Dalam sebuah bisnis, besar kemungkinan kita melakukan banyak kesalahan. Sebenarnya kesalahan yang sangat sepele, namun berdampak sangat besar terhadap perkembangan usaha yang sedang kita jalani. Maka dari itu, perlu kita ketahui kesalahan-kesalahan sepele yang seringkali dilakukan oleh pengusaha. Pengusaha menginginkan bisnis yang sukses besar, tapi seringkali melakukan kesalahan di bawah ini hingga membuat perusahaan itu “collaps“.

Kesalahan adalah sesuatu yang wajar dilakukan oleh manusia, tapi tidak elok juga ketika anda melakukan kesalahan berulang-ulang. Alangkah baiknya jika anda mempertimbangkan dan mencegah kesalahan itu. Untuk mencegah kesalahan itu, anda memerlukan pengetahuan. pada kesempatan ini izinkan mimin untuk share mengenai 5 kesalahan yang sering dilakukan oleh pengusaha yaitu :

 

Menunda dan membuang peluang

 

 

Peluang merupakan kesempatan yang bisa anda ambil atau anda buang. Ketika peluang ada di depan mata, kebanyakan pengusaha enggan untuk mengambilnya karena takut mengambil resiko. Padahal, suksesnya sebuah usaha juga berpengaruh terhadap peluang yang ingin anda kembangkan. Jangan cenderung takut dan pasif untuk ikut andil dalam peluang yang ada datang. hanya mendengar tanpa melakukan sesuatu, sungguh sesuatu yang sangat disayangkan.

Tapi, dalam memilih peluang juga harus dilandasi dengan analisi terhadap peluang itu apakah memberikan efek positif atau negatif untuk usaha dan bisnis anda ke depan. So, anda tetap wajib menganalisis terlebih dahulu.

 

Investasi tanpa perhitungan matang

 

 

Dalam berbisnis, anda dilarang melakukan investasi tanpa perhitungan. Setiap investasi harus disesuaikan dengan analisa perkembangan bisnis yang akan anda jalani. Baik buruknya investasi pun harus menjadi pertimbangan yang matang.

 

Low Action

 

 

Kalau ada ide, lebih baik disalurkan jangan hanya diempet (baca : dipendam). Karena ide merupakan salah satu wadah untuk memulai suatu bisnis yang sukses. Dari ide ini akan mengawali anda bertindak dan mengambil keputusan. Ide yang cerdas baik untuk diwujudkan ketika anda sudah memulai suatu bisnis, jangan hanya diam dan lambat dalam mewujudkan ide yang anda pikirkan.

 

Omzet

 

 

Omzet merupakan salah satu hal yang kebanyakan pembisnis kejar. Omzet yang tinggi menentukan kesuksesan suatu bisnis, padahal omzet bukanlah hal yang harus kita utamakan. Kesalahan dalam menilai bahwa “omzet tinggi” adalah parameter kesuksesan bisnis. Padahal, tujuan pendapatan bisnis adalah profit. Suatu hal yang percuma jika omzet besar namun profit anda kecil.

Maka dari itu, profit yang harus menjadi tolak ukur anda dalam mengembangkan bisnis. Seperti optimalisasi BEP produk dan menghitung kembali payback period, dan lain-lain.

Mencampuradukkan Asset Pribadi dan Perusahan

 

 

Kesalahan yang fatal dilakukan oleh pembisnis adalah mencampuradukkan asset pribadi dan perusahaan. Baik untuk kepentingan pribadi, anda menggunakan asset perusahaan ataupun sebaliknya. Seringkali para pengusaha melakukan kesalahan ini, demi kepuasan pribadi para pengusaha menggunakan asset perusahaan. Padahal, dampak dari mencampuradukkan antara asset prusahaan dan pribadi ini menjadi faktor utama kebangkrutan.

Sebagai pengusaha, anda harus paham betul tentang mengelola keuangan yang kredibel. Dengan pemahaman dalam mengelola keuangan, anda akan memisahkan antara asset pribadi ataupun asset perusahaan agar keuangan anda terkendali dengan baik.

 

Seperti itulah, 5 kesalahan yang sering terjadi pada pengusaha yang terkadang banyak disepelekan. Maka dari itu, jika anda seorang pengusaha yang menginginkan hasil yang besar sudah sepatutnya menjauhi kesalahan-kesalahan diatas.

Share

Related Post