7 Tips Perawatan Mesin Laser Cutting Engraving

Setiap barang itu butuh yang namanya perawatan. Baik dalam segi perawatan berkala ataupun tidak. Misalnya, kita punya handphone. Pasti kita mikir gimana caranya handphone itu jadi barang awet yang bisa bertahan bertahun-tahun. Bisa dengan kita belikan casing atau memakai tempredglass agar LCD hp terlindungi ketika tak sengaja handphone itu jatuh. (ya walaupun gak berharap jatuh sih hehehe).

Berinvestasi Membeli Mesin Laser Cutting Engraving sebagai Mesin Usaha Produksi merupakan Langkah Tepat, disini kita akan memberikan 7 Tips Perawatan yang sangat bermanfaat supaya Mesin Laser Cutting Engraving kamu berjalan dengan Kondisi Prima dan Awet. Se awet rasa cintaku padamu. uhuk, please deh gombal mulu. Terus, mana mih tipsnya? nih tanpa bertele-tele, langsung kita kasih. simak ya..

1. Hindari untuk Pengerjaan Cutting dan Grafir Bahan PVC, karena Pengerjaan Bahan PVC mengeluarkan Asap yang Pekat, dan Asap tersebut mengandung Partikel Partikel yang bersifat Adhesive (Lengket) yang bisa menempel di Fan Belt, Roda Gigi Motor dan Rel tempat Pergerakan Kepala Laser yang bisa mengganggu Kinerja Parts apabila berlangsung secara terus menerus.

2. Hindari untuk Pengerjaan Bahan Sticker, karena Sticker mengandung Lem yang bisa membuat Parts Mesin Laser Cutting Engraving terganggu.

3. Selalu menggunakan Stavolt / UPS selama Pengoperasionalan Mesin, Listrik yang Stabil sangat berpengaruh pada kinerja dan masa umur Mesin Laser Cutting Engraving.

4. Berikan Oli Pelumas secara Rutin di Bagian Rel Pergerakan Kepala Mesin Laser Cutting untuk Menjaga Pergerakan supaya tetap Halus

5. Bersihkan secara berkala di Bagian Lensa Mesin Laser Cutting Engraving, yaitu di 2 Lensa Pantul dan 1 Lensa Fokus yang berfungsi untuk Media Pemantulan Sinar Laser dari Tabung Laser menuju Material, supaya Sinar Laser senantiasa Fokus dan Efektif dalam Pengoperasiannya. Pembersihan Lensa Fokus bisa menggunakan Cotton Bud yang dibasahi dengan Alkohol , digosok dengan lembut.

6. Bersihkan area Meja Mesin Laser Cutting Engraving secara Rutin, bisa menggunakan Blower atau Vacuum atau Kuas Sapu. Kebersihan Mesin selain membuat Area Kerja menjadi Bersih dan Nyaman , juga membantu menjaga sisa kotoran menempel di Part Mesin Laser Cutting Engraving.

7. Disarankan menggunakan Cairan Coolant Radiator untuk Chiller Pendingin Mesin, dan dicek secara berkala tiap 3-6 bulan, apabila Cairan sudah berkurang dalam batas minimal, segera ditambah atau kalau sudah sekitar 1-2 tahun bisa diganti Cairan nya dengan Cairan Baru.

Demikian 7 Tips Perawatan Mesin Laser Cutting Engraving yang Ampuh menjaga Mesin Laser senantiasa dalam Kondisi Prima. Kalo mesin terawat dengan baik, maka mesin itu akan bertahan seperti yang kita harapkan. So, jangan lupa dirawat yaaa ^^

Share

Related Post