Dunia konveksi merupakan dunia bisnis yang cukup rumit, dimana memiliki beragam jenis yang berbeda-beda. Bagi anda yang baru mulai usaha, tentu bisnis konveksi membutuhkan berbagai pengetahuan yang lebih lanjut, salah satunya adalah perbedaan printing kain dengan metode  sublim dan offset. Jadi, anda harus mengetahui terlebih dahulu dua metode ini agar usaha konveksi atau apparel anda berjalan dengan lancar.

Ada beberapa perbedaan dari kedua metode tersebut mulai dari mesin, quantity orderan, kualitas, perbedaan bahan sampai dengan harga yang sangat berbeda. Oleh sebab itu, yuk simak penjelasan mengenai perbedaan printing kain menggunakan dua metode ini!

 

  1. Mesin yang Digunakan

Perbedaan yang paling menonjol metode sublim dan offset adalah dari mesinnya. Jika pada metode offset menggunakan plat atau film seperti sablon manual. Untuk membuat plat dalam metode offset membutuhkan biaya yang tinggi. tentu berbeda dengan metode sublim yang menggunakan file dalam bentuk digital sehingga lebih mudah untuk dicetak. Seperti halnya saat mencetak foto, tak membutuhkan film dalam proses cetaknya.

 

  1. Minimum Quantity Orderan

Perbedaan yang kedua adalah dalam prihal minimum quatity orderan. Pada metode offset, biasanya sekali cetak (satu gambar) minimum quantitynya adalah 1000 pcs. Hal ini berhubungan dengan plat offset yang memiliki harga cukup tinggi, sehingga jika jumlah orderannya rendah maka harga produksinya akan sangat mahal. Berbeda dengan metode sublim, yang tidak ada batasan cetak dengan desain yang berbeda-beda.  Karna harga yang akan dihasilkan pun sama saja mau orderan satu pcs saja atau lebih dari satu pcs.

Oleh karena itu, tentu jika untuk cetak dalam jumlah banyak dengan satu gambar saja anda bisa menggunakan metode offset karna harganya lebih murah. namun, jika anda ingin mencetak dalam jumlah yang tidak ada batasan orderan dengan desain yang beragam, tentu metode sublim yang cocok untuk anda gunakan.

 

  1. Kualitas Ketajaman Hasil Cetak

Dalam hal hasil cetak, perbedaan kedua metode ini sangat terlihat yakni hasil cetak offset jauh dibawah hasil metode printing sublim. Kain yang menggunakan metode sublim akan terlihat lebih tajam dan jelas gambarnya. Selain itu, warna yang dihasilkan pun sangat cerah dan “ngejreng”. Namun, jika hasil cetak offset biasanya terlihat lebih soft dan agak gelap dari hasil printing sublim.

 

  1. Produk yang diproduksi

Jika dilihat dari produk yang diproduksi, metode offset sangat cocok digunakan untuk cetak kaos partai karena semakin banyak cetak harganya akan semakin murah. Jika anda ingin mencetak dalam jumlah besar, tentu menggunakan mesin digital printing dan sublimasi tidak akan kuat dengan harga yang lebih mahal dibandingkan dengan offset jika dalam jumlah banyak. Namun, jika untuk custom seperti contohnya yang membuka usaha apparel jersey pasti akan memilih metode sublimasi.

 

  1. Kualitas tinta

Karena metode offset biasa digunakan untuk membuat kaos partai dalam jumlah yang tidak sedikit, sehingga kualitas tinta pun disesuaikan. Biasanya tinta yang digunakan akan jauh lebih dibawah metode sublimasi karena mengingat proses cetak yang banyak. Berbeda dengan sublimasi yang menggunakan tinta sublim yang khusus, sehingga tintanya pun merupakan tinta yang sangat berkualitas. Tentu hasil yang didapat pun akan sangat memuaskan.

 

  1. Harga yang sangat menonjol

Ada harga, ada kualitas” yang merupakan cocok digunakan untuk mengartikan kedua metode ini. Jika membandingkan harga cetak hasil sublim dan offset, tentu harga hasil cetak mesin offset jauh lebih murah dibandingkan dengan sublim. Namun, dilihat dari fleksibilitas dan juga kualitas hasil printing pun sangat berbeda jauh bagus sublimasi dibandingkan dengan etode offset sehingga harga yang tertera pun sudah sangat sesuai dengan kualitas yang didapat.

 

Itulah 6 perbedaan printing kain dengan metode offset dan sublimasi yang wajib anda tahu sebelum memulai sebuah usaha atau bisnis konveksi. Jadi, bisnis konveksi anda akan lebih lancar. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda ya sahabat!

Share Artikel ini

Related Post