Sablon merupakan bisnis yang bisa dilakukan karena memiliki peluang yang sangat besar. selain pebisnis, penggunapun banyak yang tertarik akan sablon. Oleh karena itu, penting kiranya bagi anda mengetahui cara merawat sablon dengan baik dan benar. Tidak semua orang mengerti cara merawat sablon agar lebih awet dan tahan lama.

Untuk merawat kaos yang disablon memang tak semudah pikiran, karena membutuhkan ketelitian dan kesabaran agar sablon kaosnya tetap dalam keadaan yang baik. Oleh karena itu, berikut cara dan tips merawat kaos dengan baik dan benar agar tetap tahan lama.

 

  1. Jangan merendam kaos terlalu lama

Saat mau mencuci kaos yang disablon, sebaiknya jangandirendam terlalu lama. Apalagi untuk kaos yang baru pertama kali pakai, jangan sampai merendam lebih dari 30 menit. Begitu pula untuk kaos yang sudah lama dipakai, jangan sampai merendam melebihi 1 jam. Satu lagi, jangan terlalu banyak memberikan deterjen saat merendam, karena kandungan deterjen yang terlalu banyak digunakan akan bisa merusak bahan kaos dan juga sablonnya.

 

  1. Pisahkan Bahan Kaos saat dicuci

Saat anda mencuci, anda harus memahami pakaian yang harus dipisah. Terutama dengan kaos yang berwarna putih dengan berwarna lain. Alangkah baiknya, pisahkan kaos putih dengan yang berwarna lain. Hal ini untuk mengindari kelunturan pada kaos itu sendiri. Oleh karena itu, jangan sampai mencampur bahan kaos putih dengan berwarna lain agar kaos anda tetap dala keadaan awet dan baik.

 

  1. Jangan disikat

Pakaian atau kaos yang terlalu banyak disikat tentu akan membuat daya kuat dari kain itu berkurang sehingga mudah menyebabkan kain atau kaos rusak dan robek. Oelh karena itu, sebaiknya jangan terlalu sering menyikat kaos. Bisa anda akali dengan menyikat dibagian yang kotor saja dan yang bagian lain dikucek sehingga menghindari kaos untuk disikat.

 

  1. Jangan mencuci dengan mensin cuci

Mencuci dengan menggunakan tangan memang membutuhkan tenaga yang cukup extra, tapi kualitas yang akan anda dapatkan pun lebih awet. Jika anda menggunakan mesin cuci saat mencuci, siap-siap saja kaos anda akan mudah rusak. cara kerja mesin cuci saat berputar, maka kaos akan menerima beban tarik-ulur an gesekan dengan kain lain disekitarnya. Hal ini membuat sablon dan kaos anda cepat rusak karena melar saat proses tarik-ulur.

 

  1. Setrika dengan cara yang benar

Untuk mendapatkan sablon kaos yang lebih awet, sebaiknya langsung menyetrikanya setelah kering waktu dijemur. Agar sablon tetap dalam keadaan awet dan tidak rusak, setrika kaos dengan cara dibalik dan jangan langsung disetrika diatas sablonnya.

 

  1. Digunakan saat perlu

Setiap orang pasti memiliki kaos favorite, apalagi jika kaos yang disukai itu adalah kaos sablon. Tentu hal yang ingin anda lakukan adalah menggunakannya disetiap ada kesempatan bukan? nah, untuk membuat kaos sablon anda awet dan tahan lama sebaiknya jangan menggunakannya setiap waktu, gunakan dikala perlu dan bila perlu beri jeda selama 2 minggu untuk digunakan kembali agar kaos tidak mudah rusak. selain itu, simpan kaos sablon anda ditempat kering untuk menghindari kelebaban kaos yang bisa membuat sablonnya mudah terkelupas.

 

Nah, itulah 6 tips dan cara merawat sablon kaos dengan mudah agar tetap awet dan tahan lama. Memang yang namanya perawatan itu tidaklah mudah, membutuhkan kesabaran dan ketelitian. Tapi, dengan perawatan yang dilakukan, anda pun akan mendapatkan kaos sablon yang tetap awet dan tahan lama.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda yang ingin membuka usaha atau yang mau membeli sablon kaos. Deprintz, buat usaha jadi mudah!

Share

Related Post