Komponen merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam teknologi. Mengapa? Sekarang begini deh, ketika kita beli hp pasti kita melihat komponennya juga kan? Ada cas nya engga, ada headsetnya engga, dan free box atau gak.

Begitu pula ketika kita membeli sebuah produk teruntuk mesin besar yang khusus kita gunakan untuk usaha. Pasti perlu dong mengetahui komponen apa aja yang ada di mesin tersebut. Yaaaa, kali ini mimin akan membahas komponen yang ada pada mesin CNC Router 😀

Tanpa banyak basabasi yuk kita bahas apa aja sih komponen yang ada pada mesin CNC.

  1. Motor Utama

Motor utama ini fungsinya untuk memutar benda kerja yang dicekam pada mesin CNC dengan kecepatan yang dapat disesuaikan. Dalam motor Utama ada step motor yang berfungsi untuk menggerakkan eretan, yaitu memiliki sumbu X dan xumbu Z.

Gambar Motor Utama Pada Mesin CNC

  1. Revolver

Revolver merupakan penjepit alat potong pada saat proses pemahatan berlangsung. Revolver dapat dijalankan melalui manual ataupun terprogram di komputer yang digerakkan step motor.

Gambar Revolver Pada Mesin CNC

  1. Cekam

Cekam merupakan nama alat penjepit pada saat proses pemahatan.

Gambar Cekam Rahang Tiga

  1. Meja Mesin

Komponen yang satu ini adalah komponen yang paling penting, karena komponen ini menentukan baik dan buruknya suatu hasil yang kita kerjakan. Jika meja mesin itu sudah aus (baca : terkikis) maka hasil dari potongan mesin CNC tidak akan maksimal.

Gambar Meja Mesin Pada Mesin CNC

  1. Bagian Kontrol Mesin

Namanya aja control, sudah pasti komponen ini berfungsi untuk mengendalikan mesin dimana didalamnya terdapat tombol saklar. Pada komponen ini terdapat layar untuk mengendalikan proses yang sedang berlangsung. Ada saklar  utama, tmbol darurat, saklar operasi mesin, saklar untuk mengatur sumbu utama, saklar dimensi mesin untuk mengatur satuan (meter atau inchi), ampere meter dan saklar pengatur asuran untuk megatur kecepatan mesin.

Gambar Bagian Kontrol Mesin

Dewasanya, mesin CNC hamper sama dengan mesin manufaktur lainnya. Namun bedanya mesin CNC adalah adanya tambahan berupa control dari computer yang terhubung ke mesin CNC untuk mengatur geraka pada mesin CNC tersebut.

Nah, komponen yang ada di mesin CNC sudah kita pelajari bersama-sama. Dengan adanya pembahasan ini, mimin berharap semoga sahabat deprintz dapat mengerti bahwa komponen mesin CNC sangat penting karna berkaitan dengan kelangsungan kerja. Hehe… 😀

Oke sekarang gimana, udah paham yaaaaaa ^^

Share

Related Post