Bisnis printing merupakan bisnis yang seringkali digunakan oleh banyak kalangan untuk memulai sebuah usaha. kepopuleran bisnis ini sudah dimulai sejak dahulu dimulai dengan menggunakannya secara manual hingga zaman semakin modern yakni menggunakan mesin. Mesin printing pun beragam, mulai dari printing kain hingga printing produk dalam bentuk yang besar contohnya spanduk, umbul-umbul, poster, banner bahkan  produk yang sering anda gunakan sehari-hari.

Dengan berkembangnya teknologi, dunia printing saat ini menggunakan mesin yang bisa disesuaikan fungsi yang dilakukan. Mesin itu diantaranya adalah sebagai berikut!

 

  1. Mesin Digital Printing

Mesin digital printing merupakan mesin yang sudah booming dan sering diperbincangkan oleh banyak kalangan. Mesin digital printing merupakan teknologi Print On Demand (POD) yang mencetak gambar ke dalam media secara langsung dari computer untuk ukuran yang besar sekali. Biasanya, mesin ini biasa digunakan untuk membuat produk besar seperti spanduk, banner, wallpaper, sticker branding, sticker mobil dan beragam lainnya. Digital printing memiliki dua jenis yakni indoor dan outdoor. Mesin ini merupakan mesin yang sangat cocok digunakan untuk usaha printing dalam skala besar karena proses nya tidak membutuhkan waktu yang lama.

 

  1. Mesin Sublim

Mesin ini merupakan mesin kece yang kedua yakni mesin yang digunakan untuk mencetak gambar pada kain menggunakan bantuan transfer paper. Transfer paper tersebut  dipindah ke kain dengan bantuan heat press. Awalnya, mesin sublim hanya digunakan pada bahan kain yang berbahan polyester saja, namun sekarang dengan perkembangan teknologi mesin ini sudah merambah ke kayu, botol, topi, mug dan lain halnya.

 

  1. Mesin Offset

Mesin ini merupakan mesin yang membutuhkan master plate melalui proses pemindahan huruf ke blanket saat mencetak. Mesin offset hanya diperuntukkan  untuk di bidang percetakan saja, karena mengingat harga yang cukup mahal. Selain itu, mesin ini cocok digunakan untuk cetak skala banyak, semakin banyak yang dicetak semakin murah harganya. Mesin ini tidak rekomend untuk mencetak satuan, karena harganya akan semakin tinggi.

 

  1. Mesin ATLAS

Mesin Atlas merupakan mesin multifungsi yang bisa digunakan sebagai mesin sublim dan juga mesin digital printing indoor. Anda hanya tinggal memilih ingin menggunakan mesin Atlas sebagai mesin sublim atau mesin digital printing indoor dengan harga yang sama. Jadi, jika anda ingin memiliki mesin multifungsi dengan dua pilihan maka anda wajib beli mesin Atlas dengan harga dibawah 100 juta.

 

  1. Mesin UV

Mesin UV merupakan mesin digital printing menggunakan teknologi sinar UV (Ultra Violet)untuk mengerikan hasil tinta saat mencetak. Jadi, dengan menggunakan mesin ini anda tidak membutuhkan proses pengeringan karena media akan kering selama proses mesin berjalan. Mesin UV pun sangat ramah lingkungan sehingga tidak menggangu masyarakat sekitar. Mesin ini bisa digunakan untuk membuat casing hp, botol, nomor rumah dan lainnya.

 

Nah, itulah 5 mesin yang sangat booming dalam bisnis printing yang harus anda ketahui. Semua mesin disesuaikan dengan fungsinya masing-masing. lantas, apakah anda sudah memutuskan ingin menggunakan mesin yang cocok untuk usaha anda dari kelima mesin diatas yan sahabat. Semoga artikel ini membantu anda sahabat!

Share Artikel ini

Related Post