genset benar-benar dingin. Dan jangan sekali-kali anda mencoba memegang knalpot pada saat panas, karena bisa-bisa tangan anda melepuh.

 

  1. Isi Ulang Bahan Bakar dengan hati-hati

Dalam hal mengisi bahan bakar pun genset memiliki cara yang harus anda perhatikan dimana caranya yaitu :

  1. Jangan mengisi bahan bakar pada saat genset masih beroperasi karena bahan bakar dapat sangat mudah terbakar dan uapnya dapat meledak ketika genset masih beroperasi.
  2. Jika ingin mengisi bahan bakar pada genset. Lakukan di luar ruangan dengan area yang berventilasi dan permukaan yang rata.
  3. Jangan merokok ketika genset beroperasi, pastikan jauh dari api ataupun percikan api karna dapat menyebabkan kebakaran
  4. Isilah bahan bakar secukupnya, jangan sampai meluber.
  5. Pastikan sudah membersihkan bahan bakar yang tumpah sebelum anda menghidupkan genset untuk meminimalisir terjadinya kebakaran.

 

Penjelasan diatas sudah sangat jelas dan terperinci agar anda tidak ceroboh dan asal dalam penggunaan genset. Genset memang hal yang sudah tidak asing, namun jika anda menggunakannya tanpa panduan yang jelas dan lengkap bersiap-siaplah mengalami dampak yang tidak diinginkan.

Maka dari itu, gunakanlah genset sesuai prosedur yang dijelaskan. Jika tidak, entah dampak buruk apa yang terjadi jika anda tidak mematuhi penjelasan yang sudah dijelaskan secara rinci diatas. jangan takut, walaupun genset memang berbahaya, namun berbahaya ketika anda tidak menggunakannya secara tepat dan benar. Jika anda menggunakannya sesuai prosedur, maka penggunaan genset dapat difungsikan sebagaimana mestinya.

Nah, dengan penjelasan genset diatas secara jelas dan ringkas semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menjadi tolak ukur anda ketika ingin menggunakan genset. Supaya, tidak aka nada lagi kejadian atau kasus-kasus yang merugikan apalagi menyebabkan kematian. Sayangi diri anda dan keluarga tersayang dengan mematuhi setiap prosedur yang sudah diberikan. Terimakasih ^^

Share

Related Post

Segera Dapatkan Info Terbaru dari Kami

Gak Pake Lama, Input Email Anda Disini!

You have Successfully Subscribed!