Pengusaha membutuhkan promosi dalam pemasaran produk yang ingin dijual. semakin berkembangnya suatu zaman maka semakin berkembang yang namanya media sebagi wadah untuk melakukan promosi ataupun iklan. Tak heran jika banyak pengusaha yang melakukan berbagai hal mulai dari promosi media cetak maupun online.

Menurut para ahli, Machfoedz mengatakan bahwa “iklan merupakan cara untuk memberikan informasi dan promosi sebuah produk secara tidak langsung serta dilakukan oleh para donatur atau sponsor dari sebuah jasa atau barang tersebut”. Begitu juga dengan ahli lain bernama Subagyo yang mengatakan bahwaiklan adalah bagian dari kegiatan promosi produk atau jasa yang bisa diidentifikasi serta memiliki tambahan biaya untuk membayar kegiatan tersebut”. Secara tidak langsung iklan juga memiliki¬†Peran Komunikasi Pemasaran¬†yang sangat baik dan berguna.

Tahukah anda bahwa saat ini sudah banyak media promosi atau iklan populer yang sudah sering dipakai oleh para pengusaha ataupun pelaku usaha. nah, kali ini saya akan membagikan 7 media promosi terpopuler yang sering digunakan dan bisa dibilang sangat efektif untuk menyebarluaskan informasi mengenai produk anda secara global. Lantas, apa saja ya media promosinya? Simak baik-baik yuk!

 

  1. Sosial Media

Sosial media memasuki urutan pertama yang menjadi tempat promosi termudah yang sangat mudah diakses banyak pihak. Diantaranya yakni facebook, instagram, twitter dan banyak platform lain yang dapat digunakan sebagai media iklan. Saat ini sudah banyak para pedagang online yang mewabah dengan memaksimalkan platform pada sosial media ini.

Saat ini sosial media pun digandrungi para usaha baik skala kecil maupun besar. Melalui sosial media, para pelaku usaha dapat memaksimalkan produknya hanya dengan lewat online tanpa harus mengeluarkan modal yang besar. Oleh karena itu, sosial media menjadi salah satu media terpopuler bagi kalangan orang untuk memulai usahanya.

 

  1. TV

TV menjadi media promosi yang sudah dikenal dari dulu. Iklan via TV memang iklan yang menjanjikan, namun membutuhkan biaya untuk setiap iklan yang terpampang di TV. Biasanya, iklan TV ini digunakan berbagai kalangan pelaku usaha dalam skala besar atau yang sudah memiliki omset yang tinggi.

 

  1. Reklame

Reklame merupakan papan besar yang biasanya berada di tepi jalan. Biasanya berisikan informasi yang dicetak dalam bentuk 2D atau 3D dengan target pengguna jalan untuk melihat. Biasanya, reklame digunakan oleh pengusaha untuk iklan dalam mingguan, bulanan atau tahunan. Biaya reklame tergantung dengan kelas jalan, pajak daerah, potensi daerah, ukuran dan fasilitas yang disediakan.

  1. Videotron

Videotron merupakan media promosi yang sudah mulai marak dikalangan baik industri, UMKM serta pemerintahan. Videotron hampir mirip dengan reklame yakni sebagai media promosi yang disebar melalui papan besar atau TV raksasa dengan kualitas yang lebih canggih yakni menggunakan video agar mudah terserap oleh para pengguna jalan atau masyarakat yang melihat. Videtron terkesan mahal, namun memiliki fungsi yang efektif karena mampu menampilkan iklan yang lebih modern.

Oleh karena itu, videotron merupakan salah satu media promosi paling efektif dibandingkan dengan media promosi yang hanya monoton.

 

  1. Koran/Majalah

Walaupun saat ini Koran dan majalah tidak se-Ngetrend dulu, namun Koran dan majalah masih menjadi salah satu pilihan untuk melakukan promosi. Sampai saat ini, media Koran dan majalah menjadi salah satu hal yang bisa dijadikan solusi iklan yang tepat. Biasanya, para orang tua masih sangat menyukai Koran atau majalah dalam menyerap informasi. Maka dari itu, bukan hal yang tak mungkin jika anda ingin mempromosikan usaha anda melalui Koran ataupun majalah.

 

  1. Event

Event sangat identik dengan pameran, biasanya dilakukan di hari-hari tertentu. Event ini bisa anda lakukan karna manfaatnya sangat lumayan yakni biasanya orang yang datang ketika pameran itu adalah mereka yang memang berminat terhadap pameran yang ditampilkan. Nah, event ini cocok anda gunakan untuk kamu yang memiliki produk yang bisa dipaparkan semenarik mungkin di event tersebut agar pengunjung yang melihat pun berminat.

 

  1. Aplikasi

Saat ini, semakin berkembangnya suatu zaman aplikasi menjadi salah satu hal disukai pelaku usaha dalam melakukan promosi. Aplikasi biasanya muncul di sela-sela ketika anda membuka sesuatu. Contohnya game, pada saat anda game sering ada iklan yang muncul bukan? Nah, inilah salah satu yang sering dilakukan pelaku usaha untuk melakukan promosi.

 

Jika anda ingin melakukan promosi, bisa melakukan ke 7 media diatas. karena dengan bantuan media promosi maka iklan atau usaha anda akan mudah untuk disebarluaskan. Tinggal media promosi apa yang cocok untuk anda pakai dalam menunjang usaha anda. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda yang ingin mengiklankan produk atau usaha anda menjadi lebih dikenali banyak pihak. ^^

Share

Related Post

Segera Dapatkan Info Terbaru dari Kami

Gak Pake Lama, Input Email Anda Disini!

You have Successfully Subscribed!