Siapa yang menanam, dia yang akan menuai” peribahasa yang sudah sangat sering kita dengar. Jika yang kita tanam kebaikan, maka akan menghasilkan sesuatu yang baik. Begitu pula sebaliknya, siapa yang menanam keburukan, maka akan menuai sesuatu yang buruk.

Kalo kita ngomongin soal merawat sesuatu, maka yang timbul di benak kita adalah ribet dan malas. Padahal, merawat sesuatu adalah hal paling penting dan sangat krusial jika kita tidak melakukan. Maka dari itu, kali ini saya akan memberikan tips cara merawat mesin laser cutting. Agar mesin yang kita punya terawat dengan baik dan terjaga kualitasnya.

 

Well, langsung aja yuk kita bahas tips nya ^_^

Pertama, hindari untuk pengerjaan cutting dan grafir bahan PVC, karena pengerjaan bahan PVC mengeluarkan asap yang pekat, dan asap tersebut mengandung partikel-partikel yang bersifat Adhesive (Lengket) yang bisa menempel di Fan Belt, roda gigi motor dan rel tempat pergerakan kepala laser yang bisa mengganggu kinerja parts apabila berlangsung secara terus menerus.

Kedua, hindari untuk pengerjaan bahan sticker, karena sticker mengandung Lem yang bisa membuat Parts Mesin Laser Cutting Engraving terganggu.

Ketiga, selalu menggunakan Stavolt  / UPS selama pengoperasionalan mesin, listrik yang stabil sangat berpengaruh pada kinerja dan masa umur Mesin Laser Cutting Engraving.

Keempat, berikan oli pelumas secara rutin di bagian rel pergerakan kepala mesin laser cutting untuk menjaga pergerakan supaya tetap halus.

Kelima, bersihkan secara berkala di bagian Lensa Mesin Laser Cutting Engraving, yaitu di 2 Lensa Pantul dan 1 Lensa Fokus yang berfungsi untuk media pemantulan sinar laser dari tabung laser menuju material, supaya sinar laser senantiasa fokus dan efektif dalam pengoperasiannya. Pembersihan lensa fokus bisa menggunakan cotton bud yang dibasahi dengan alkohol , digosok dengan lembut.

Keenam, bersihkan area meja Mesin Laser Cutting Engraving secara Rutin, bisa menggunakan blower atau vacuum atau kuas sapu. Kebersihan mesin selain membuat area kerja menjadi bersih dan nyaman , juga membantu menjaga sisa kotoran menempel di Part Mesin Laser Cutting Engraving.

Ketujuh, disarankan menggunakan cairan Coolant Radiator untuk Chiller pendingin mesin, dan dicek secara berkala tiap 3-6 bulan, apabila cairan sudah berkurang dalam batas minimal, segera ditambah atau kalau sudah sekitar 1-2 tahun bisa diganti cairan nya dengan cairan baru.

 

Nah, itu dia cara ngerawat mesin laser cutting yang harus kita perhatikan. Kalau mau mesin mu terjaga kualitasnya, ya kita harus dengan baik ngerawatnya. Kalau kamu sudah merawat mesinnya dengan sebaik mungkin, bisa dipastikan mesinmu akan berjalan sesuai dengan yang kamu inginkan.

Oke, kita wajib merawat apapun barang yang kita punya. Lebih baik merawat daripada mengganti, karna mengganti hubungan itu sulit adaptasi lagi (please deh min, kok malah ngomongin hubungan sih). Hehehe, maapin mimin ya sahabat deprintz! 😀 Inti pokoknya adalah “MERAWAT” karna itulah KUNCI dari AWETnya suatu barang. Hehehe ^^

 

 

Share

Related Post