Kain linen memiliki beragam kelebihan dan keistimewaan dalam berbagai kebutuhan. Selain karakteristik yang istimewa, kain ini memiliki jenis-jenis yang terkesan vintage saat digunakan. Bahkan, selain untuk fashion, kain ini dapat digunakan di berbagai kebutuhan sehari-hari seperti taplak meja, lampu, atau perabotan rumah tangga lainnya.

Jika dilihat dari kebutuhannya yang disesuaikan dengan tekstur dan karakteristik, kain linen memiliki 9 jenis yang bisa anda gunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Adapun 9 jenis itu sendiri adalah sebagai berikut!

 

  1. Linen Halus

 

Sumber : tokopedia.com

 

Kain linen jenis ini dibuat dengan cara dirajut longgar, sehingga kain jenis ini dapat mudah menyerap air. Biasanya, jenis kain ini dipakai untuk pembuatan popok atau handuk karena tekstur kainnya yang halus dan lembut.

 

  1. Linen Plain Woven

 

Sumber : indiamart.com

 

Kain ini disebut juga kain handuk gelas karena kegunaannya biasanya untuk menyeka gelas. Biasanya, pola pada kian ini berbentuk kotak-kotak, bergaris merah biru, atau gabungan warna merah biru bentuk kotak-kotak dengan latar belakang berwarna putih.

 

  1. Linen Damask

 

Sumber : littleandfox.co.nz

 

Kain ini dibuat dengan cara ditenun menggunakan alat yang dinamakan jacquard menggunakan campuran biasa dan jalinan satin. Kain linen damask memiliki variasi lain diantaranya adalah kain linen venise dengan tekstur yang sangat halus yang ditandai dengan pola bunga yang besar. Biasanya, kain ini digunakan sebagai pelengkap perabot rumah tangga seperti taplak meja, serbet maupun produk lainnya.

 

  1. Linen Holland

 

Sumber : kentontrimmings.co.uk

 

Linen Holland merupakan bentuk lain dari variasi kain tenun yang sengaja dibuat longgar. Kain jenis ini dibuat dari campuran minyak dan pati sehingga kain ini memiliki sifat yang sulit ditembus oleh sinar matahari dan cenderung berwarna buram. Kain ini biasa digunakan sebagai penutup jendela atau lampu.

 

  1. Linen Kasar

 

Sumber : id.aliexpress.com

 

Jenis kain ini memiliki karakteristik sedikit kaku. Kain jenis ini biasanya digunakan bagi pekerja berat seperti tukang daging.

 

  1. Linen Rami

 

Sumber : fitinline.com

 

Linen rami merupakan jenis kain linen yang ditambah dengan aksen rami. Campuran kain linen dan rami merupakan campuran yang cukup membuat kain dengan tektur khusus karena memiliki karakteristik yang istimewa. Kain ini memiliki molekul air sehingga sangat mudah kering jika basah. Selain itu, kain campuran ini ketika dipakai nyaman, tidak transparan dan tidak panas.

 

  1. Linen Ruby

 

Sumber : womantalk.com

 

Kain jenis ini merupakan jenis kain yang dingin, ringan, sedikit tipis dan memiliki bulu-bulu halus di setiap sisinya. Kain ini terkenal dalam pembuatan hijab, namun semakin berkembangnya jenis kain ini, alhasil saat ini banyak digunakan untuk pembuatan busana. Kain linen ruby terkesan sangat elegan dan mewah, jika menggunakan kain ini tak perlu lagi menambah aksesoris lain.

 

  1. Linen Cambric

 

Sumber : shop.farmhousefabrics.com

 

Linen ini memiliki tekstur yang polos dan juga tipis. Kain ini ditemukan pertama kali di Negara Cambria dan Perancis (Cambric). Kain jenis ini biasa digunakan untuk sapu tangan atau pakaian.

 

  1. Linen Huckaback

 

Sumber : linenme.com

 

Kain ini merupakan jenis kain linen yang dicampur dengan katun. Kain jenis ini biasanya dibuat dengan cara ditenun tangan dan benang twisted tang sangat halus sehingga cocok digunakan untuk pembuatan handuk dalam beragam ukuran dan kegunaan.

 

Nah, itu tadi 9 jenis kain linen yang bisa anda gunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Jika dilihat dari penjelasan diatas, mana kain yang ingin anda coba?

Deprintz, Buat Usaha Jadi Mudah!

Share

Related Post