Printzie,

Bagi kamu yang ingin membeli mesin marking untuk memulai usaha, ada baiknya bila sebelum membeli mesin ini kamu perlu mengetahui apa itu laser marking hingga perbedaannya dengan mesin lain.

Dalam artikel ini, Minzie tidak hanya akan membahas seputar pengertian hingga perbedaannya saja namun juga target pasar hingga ragam jenis mesin marking itu sendiri.

Jadi pastikan kamu tidak melupakan bagian-bagian pentingnya ya!

Sekilas Tentang Laser Marking

Laser marking merupakan proses penandaan atau pelabelan dengan menggores permukaan bahan sehingga hanya sedikit mengubah sifat dan tampilannya.

Pasti dalam benak kalian apa bedanya dengan mesin laser cutting dan laser engraving?

Laser marking jelas berbeda dari kedua mesin diatas karena cara ini masih merupakan cara yang tidak umum dilakukan sehingga tidak semua tempat menawarkan jasa satu ini.

Jika mesin laser cutting dan laser engraving bisa melakukan pemotongan, pengukiran, dan penandaan hal ini tentu berbeda dengan mesin laser marking.

Mesin laser marking bisa melakukan pemotongan namun tidak sebagus mesin laser cutting. Hal ini karena sumber sinar laser yang dimiliki laser marking adalah berupa kilatan cahaya.

Apakah laser marking juga bisa engraving?

Laser marking mampu mengukir namun ukiran yang dimaksud berupa hasil yang lebih tipis dan hanya sebatas menggores permukaannya saja sehingga ketika diraba hasilnya tetap terasa halus.

Laser marking juga memiliki rotary yang bisa melakukan grafir di media berbentuk lingkaran atau silinder seperti tumbler, cincin, bahkan knalpot kendaraan.

Karena fungsi utamanya adalah melakukan penandaan, mesin satu ini biasanya juga disebut dengan laser coloration atau laser dark-marking. Jadi, laser ini akan melakukan penandaan pada permukaan bahan yang umumnya bermaterial metal yang dalam prosesnya akan menimbulkan perubahan warna (discoloration) dan menciptakan tanda marking yang kontras.

Apa saja material metal tersebut?

  • Baja karbon
  • Stainless steel
  • Tembaga
  • Kuningan
  • Galvanized steel
  • Plat nikel

(Baca Juga: Fiber Laser Cutting vs Fiber Laser Marking)

Target Pasar Laser Marking

Sebagai pelaku usaha tentu perlu mengenal yang namanya target pasar.

Kenapa informasi soal pasar itu penting?

Karena dengan kamu tahu ‘pasar usaha’mu dimana, kamu bisa lebih memiliki gambaran kedepan tidak hanya seputar target atau sasaran dari produk/jasa yang akan kamu jual, tapi juga dapat memberikan gambaran untuk strategi pemasaran yang tepat.

Nah untuk laser marking ini kamu tidak perlu ragu apakah akan laris atau tidak. Sesuai dengan material yang dapat diproses oleh mesin ini, target pasar yang disasar lebih mengarah pada sektor industri otomotif, dirgantara, medis, hingga elektronik.

macam-macam hasil mesin laser marking

grafir knalpot

Contoh grafir knalpot (Ali Express/Yegexo)

Sektor industri tersebut cocok dengan mesin laser marking karena mesin ini mampu memberikan hasil goresan yang lebih detail dan jelas. Jika kamu sering menemui barcode, UID code, QR code, sign room hingga yang terbaru grafir knalpot, dapat dipastikan hasil dari produk tersebut juga berasal dari mesin laser marking.

Namun tidak hanya itu, mesin laser marking juga dapat digunakan untuk menghasilkan produk bernilai fantastis seperti membuat penandaan pada perhiasaan berupa kalung, gelang, hingga cincin.

Jadi sudah lebih faham kan dengan target pasar dari laser marking ini?

Ragam Mesin Laser Marking Terbaik

macam-macam mesin laser marking

Lanjut ke pembahasan ragam mesinnya, mesin laser marking itu banyak ragamnya seperti halnya contoh ragam mesin laser marking diatas.

Hal yang perlu kamu garis bawahi untuk membedakan mesin satu dengan yang lainnya adalah kekuatan daya laser yang digunakan (laser power), area kerja mesin, kecepatan marking, hingga konsumsi daya yang dibutuhkan.

Nah, untuk spesifikasi lebih jelas mengenai mesin laser marking diatas, kamu dapat melihatnya di Ragam Mesin Laser Marking Deprintz

Mesin Marking Yang Bagus Beli Dimana?

Di Deprintz, kami tidak hanya menyediakan mesin laser marking terbaik dengan teknologi canggih, kami juga didukung tim yang profesional serta berkompeten di bidangnya. Jika kamu tertarik dan ingin konsultasi lebih lanjut seputar mesin laser  marking silahkan hubungi kami di contact center di bawah ini:

Hubungi Kami Deprintz

Bersama Deprintz, Buat Usaha Jadi Mudah!

Share Artikel Ini