Jenis bahan kaos di pasaran sangatlah beragam, sehingga banyak orang yang merasa bingung untuk memilih jenis kaos untuk disablon. Macam kaos tersebut memiliki karakter yang berbeda sesuai dengan tujuannya.

Bagi anda yang ingin mengetahui bahan kaos tertentu, maka anda harus mengetahui berbagai perbedaan dari bahan kaos yang beredar di pasaran sesuai dengan tujuan yang anda inginkan. Berikut beberapa ulasan mengenai perbedaan bahan dasar kaos yang harus anda tau!

 

  1. Cotton Combed

Jenis bahan ini sudah sering anda dengar. Bahan ini merupakan bahan katun yang murni terbuat dari bahan kapas. Tekstur bahan kain ini sangat halus dan mudah menyerap keringat. Kaos dengan bahan ini pun banyak dicari sebagai bahan kaos distro karena bahannya yang dingin. Jadi, bagi anda yang ingin menyablon dengan kaos ini bisa menggunakan sablon polyflex.

 

  1. Cotton Carded

Bahan ini merupakan jenis bahan cotton atau katun, bedanya kualitas bahan ini tidak sebagus dengan jenis combed. Kualitas pada bahan ini sedikit lebih kasar dibandingkan dengan combed dan tidak merata. Meskipun begitu, kaos dengan bahan ini pun cukup populer untuk menghasilkan kaos dengan sablon untuk harga yang cukup terjangkau.

  1. Polyester

Pada musim dingin, bahan ini merupakan bahan yang sangat diminati masyarakat. Kaos berbahan dasar polyester ini terbuat dari serat sintesis yang memberikan kehangatan saat digunakan. Inilah yang menyebabkan kaos ini tidak cocok jika digunakan pada musim panas tapi cocok untuk dipakai di musim dingin. Kaos dengan bahan polyester ini bisa disablon menggunakan teknik sublimasi.

 

  1. Hyget

Bahan ini merupakan salah satu bahan yang memiliki kualitas paling rendah. Bahan ini terbuat dari bahan plastik yang memiliki ketebalan yang sangat tipis dengan harga yang relatif murah. Biasanya, kaos dengan bahan ini digunakan untuk mencetak kaos dalam jumlah banyak dengan dana yang minim, seperti kaos-kaos kampanye. Kaos ini dapat disablon dengan menggunakan teknik sublimasi.

 

  1. Viscose

Biasanya digunakan untuk produksi yang besar. Alternatif yang sering digunakan karena menggunakan bahan campuran katun dan harganya lebih terjangkau dibandingkan full katun. Bahan ini merupakan bahan campuran viscose dengan katun combed dengan tekstur yang tidak mudah menyusut dan mampu menyerap keringat dengan baik layaknya katun combed. Bahan ini juga dapat disablon menggunakan teknik sablon polyflex.

Begitulah penjelasan mengenai bahan dasar kaos yang beredar di pasaran yang wajib anda tahu untuk membuka usaha sablon. Penggunaan bahan diatas digunakan hampir pada semua jenis kaos, mulai dari kaos oblong sampai bersablon. Jadi, sudah sepatutnya anda mengetahui bahan-bahannya supaya dapat melihat kualitas dari masing-masing bahannya, agar tidak asal dalam menggunakannya dan hasil sablonnya pun akan lebih maksimal.

Jadi bagaimana sahabat? Mudah bukan menentukan kualitas kaos dari jenis bahan dasar pembuatnya?

Share

Related Post