Ekspresi menjadi salah satu isyarat yang mudah dipahami. Mulai dari wajah ekspresi marah, datar, sedih, ataupun tersenyum. Dari beberapa ekspresi tersebut, ternyata senyum memiliki manfaat yang positif, baik untuk kesehatan maupun kehidupan sosial anda. Nah, ada lima manfaat senyum yang sudah dirangkum sebagai berikut!

 

  1. Menghilangkan stress

Tahukah anda, bahwa tersenyum dapat membuat anda melepaskan rasa stress. Dengan tersenyum, anda akan melepaskan hormon endrofin, yang merupakan hormone pembawa kebahagiaan. Ketika anda bahagia, tentu stress yang ada akan sirna seketika. Jadi, jangan lupa tersenyum hari ini ya sahabat!

 

  1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Tersenyum bukan sekedar hal biasa yang dapat menghilangkan stress saja, tersenyum juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh anda. Dilansir dari Mayo Clinic, bahwa ketika seseorang berpikiran negative, maka kekebalannya akan menurun. Begitu pula sebaliknya, ketika seseorang berpikiran positif dan mudah tersenyum, maka kekebalan tubuhnya pun akan meningkat karena tertawa maupun tersenyum dapat melepaskan molekul yang bertugas melawan stress di dalam otak dan berbagai penyakit.

Selain itu, beberapa penelitian menyebutkan bahwa dengan tersenyum maka anda akan membuat produksi sel darah putih sebagai pembunuh alami toxin tubuh semakin meningkat, sehingga membuat kekebalan tubuh anda pun menjadi lebih naik secara significant.

 

  1. Membuat awet muda

Jika anda ingin mencari obat untuk telihat lebih muda, maka jawabannya adalah tersenyum. Ketika anda tersenyum, otot-otot wajah akan terangkat dan menyebabkan wajah anda terlihat lebih segar dan lebih muda. Sebuah penelitian menyebutkan, dengan tersenyum anda akan terlihat lebih muda rata-rata tiga tahun lebih muda dari usia sebenarnya. Jadi, mau terus menjadi awet muda? Tersenyum yuk!

 

  1. Lebih produktif

Tersenyum bermanfaat bukan sekedar untuk kesehatan anda loh, tapi juga membuat waktu anda lebih produktif. Seseorang cenderung lebih semangat ketika menemukan hal-hal yang membuatnya bahagia, tersenyum setelah melihat film lucu misalnya, atau mendengar cerita lucu yang dapat meningkatkan gairah hidup menjadi lebih produktif.

 

  1. Memperpanjang usia

Manfaat paling besar dari tersenyum yakni membantu memperpanjang usia seseorang. Walaupun sebenarnya usia hidup seseorang sudah diatur oleh yang Maha Kuasa, namun dengan tersenyum cenderung akan membuat anda memiliki umur yang lebih panjang.  Penelitian menyebutkan bahwa orang yang memiliki kepribadian ceria memiliki 35 % umur lebih panjang ketimbang mereka yang tidak suka tersenyum. Selain itu, orang yang sering tersenyum rata-rata akan memiliki usia lebih panjang 7 tahun dari mereka yang jarang tersenyum. Hal ini dikarenakan orang yang suka tersenyum mempunyai tingkat stress yang lebih rendah termasuk dari penyakit jantung serta memiliki kekebalan tubuh yang baik sehingga membuat orang yang suka tersenyum hidup lebih panjang.

 

Begitulah 5 kedahsyatan tersenyum yang dapat membuat hidup anda lebih sehat dan bermanfaat. Untuk anda yang jarang tersenyum, yuk mulai biasakan diri untuk tersenyum. Gak ada ruginya kok, kesehatan dan kualitas hidup anda menjadi lebih produktif.

Jadi bagaimana sahabat, mulai biasakan untuk tersenyum yuk!

Share

Related Post

Segera Dapatkan Info Terbaru dari Kami

Gak Pake Lama, Input Email Anda Disini!

You have Successfully Subscribed!