Ramadhan menjadi moment setahun sekali yang dirayakan oleh umat muslim. Pada bulan Ramadhan pun antusias masyarakat terlihat meningkat, baik dalam hal ibadah maupun makanan yang dinanti. Saat Ramadhan, masyarakat melakukan berbagai macam kegiatan baru seperti tarawih, berburu ta’jil dan mempersiapkan berbagai makanan yang dapat membuat puasa menjadi lebih semangat.

Dalam perihal makanan, seringkali masyarakat tidak memperhatikan makanan yang dikonsumsinya. Hal inilah yang menjadi salah satu penghambat aktifitas sehari-hari lebih cepat lemas. Alangkah baiknya jika makanan tersebut mengandung unsur yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh serta menambah stamina. Oleh karena itu, Deprintz merangkum beberapa makanan yang direkomendasikan untuk sahabat yang akan menjalankan ibadah puasa. 5 makanan tersebut diantaranya adalah sebagai berikut!

 

 

Labu

 

 

Labu akan mudah ditemui sebagai hidangan kolak atau direbus untuk berbuka. Tahukah sahabat, jika labu mengandung kadar air yang sangat tinggi loh! Kadar air pada labu mencapai 94% hingga 97% sehingga mampu menjaga tubuh dari dehidrasi selama berpuasa. Untuk anda yang ingin mengkonsumsinya, labu cocok dikonsumsi pada saat sahur supaya kandungan air saat berpuasa akan tercukupi dan juga cocok dikonsumsi untuk berbuka!

 

Lentil

 

 

Lentil merupakan jenis kacang-kacangan yang jarang dikonsumsi oleh orang banyak. Padahal, kandungan pada lentil baik untuk dikonsumsi karena dapat menurunkan kolestrol dan membantu pencernaan. Lentil mengandung protein sebanyak 26% juga kandungan serat dan karbohidrat kompleks yang mampu mempertahankan rasa kenyang dan mampu menstabilkan gula darah. Biasanya, lentil dibuat menjadi sup loh. Cocok untuk dihidangkan pada saat sahabat sahur nih.

 

Melon

 

 

Buah segar yang biasa dibuat jus atau es buah ini merupakan buah yang sebaiknya anda jadikan stock selama berpuasa. Melon mengandung serat yang tinggi dan kadar air hingga 90%. Bagi sahabat yang memiliki maag, sahabat dapat mengkonsumsi melon sebagai solusi untuk mengatasi sakit perut dan masalah lambung. Selain itu, mengkonsumsi melon juga dapat terhindar dari dehidrasi karena kurangnya cairan tubuh. Melon enak dikonsumsi langsung maupun dalam sajian smoothie. Jadi, perbanyak makan melon ya sahabat!

 

Telur

 

 

Salah satu lauk yang sangat praktis dan mudah untuk dikonsumsi. Telur sangat bagus dikonsumsi saat puasa karena mengandung protein, vitamin A, D, E, B6 dan B12, juga kalsium, zat besi dan zinc. Mengkonsumsi protein saat sahur sangat baik untuk tubuh anda saat berpuasa karena dapat memberikan energi sepanjang hari. Anda bisa membuat orak-arik telur dibarengi roti gandum sebagai alternatif menu saat anda sahur.

 

Delima

 

 

Buah delima tergolong buah superhood yang mengandung 3 x lipat antioksidan dibandingkan teh hijau. Mengkonsumsi buah delima sama saja dengan menkonsumsi vitamin A, C, E dan asam folat. Buah delima pun sangat bagus untuk pencernaan, jadi alangkah baiknya jika sahabat mengkonsumsi jus buah delima saat berbuka atau dengan mencampurkan bijian buah delima kedalam salad buah agar lebih nimat rasanya.

 

 

Nah, bagi sahabat yang sudah membaca artikel ini alangkah baiknya mengkonsumsi makanan diatas untuk membuat Ramadhan lebih lancar dan tetap kuat dalam beraktifitas. Jadi, jangan malas untuk mengkonsumsi makanan sehat diatas ya sahabat!

Share

Related Post