Ketika ingin mulai berbisnis, tentu anda memiliki banyak hal yang harus dipersiapkan. Sebelumnya, kenali diri anda terlebih dahulu dengan tanda-tanda dan kebiasaan seorang pengusaha sukses.

Memiliki bakat sebagai seorang pengusaha sukses tentu hal yang sangat menguntungkan. Dengan tanda-tanda berikut anda akan lebih adaptif dalam mencapai apa yang anda mimpikan. Tanda bakat tersebut juga dimiliki mereka, seperti Mark Zuckerberg, Bill Gates, Steve jobs dan pengusaha sukses lainnya. Maka, anda harus memiliki 12 tanda berikut ini!

 

  1. Siap menerima resiko

Sebuah bisnis membutuhkan modal dan tatkala modal yang diperlukan juga cukup besar. Saat anda mengeluarkan modal dalam berbisnis, maka anda pun harus siap dengan hasil yang akan diterima kedepan. Dalam berbisnis, modal yang tinggi tidak selalu menjamin hasil yang sukses. Maka, jika belum berhasil ditahap awal, anda harus menerima hasil tersebut dan terus belajar.

 

  1. Keuletan yang besar dan tetap bangkit

Tidak ada jalan yang lurus terus menerus, pasti akan menemui jalan yang berkelok, bahkan tanjakan. Sama halnya dengan bisnis, sebuah bisnis sangat jarang akan berjalan mulus. Anda pun tidak menutup kemungkinan akan mengalami kegagalan dan saat masa tersebut sedang dialami, disitu tingkat keuletan seorang pengusaha diuji. Semakin besar keuletan anda, maka segagal apapun hasilnya, anda akan siap bangkit dan mencapai tujuannya. Jadi, jangan takut gagal ya sahabat!

 

  1. Diremehkan? Tetaplah percaya diri

Sering diremehkan atau dicaci dengan apa yang anda impikan? Salah satu bakat yang dimiliki seorang pengusaha adalah bersikap bodoh amat dan tetap percaya dengan mimpinya. Buktikan bahwa mimpi anda bukan suatu komedi! Jadi, tak usah hiraukan apa kata orang yang meremehkan, fokus pada mimpi anda!

 

  1. Jadilah seperti bunglon

Tidak semua orang memiliki bakat layaknya seekor bunglon dan hanya sosok pengusaha yang mampu beradaptasi di setiap keadaan yang mampu meraih mimpinya dengan strategi mudah beradaptasi dengan situasi yang sedang terjadi. Walaupun kurs uang, pangsa pasar, kebutuhan dan lain halnya sedang terjadi, jadilah seperti bunglon yang mudah beradaptasi.

 

  1. Rasa ingin tahu yang tinggi

Pengusaha sukses biasanya memiliki tingkat keingintahuan yang tinggi terhadap apapun, karena bagi mereka seperti pribahasa “Rasa Ingin Tahu Bisa Membunuh Seekor Singa Dewasa”. Jadi, dari rasa ingin tahu tersebut anda akan belajar berbagai macam trik dan strategi bisnis yang bisa diterapkan.

 

  1. Menciptakan sebuah sistem

Sistem bagi seorang pengusaha seperti sebuah jembatan untuk menyebrang ke tempat tujuan. Ketika ada sebuah sistem yang tidak benar, maka anda susah untuk pergi ke tujuan tersebut. Artinya, jika ada kinerja yang tidak efektif dan tidak produktif maka anda perlu merombaknya, walaupun harus merombak semuanya. Jadi, anda perlu membuat sebuah jembatan yang kuat dan tepat untuk mewujudkan mimpi anda!

 

  1. Keluar dari zona nyaman

Seseorang yang memiliki bakat pengusaha, maka ia tidak akan menolak untuk keluar dari zona nyamannya sekarang. Mencari tantangan baru dan memulai semua dari nol kembali. Anda yang menyukai tantangan, sudah pasti anda memiliki salah satu bakat sebagai seorang pengusaha sukses.

 

  1. Menikmati proses berbisnis

Saat semua dari nol, anda harus menikmati masa-masa. Sifat inilah yang pengusaha sukses miliki, mereka selalu menikmati proses dari nol untuk menghasilkan sesuatu hingga menjadi sukses. Mereka tahu bahwa sukses bukan sesuatu yang instan, melainkan ada proses yang harus dilewati terlebih dahulu.

 

  1. Semangat dalam persaingan

Memiliki lawan bisnis harus membuat anda menjadi seseorang yang lebih semangat bukan menjadi suatu hal yang menakutkan. Inilah bentuk pengusaha sukses, yang tidak pernah menjadi gentar walalupun banyaknya persaingan dalam berbisnis.

 

  1. Out of the box

Ide-ide yang diluar dugaan atau gila merupakan modal yang kuat dalam memulai bisnis. Tanda ini merupakan tanda kesiapan menjadi seorang pengusaha sukses!

 

  1. Manfaatkan peluang

Membuang peluang atau kesempatan adalah hal yang pantang dilakukan oleh seorang pengusaha sukses. Seorang pengusaha akan selalu memanfaatkan peluang yang sedang ada dan menjadikannya lahan emas untuk eksplorasi yang menguntungkan. Jadi, jangan buang peluang anda jadi sia-sia!

 

  1. Siap menerima masukan

Pengusaha sukses harus menerima kritikan dengan sikap yang dewasa, baik itu kritikan yang menohok sekalipun. Oleh karena itu, selalu membuka telinga dan hati jika rekan anda memberi masukan. Karena, masukan bisa menjadi salah satu faktor pertimbangan dalam melangkah kedepannya.

 

Jadi, bagaimana? Apakah anda memiliki bakat sebagai seorang pengusaha? Jika belum, maka bersiap-siaplah membangun bakat tersebut dari sekarang.

Share

Related Post