Dalam dunia permesinan, tidak sepenuhnya mesin akan berjalan dengan sempurna dan sesuai dengan yang kita inginkan. Sama halnya dengan mesin pemotong dan ukir seperti mesin CNC.

Dalam industri manufaktur, arsitektur, hingga furnitur interior-eksterior, mesin CNC menjadi salah satu inti dari sistem operational mereka yang berarti, jika ada kesalahan kecil pada mesin tersebut pasti akan sangat berdampak pada kinerja produksi.

Bayangkan jika kamu berencana memulai usaha menggunakan mesin CNC namun tidak mengetahui betul tentang masalah umum pada mesin ini?

Selain menghambat dan memperlambat kinerja produksi, pastinya kamu akan mendapatkan keluhan dari klien dan bahkan hal yang tidak diinginkan seperti kehilangan mereka pun bisa saja kamu dapatkan. Tidak ingin kan terjadi hal demikian?

Pada artikel ini, mimin akan berbicara tentang beberapa masalah paling umum di mesin CNC dan tips memperbaikinya.

Tapi, sebelum kita mulai, mimin ingin memastikan semuanya memiliki pemahaman yang sama dan memahami dasar-dasar tentang apa itu mesin CNC dan untuk apa.

Apa itu Mesin CNC dan Bagaimana Mesin Ini Bekerja?

Mesin CNC merupakan mesin yang dalam pengoperasiannya dikontrol olen program numerik komputer atau umumnya disebut CNC (Computer Numerical Control).

sejarah mesin cnc

Mesin ini mampu memproses material dari bahan metal seperti stainless steel, baja karbon/mild steel, aluminium hingga non-metal seperti keramik, kayu, MDF, triplek, PVC.

Dalam pengerjaannya mesin ini menggunakan mata router/spindle. Mata router inilah yang berfungsi dalam proses pemotongan dan pengukiran suatu objek.

Selain itu, saat ini mesin CNC mempunyai hubungan yang sangat erat dengan program CAD yang mana program ini berfungsi untuk merancang/menggambar/membuat bagian dari objek untuk dibentuk 2 dimensi atau 3 dimensi.

Sudah jelas sekali bukan jika mesin ini menjadi salah satu mesin inti dari suatu usaha?

Apa Saja Masalah Umum Yang Terjadi Pada Mesin CNC?

Tidak peduli seberapa cepat dan efisien mesin CNC, pasti ada saja masalah yang dimunculkan. Seperti alat lainnya, ada hal tertentu yang dapat Printzie ketahui untuk mencegah masalah umum terjadi di kemudian hari.

Apa saja masalah umum yang biasa terjadi pada mesin CNC? Melansir dari laman Hwacheon, berikut beberapa kendala yang umum dialami oleh mesin CNC :

1. Penggunaan Mata Router Yang Tidak Tepat

mata bor mesin cnc

Memilih mata router yang salah untuk pekerjaan itu sering kali dapat mengakibatkan hasil akhir suatu produk berkualitas buruk. Hal ini dapat kamu lihat pada tepi hasil potong yang kasar, goresan tidak sesuai di permukaan, tanda timbul, atau bekas terbakar di tepi atau sudut material.

Ausnya mata router bisa menjadi salah satu penyebabnya. Untuk mengatasinya, penting untuk terus merawat mata router agar tidak mudah tumpul ataupun menggantinya dengan yang baru.

Bagaimana cara mengetahui hal tersebut? Kamu bisa membaca selengkapnya di artikel berikut Ciri-Ciri Mata Router CNC Yang Aus

Pastikan juga cairan pendingin/coolant berfungsi dengan baik karena perangkat ini juga menjadi penentu hasil tepi agar tidak mudah hangus karena mata router yang terlalu panas.

2. Program Error

Sebagai peralatan canggih yang dikendalikan oleh komputer, mesin CNC juga sering kali menimbulkan masalah yang berasal dari pemrogramannya.

Hal ini bisa terjadi karena kurangnya pemahaman seputar perangkat lunak G-Code dan M-Code yang digunakan untuk mengatur dan memasukkan data ke pengontrol CNC.

Untuk mengatasi masalah ini, penting bagi perusahaan untuk memberikan pelatihan bagi operator baru tentang bagaimana cara memprogram mesin CNC. Memberikan pelatihan dalam penggunaan dan pengoperasian program CNC penting dilakukan mengingat program ini secara langsung mengontrol pembuatan suatu produk.

Jadi, bukan dengan mematikan lalu menghidupkan kembali mesin maka masalah selesai ya Printzie karena yang bermasalah sebenarnya ada di pengkodean yang salah sehingga tidak terdeteksi secara fisik.

Ngga mau kan rugi cuma gara-gara salah penggunaan program?

3. Perawatan Mesin CNC Yang Buruk

Dalam penggunaan mesin modern seperti mesin CNC tentu perlu dibersihkan dan dirawat secara teratur agar tetap berjalan optimal.

Jarang membersihkan serpihan bekas produksi sebelumnya dapat menyebabkan penumpukan kotoran yang seiring waktu dapat mengakibatkan hasil selanjutnya tidak akurat atau bahkan terjadi kegagalan dalam pengoperasiannya.

Untuk mencegah hal ini, operator perlu mengikuti prosedur dalam merawat mesin CNC. Mereka juga harus secara teratur memeriksa tingkat pendingin atau aliran udara, misalnya filter udara, untuk memastikan bahwa pengoperasian tetap lancar dan tidak terganggu.

Catatan: Mata router/spindle yang terlalu panas dapat terjadi karena filter udara yang tersumbat di sistem pendingin

4. Masalah Pada Penjepit atau Pembuka Cekam

cekam atau chuck mesin cnc

Ada kalanya cekam/chuck tidak dapat menahan bagian material secara memadai sehingga objek menjadi ikut bergetar dan bergeser ketika proses produksi.

Cekam menjadi bagian yang penting karena apabila salah setting, hal ini justru bisa menjadi masalah besar karena dapat menyebabkan kecelakaan kerja, kerusakan, hingga mencelakai operator mesin itu sendiri.

Untuk mengatasinya, pertimbangkan langkah-langkah berikut:

  • Periksa apakah bagian cekam diposisikan dengan benar untuk memastikan penjepitnya aman.
  • Periksa apakah pompa hidrolik dan tekanan hidrolik sudah diatur dengan benar.
  • Periksa apakah rahang cekam/jaw chuck yang digunakan dipasang dengan benar dan memadai untuk mencengkeram material. Pastikan permukaan cengkramannya lebih lebar dari titik cengkraman.
  • Jika cekam tidak membuka/menutup dengan sempurna, periksa apakah sakelar kaki/foot switch berfungsi – Periksa juga apakah stop kontak masih berfungsi dan kabelnya tidak putus.
  • Periksa apakah pelumas cukup untuk berbagai bagian cekam dan tidak ada kotoran yang memengaruhi gerakan.
  • Periksa apakah cekam berfungsi berdasarkan perintah MDI M-Code.
  • Periksa apakah tabung yang menghubungkan silinder hidrolik dan cekam berfungsi dan apakah longgar.

5. Masalah Pada Power Supply

Terkadang, mesin CNC tidak dapat berfungsi dengan semestinya karena bermasalahan dengan sumber daya listriknya. Untuk masalah ini, pastikan daya dan voltase sudah benar dan sesuai.

Kamu juga bisa memeriksa hal lain dengan melihat apakah LED pada mesin berfungsi dan melihat sekring apakah dalam kondisi baik atau rusak.

6. Mesin Yang Terlalu Panas

Mesin yang terlalu panas atau overheating biasa terjadi saat durasi pengerjaan yang lama. Mesin CNC yang terlalu panas hingga mencapai suhu 150 derajat dapat berdampak buruk pada hasil pekerjaan selanjutnya serta mesin itu sendiri.

Untuk menghindari hal tersebut, pastikan Printzie membersihkan saluran udara secara teratur dan memastikan mesin bebas dari kotoran, tanah, atau sisa material.

Suhu di lingkungan mesin juga berpengaruh loh! Jadi pastikan kamu memosisikan mesinmu di tempat terbuka.

7. Getaran Pada Mesin

Getaran/guncangan yang berlebihan pada mesin CNC akan menurunkan kualitas potongan, memengaruhi keakuratan dimensi ukir, bahkan memengaruhi masa pakai mesin itu sendiri.

Untuk mengatasinya kamu perlu menyesuaikan RPM proses permesinan serta gunakan kecepatan mata router/spindle di atas 8.000rpm.

 

Semoga dengan adanya petunjuk ini, kamu jadi bisa selangkah lebih maju untuk lebih memahami mesin CNCmu sendiri dan kamu jadi lebih siap untuk menghadapi masalah tersebut.

Lebih baik mencegah masalah yang akan terjadi bukan?

Untuk artikel berikutnya enaknya bahas apalagi ya? Saran dong di komen 😉

Share Artikel Ini