Proses sublim merupakan salah satu teknik untuk memberikan motif pada kain sesuai dengan yang anda inginkan. Proses sublim bisa diaplikasikan di berbagai bahan dasar kain, mug, keramik dan lain halnya. Namun, biasanya proses sublim ini sering digunakan untuk usaha fashion karena dianggap lebih fleksibel dan hasilnya lebih natural.

Dari pernyataan tersebut, bisa dikatakan bahan kain merupakan bahan yang seringkali digunakan dan paling membutuhkan mesin sublimasi. Pertanyaannya, apakah semua jenis kain dapat dicetak menggunakan teknik sublimasi? Berikut beragam jenis kain yang penting anda ketahui untuk printing sublimasi.

 

  1. Jersey / Dryfit

Bahan ini terbuat dari 100 % polyester fabric dengan hasil akhirnya berpori yang berguna untuk menyerap kelembaban. Biasanya area bersih yang bisa di print bahan ini adalah 148 cm dengan layout 150 cm yang bisa digunakan. Estimasi penyusutan pada bahan ini adalah 2 % – 3 %. Biasanya bahan ini digunakan untuk membuat pakaian olahrga, atasan dan lainnya.

 

  1. BSY

Bahan ini terbuat dari 100 % polyester dengan hasil akhir seperti katun dan sangat mudah dijahit. Maka dari itu bahan ini sangat populer digunakan untuk seragam. Area bersih yang bisa digunakan pada bahan ini adalah 148 cm dengan layout cetak 150 cm. Bahan ini memiliki estimasi penyusutan 0,5 % – 1 %. Selain sangat populer digunakan untuk seragam, bahan ini pun bisa digunakan untuk membuat art & crafts, sarung bantal, sprei, sarung bantal hias, taplak meja dan lainnya.

 

  1. Satin

Bahan ini terbuat dari 100 % polyester satin dengan tekstur yang mengkilap. Area bersih yang bisa digunakan pada bahan ini adalah 147 cm dengan layout cetak 150 cm. estimasi penyusutan bahan ini adalah 0,5 % – 1 %. Bahan ini biasanya digunakan untuk membuat banner, dasi, bendera, aplikasi gambar mengkilap, dan label.

 

  1. Satin Bridal

Bahan ini terbuat dari 100 % polyester kain dengan tekstur agak memgkilap. Bahan ini sangat populer digunakan untuk home d├ęcor dan bantal hias. Dengan area bersih 148 cm dan layout cetak 150 cm, estimasi penyusutan bahan ini mencapai 1 % – 1,5 %. Bahan ini dapat digunakan untuk membuat gaun, jacket fashion, rok, bolero, long dress, bantal hias atau cushion dengan aplikasi foto.

 

  1. Satin velvet

Bahan ini terbuat dari 100 % polyester satin dengan finishing doff (tidak terlalu mengjilap) dan sangat mudah dijahit. Maka dari itu, bahan ini sangat populer digunakan untuk membuat gamis dan atasan. Area bersih yang bisa digunakan pada bahan ini untuk mencetak adalah 144 cm dengan layout cetaknya 150 cm. Estimasi penyusutan pada bahan ini sebesar 0,5 % – 1 %. Bahan ini biasanya digunakan untuk membuat gaun, baju gamis, kimono, seragam wanita, furing tas, label, dan lainnya. Bahan ini sangat cocok untuk aplikasi warna gelap seperti hitam, biru tua, merah pekat dan lain-lain.

 

  1. Silk Satin

Bahan ini terbuat dari 100 % polyester satin dengan hasil akhirnya tembus pandang. Area bersih yang bisa digunakan adalah 147 cm dengan layout cetak 150 cm. Bahan ini biasanya digunakan untuk membuat scarft, hijab, pashmina, atasan, gaun serta bisa juga digunakan untuk interior seperti bungkus lampu dan tirai transparan.

 

  1. Kanvas

Bahan ini terbuat dari 100 % polyester kanvas dengan area bersih 147 cm dan layout cetak 150 cm. bahan ini biasa digunakan untuk membuat home decor seperti karpet, bantal hias, sarung kursi, hiasan dinding, bahan totebag, tas notebook, tenda, sepatu dan lain lain, bahan ini sangat kuat dan seratnya besar sehingga cocok untuk aplikasi gambar besar.

 

  1. Chiffon

Bahan ini terbuat dari 100 % polyester dengan hasil akhirnya tembus pandang. Area bersih untuk cetak sebesar 145 cm dengan layout cetak 150 cm. bahan ini biasa digunakan untuk pembuatan scarft, hijab, pashmina, gaun da nada juga yang menggunakan untuk aksesoris fashion.

 

  1. Shantung

Bahan ini terbuat dari 100 % polyester satin dengan hasil permukaan akhirnya tidak rata (berserat). Area bersih untuk cetak sebesar 146 cm dengan layout cetak sebesar 150 cm. Biasanya digunakan untuk membuat gaun, jacket fashion, long dress. Bahan ini sangat cocok dikombinasikan dengan pattern solid seperti tema porcelain, tema air dan tema etnik.

 

Itulah 9 jenis bahan kain yang biasa digunakan untuk printing sublimasi. Namun, masih banyak jenis kain lainnya seperti katun sakura, drill premium, organdi, spandek glossy atau bahan yang kandungannya polyester. Dari beragam jenis kain tersebut, mana bahan yang ingin anda coba sahabat?

Share

Related Post