Ramadhan menjadi suatu kewajiban yang harus dijalani oleh setiap umat muslim dan tentunya energy akan lebih cepat terkuras dibandingkan di hari biasa. Terlebih saat menjalani puasa selama 13 jam. Anda menjadi lemas bukan? khususnya pada waktu menunjukkan pukul 12.00 siang keatas.

Tenang saja, pada jam 12.00 sampai waktu berbuka dan anda merasa lemas? Anda patut bersyukur. Karena pada fase ini, tubuh anda sedang melakukan proses autolisis.

Autolisis merupakan proses pembuangan sel-sel yang mati atau rusak di dalam tubuh. Bayangkan, ketika anda tidak berpuasa, berapa banyak racun yang ada dalam tubuh karena organ pencernaan tubuh anda tidak pernah berhenti bekerja.

Ketika anda mengkonsumsi sesuatu, butuh waktu selama 8 jam untuk mencerna makanan yang anda konsumsi. Sedangkan umumnya siklus kita adalah, pada jam 07.00 sarapan pagi dan seharusnya organ anda selesai mencerna jam 15.00 sore. Tapi, biasanya sebelum jam 15.00 yakni waktu makan siang jam 12.00 anda sudah makan lagi. Padahal, pencernaan pada saat sarapan pagi pun belum selesai bekerja. Dari jam 12.00 siang, organ pencernaan akan selesai pada jam 20.00 malam. ini baru makan besar, belum jika ditambah dengan ngemil. Jadi, betapa padatnya organ pencernaanmu bekerja? Andai saja tubuh bisa ngomong pasti dia akan bilang “Udah dong makannya, aku kan mau istirahat juga”.

Saat anda berpuasa, selesai sahur jam 04.00 maka pencernaan organ tubuh anda akan selesai pukul 12.00 siang. Oleh karena itu, pada pukul 12.00 siang sampai jam waktu berbuka tubuh anda mengalami proses istirahat.

Sama halnya dengan anda ketika memiliki waktu luang, anda akan beres-beres rumah, mencuci, mengepel dan lain halnya. Seperti itulah saat tubuh anda istirahat, tubuh anda akan mengalami proses autolisis yakni membuang racun di dalam tubuh.

Inilah alasan mengapa pada saat jam 12.00 siang sampai dengan waktu berbuka, tubuh anda merasa lebih lemas. Karena pada proses inilah tubuh anda sedang bekerja membuang racun, tanpa adanya makanan yang masuk. Dengan hal ini, anda jadi tahu bahwa puasa itu menyehatkan. Selain mendapat pahala, anda pun  akan terhindar dari berbagai penyakit seperti maag, ginjal, diabet bahkan kanker. Oleh karena itu, tetap semangat menjalani puasanya ya sahabat!

Share

Related Post