Printhead merupakan hal yang sangat penting dalam printing. Hasil cetak yang baik juga ditentukan dari printhead yang bagus. Oleh karena itu, menjadi hal penting untuk merawat sebuah printhead agar tetap beroperasi dengan optimal dan sudah bukan hal yang asing jika perangkat printer yang seringkali rusak adalah printhead dan catriage.

Penggunaan printer yang salah dapat menyebabkan kerusakan pada printhead itu sendiri dan perlu anda ketahui bahwa harga printhead terbilang sangat mahal. Pasti anda tidak ingin jika harus mengeluarkan dana lebih untuk membeli printhead baru, padahal anda cukup menjaga dan merawat printhead dengan penggunaan printer yang benar. Jadi, bagaimana cara merawat printhead agar tetap bagus dan tidak mudah rusak?

Adapun caranya adalah sebagai berikut!

  1. Terlalu banyak mencetak

Yang dimaksud dengan terlalu banyak mencetak adalah pada saat anda mencetak dengan jumlah yang banyak dalam sekali  proses jalan sekaligus. Misalnya, anda akan mencetak dalam jumlah ratusan dan seharusnya dilakukan beberapa kali proses cetak, namun praktiknya anda mencetak dalam sekali print saja. Hal seperti ini yang harus anda hindari, karena dapat membuat catridge printer menjadi panas dan memicu penyumbatan permanen pada printhead.

Jika printhead sudah tersumbat, maka hasil cetakan akan tidak maksimal dan bahayanya, jika sudah tersumbat permanen. Maka, akan sulit diperbaiki dan yang perlu dilakukan adalah dengan mengganti printhead tersebut.

Oleh karena itu, jika anda akan  mencetak dalam jumlah banyak. Maka, mencetak secara bertahap merupakan solusi terbaik seperti dicetak sebanyak 20 lembar sekali print. Kemudian, beri waktu 2 sampai 3 menit untuk printhead istirahat dan lanjutkan proses mencetaknya dengan pola tersebut.

 

  1. Print tidak pernah dipakai

Printer yang tidak pernah dipakai atau printer yang disimpan terlalu lama akan menyebabkan printer cepat rusak. Jika sebelumnya anda menggunakan printer, kemudian anda menyimpan printer tersebut dan tidak dipakai dalam kurun waktu 7 hari, maka bisa terjadi pembekuan pada tinta yang terletak pada ujung catriage atau printhead.

Printer yang sudah pernah dipakai harus selalu digunakan secara berkala, artinya setiap hari harus dipakai agar tintanya tidak membeku.

Pada saat mencetak, usahakan untuk menggunakan semua warna. Akan berpeluang printhead rusak, jika seringnya pemakaian printer tersebut hanya dengan tinta warna tertentu saja.

 

  1. Sering kehabisan tinta

Kebiasaan buruk yang sering dilakukan pada printer adalah memaksakan kinerja printer dalam keadaan tinta yang sudah habis. Jika hal tersebut terus dilakukan, printhead anda bisa rusak dan tidak dapat digunakan secara total.

Segera isi tinta printer jika sudah terlihat akan habis. Jika printer menggunakan system infus (CISS) pada tinta, maka anda dapat dengan mudah mengetahui tinta habis atau tidak. Maka dari itu, buang kebiasaan buruk memaksa kinerja printer dalam keadaan habis tinta ya sahabat!

  1. Pengisian tinta printer yang kurang benar

Peristiwa ini jarang terjadi jika printer menggunakan system infus (CISS), karena pada umumnya tinta dengan system infus akan sangat mudah diisi dan anda tidak perlu membongkar tutup printer lagi.

Namun, berbeda dengan anda yang tidak menggunakan system infus. Maka, hal yang harus anda lakukan adalah berhati-hati dan jangan mengisi tinta terlalu penuh, karna dapat membuat catriage jebol.

Selain itu, anda harus menggunakan tinta original untuk menjaga printhead dan catriage tetap awet. Tinta original memang lebih mahal, namun jika demi printer yang awet tentu tinta original bukan masalah.

 

  1. Printer tidak dirawat

Dari keempat poin diatas, umumnya yang sering mengalami krusakan adalah catriage dan printhead. Namun, tidak menutup kemungkinan jika anda tidak merawat printer dengan baik maka komponen yang lain pun akan ikut rusak. Salah satunya adalah memaksa printer mencetak pada tegangan listrik yang tidak normal yang akan meyebabkan printer cepat rusak. Oleh karena itu, rawat printer anda dan gunakan dengan cara yang sesuai prosedur. agar komponen tetap awet serta hasil cetaknya tetap berkualitas.

 

Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa anda sudah seharusnya merawat printer sebaik mungkin, agar komponen pada printer tetap dalam keadaan baik dan awet. Oleh karena nya, gunakan prosedur dalam menggunakan printer ya sahabat!

Share

Related Post