Dalam dunia usaha, iklan merupakan hal yang wajib dilakukan oleh banyak Pebisnis. Selain sebagai alat penyampai informasi, iklan juga digunakan untuk memasarkan produk anda yang ingin dishare ke khalayak umum. Iklan sangat dibutuhkan untuk para pebisnis dalam memasarkan produknya baik dalam jangka waktu yang pendek ataupun panjang.

Menurut Arens dalam Junaedi (2013: 109) mengungkapkan bahwa “Iklan sebagai struktur dan komposisi komunikasi informasi yang bersifat nonpersonal, umumnya dilakukan dengan berbayar yang dicirikan dengan persuasif, berisi tentang produk (barang, jasa, dan ide) yang diidentifikasikan sebagai sponsor melalui berbagai media.

Dalam system manajemen, membuat iklan yang baik membutuhkan strategi dalam perencanaan, persiapan, pelaksanaan iklan agar iklan itu dapat diterima oleh target pasar perusahaan. Di dalam prosesnya, iklan membutuhkan media yang cocok dan tepat untuk memasarkan iklan yang ingin disampaikan (Baca : 7 Media Promosi paling bergengsi).

Ada banyak sekali alasan mengapa kebanyakan pengusaha atau instansi membutuhkan iklan. Dari sekian banyak alasan-alasan itu, ada beberapa hal yang umum mengapa para pebisnis melakukan iklan, salah satunya yang paling umum adalah memasarkan produk yang dijual agar konsumen dapat membelinya secara terus-menerus. Nah, selain tujuan untuk membeli produk, iklan pun dibutuhkan untuk tujuan-tujuan yang menunjang pembelian produk atau yang anda jual tersebut agar berjalan secara maksimal, yakni diantaranya sebagai berikut!

 

  1. Untuk memperkenalkan Perusahaan, Produk dan Merk

“Tak kenal maka tak sayang”, itulah ungkapan yang cocok digunakan untuk poin pertama ini. Sama halnya dengan anda yang ingin menikahi seseorang, tentunya anda harus mengenal orang itu terlbeih dahulu bukan? baik dari sikap, perilaku, kelebihan dan kekurangannya. Nah, sama dengan ketika anda memasakan Perusahaan, produk dan merk anda lewat ikaln itu bertujuan agar orang lain mengenal secara lebih dalam mengenai apa yang anda tawarkan.

Ketika produk atau perusahaan yang mereka lihat dari iklan tersebut sesuai dengan yang konsumen inginkan, tentunya konsumen anda tidak akan ragu dalam membeli serta menyebarlauaskan informasi mengenai perusahaan ataupun produk anda ke teman-teman terdekatnya. Nah, disinilah letak pentingnya anda untuk membuat iklan sebaik mungkin dan semenarik mungkin.

 

  1. Mendorong target market anda untuk mencoba

Jika iklan yang anda sebarkan itu baik dan menarik, tentu dapat menarik perhatian banyak orang terutama target market anda. dengan iklan, konsumen akan dengan mudah mendapatkan informasi produk terbaru yang anda tawarkan, dan itu akan mendorong mereka menggunakan produk anda. Ketika produk yang konsumen coba itu cocok dan disukai, tak menutup kemungkinan konsumen itu akan menjadi pelanggan setia anda bahkan menawarkan produk anda kepada kerabatnya atau sekelilingnya.

 

  1. Mendukung terjadinya penjualan

Terjadinya pembelian atau transaksi biasanya dikarenakan adanya iklan. Dengan adanya iklan, perusahaan berharap akan terjadinya penjualan. Iklan yang di share secara baik dan terus-menerus bisa menjadi faktor utama penjualan yang significant. Jika iklan yang anda lakukan sesuai prosedur dan diminati, sudah pasti banyak konsumen yang akan membeli produk yang anda tawarkan itu. Biasanya, iklan yang anda tawarkan akan dijadikan referensi oleh konsumen, ketika lebih baik dibandingkan competitor maka inilah yang menjadikan alasan apakah produk anda akan terjual atau tidak.

  1. Mengumumkan informasi baru yang lebih menunjang

Usaha yang maju dapat dilihat dari inovasi yang dilakukan oleh perusahaan tersebut mnegikuti perkembangan zaman. Dengan menggunakan iklan, perusahaan dapat memberitahu konsumen tentang cara baru ataupun pemanfaatan produk yang telah dikembangkan untuk dipasarkan. Sebagai contohnya yakni handphone yang dahulu fiturnya hanya sedikit, semakin canggihnya teknologi handphone berubah menjadi sesuatu yang lebih inovatif. Nah, bagaimana caranya agar konsumen tahu? Ya lewat iklan.

 

  1. Memposisikan diri atau produk

Ketika anda mengenalkan produk pada konsumen, disinilah letak pentingnya iklan untuk memposisikan produk di benak konsumen, apakah produk itu baik, bagus atau jelek, layak atau tidak. Dari iklanlah muncul sebuah pemikiran terhadap produk yang ditawarkan dengan cara memposisikan produk anda dengan produk pesaing. Disinilah letak kreatifitas dalam membuat iklan anda pun harus semenarik mungkin agar dibenak konsumen jika butuh produk apa akan larinya ke perusahaan anda.

 

  1. Meningkatkan citra

Citra perusahaan, produk dan merk merupakan hal yang sangat pentig untuk dibangun. Dari sinilah yang membuat anda wajib meningkatkan citra perusahaan, produk dan merk anda menggunakan iklan. Jika citra anda sudah dicap bagus oleh konsumen, hal inilah yang membuat banyak orang tidak akan ragu dalam memilih produk anda sebagai salah satu tempat yang terbaik. Citra anda menunjukkan suatu integritas perusahaan dalam melayani kepuasan konsumen.

 

  1. Membina loyalitas konsumen

Mempunyai pelanggan atau konsumen tetap serta loyal merupakan asset yang sangat berharga bagi perusahaan. Dengan adanya iklan, anda akan tetap terhubung dengan pelanggan anda karena informasi yang anda berikan lewat iklan masih terlihat oleh konsumen anda. lewat iklan inilah juga, pelanggan anda akan tetap percaya bahwa produk yang anda tawarkan masih trend di masyarakat.

 

Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa iklan merupakan hal yang penting untuk anda lakukan sebagai saran informasi bermanfaat kepada konsumen-konsumen anda. Maka dari itu, buatlah iklan yang sebaik dan semenarik mungkin agar konsumen anda pusa dalam menyerap setiap iklan yang anda sebarluaskan.

Seperti yang sudah dijelaskan di artikel sebelumnya bahwa iklanyang sering diminati oleh konsumen adalah iklan yang menyediakan bentuk video. Dengan begitu, anda dapat mencoba beriklan dengan menggunakan video sebagai sarana media yang lebih unik serta bikin kinsumen anda merasa tertarik. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda semua yang masih bingung dalam beriklan harus bagaimana dan apakah iklan itu penting atau tidak. Jawabanya, sangat penting!

Share

Related Post