Banyak cerita kesuksesan yang sudah diketahui banyak orang, namun alangkah baiknya jika kesuksesan itu berasal dari cerita anda sendiri. Ketika anda menjalani suatu bisnis, hal yang perlu anda lakukan yakni mengkaji setiap produk, mencari strategi serta memasarkan produk dan tak sedikit bagi seorang pebisnis pemula akan melakukan kesalahan-kesalahan yang dapat menimbulkan dampak buruk bagi bisnisnya.

Kesalahan memang hal wajar untuk dilakukan seseorang dan akan lebih baik jika kesalahan tersebut bisa anda hindari. Untuk menghindari hal tersebut, sebagai seorang pebisnis anda perlu mengetahui hal-hal yang sering menjadi kesalahan. Jadi, berikut kesalahan-kesalahan fatal yang sering dilakukan oleh seorang pebisnis pemula!

 

  1. Investasi tanpa Validasi

Bisnis bisa menjadi suatu hal menguntungkan, namun akan sebaliknya saat anda tidak menggunakan validasi. Jadi, sebelum anda melakukan investasi, baik berupa uang atau waktu, akan lebih baik jika anda mengkaji ulang gagasan bisnis anda dan terhindar dari kesalahan tersebut.

Anda juga bisa melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan penggiat bisnis lainnya maupun melalui komunitas. Dengan begitu, anda akan belajar banyak hal dan menemukan konsumen potensial. Berinvestasi tanpa validasi seringkali dilakukan oleh para pebisnis pemula karena mereka kurang mengerti bahkan bingung saat memulai dan tak heran jika saat bisnis anda belum berkembang tapi sudah gulung tikar.

 

  1. Tidak Peka dengan Pasar

Memiliki gagasan bisnis yang menarik tapi lamban dalam merealisasikannya juga merupakan kesalahan. Walaupun anda sudah berkonsultasi dengan penggiat bisnis atau komunitas, peka dengan pasara yang ada juga harus untuk memulai bisnis. Maka, anda harus bergerak dengan lebih cepat dan membuat strategi yang sigap.

Saat anda memiliki banyak gagasan dalam berbisnis, anda tidak boleh untuk terlena dan banyak berpikir. Segera temukan yang cocok dan fokus untuk memulainya. Anda pun juga harus mengamati perkembangan konsumen dalam meresponnya. Jadi, jangan terlalu berlebihan dalam membangun semua gagasan bisnis anda dalam satu waktu. Tidak focus dan bisa berujung kegagalan.

 

  1. Bingung kapan “Banting stir”

Setelah melewati berbagai upaya untuk memvalidasi gagasan bisnis anda dengan tepat, akan ada masa untuk berhadapan dengan kondisi yang tak diduga. Untuk menghindari kegagalan tersebut, maka lebih baik segera mencegah dan segera rubah rute atau strategi bisnis anda menjadi bisnis yang sesuai. Pertimbangkan semua yang sudah anda pelajari dan mulai ‘banting stir’ agar tidak rem mendadak atau bisnis anda akan berhenti di tengah jalan.

 

  1. Terlalu banyak masukan berbisnis

Masukan bisnis dari orang lain memang diperlukan dan hal ini dapat menjadi faktor bisnis anda berhasil atau tidak. Jika anda mengabaikan hal ini, maka ada kemungkinan anda akan kehilangan peluang untuk sukses dan jika anda juga terlalu menerima banyak masukan, aka nada kemungkinan bisnis anda menjadi tidak fokus. Terlebih lagi jika yang memberi masukan ternyata memiliki bidang yang berbeda dengan anda. Pelajari marukan mereka dan pilih penasehat bisnis yang sesuai.

 

  1. Pemasaran kurang maksimal

Apa artinya jika anda memiliki strategi bisnis yang menarik dan tidak didukung dengan pemasaran yang menarik juga, maka hasil yang diperoleh memiliki kemungkinan tidak maksimal. Terlalu banyak yang berpikir bahwa gagasan bisnis menjadi penentu bisnis akan berkembang pesat. Padahal, disisi lain untuk mengembangkan bisnis adalah dengan pemasaran yang menarik dan salah satunya secara online.

Mulailah dengan mempelajari SEO untuk bisnis anda dan dapat dengan mudah ditemukan di internet. Seperti halnya anda membuka toko di pedalaman, jika anda tidak memasang banner tentang bisnis anda, maka orang lain tidak akan tahu jika di pedalaman tersebut ada orang yang sedang berbisnis.

 

  1. Tidak memprioritaskan konsumen

Strategi sudah oke, pemasaran udah gencar, tapi bisnis anda belum berkembang ya? Inilah hal yang sering dirasakan oleh banyak pebisnis. Walaupun strategi dan pemasaran anda sudah maksimal, tetapi jika tidak sesuai dengan keinginan konsumen dan pasar maka sia-sialah upaya anda tersebut. Sesuaikan bisnis anda dengan apa yang konsumen inginkan dan butuhkan. Mulailah dengan survey perihal apa yang diinginkan oleh konsumen tersebut.

 

  1. Siapkan modal

Tidak dapat dipungkiri saat anda ingin membangun bisnis, modal menjadi hal yang perlu disiapkan dan dipikirkan. Dengan modal yang kurang, maka tidak menutup kemungkinan jika anda tidak bisa membangun bisnis. Hal yang harus anda lakukan adalah bagaimana cara mendapatkannya dan berapa banyak yang dibutuhkan. Mulailah dengan membuat perencanaan modal atau bahkan menemukan sumber modal yang tepat seperti mencari investor.

Mengapa harus menyiapkan modal? Karena anda harus siap dengan segala kemungkinan yang akan terjadi dan menguras modal anda. Salah satu solusinya adalah dengan memiliki partner berbisnis atau mencari investor yang tepat.

 

  1. Jaringan bisnis yang sedikit

Sudah bukan rahasia umum, jika kesuksesan itu bergantung pada lingkungan anda bergaul dan seberapa banyak orang yang kenal dengan anda. Jika anda menutup diri dan tidak mau berkomunikasi dengan konsumen maupun para ahli industri, maka anda akan mudah untuk kehilangan peluang usaha.

Sebagai seorang pebisnis, memperluas jaringan merupakan suatu hal wajib yang anda lakukan. Dengan memperluas jaringan, maka anda akan dikenal banyak orang dan nama anda pun akan ikut terseret dalam pergaulan pengusaha lainnya.

  1. Memilih karyawan yang tepat

Bisnis yang bagus tanpa seorang karyawan yang kompeten merupakan salah satu hal yang mustahil untuk terwujud. Jika secara teori sudah bagus, tapi tidak dibarengi dengan prakteknya yang bagus maka hasilnya pun akan tidak sesuai dengan harapan anda. Oleh karena itu, carilah karyawan yang bekerja tepat dan mempunyai kepedulian yang tinggi terhadap perusahaan. Sebagai seorang pemimpin, anda wajib mempertimbangkan karyawan anda yang sudah qualified atau belum. Jangan asal dalam memilih karyawan ya Sahabat!

 

Nah, itulah Sembilan kesalahan fatal yang seringkali dilakukan oleh para pebisnis pemula dan sebaiknya anda tidak melakukan kesalahan tersebut. Hindari dan kembangkan bisnis Anda!

Share

Related Post