Mengerti mesin CNC belum tentu dapat mengetahui cara pengoperasiannya. Terkadang, kita memiliki barang canggih namun masih terkendala akan pengetahuan tentang penggunaannya. Karna mimin sayang ke semua sahabat deprintz yang setia baca di blog ini, jadi mimin mau berbagi info nih cara pengoprasiannya mesin CNC. Yihaaaaaaaa mimin baik kan …. wkwkwk (MAKSA) 😀

Langsung aja yuk…!

Sistem pengoprasian mesin CNC dan metode pemograman mesin CNC ada dua, yaitu :

  1. Sistem dan metode Absolut

Pada sistem dan metode ini titik referensi atau titik awal penempatan selalu tetap (tidak berubah) selama operasi berlangsung.

  1. Sistem dan metode Incremental

Pada system dan metode ini titik referensi selalu berubah dan titik terkhir yang dituju menjadi titik referensi baru untuk ukuran selanjutnya.  Namun, sebelum mempelajari penyusunan program sebaiknya memperdalam dulu menegenai system persumbuan mesin bubut CNC-TU2A karena sangat berkaitan.

Pada sistem dan metode pemograman sudah pasti menggunakan bahasa pemograman dimana merupakan format perintah dalam satu blok dengan menggunakan kode angka, huruf, dan simbol.

Kode-kode bahasa dalam mesin perkakas CNC dikenal dengan kode G dan M, di mana kode-kode tersebut sudah distandarkan oleh ISO atau badan Internasional lainnya. Untuk memasukkan data program ke dalam memori mesin dapat dilakukan dengan keyboard atau perangkat lain (disket, kaset, dan melalui kabel RS-232).

Nah, dalam bahasa pemograman karena menggunakan kode-kode kita harus mengerti arti dari kode tersebut. Soalnya kode merupakan cara agar mesinnya peka. Wkwk (udah kayak ngodein si doi aja biar peka upsss :-D)

Lalu, untuk mengetahui kode tersebut gimana min? karna mimin emang baik banget, mimin kasih tau disini heheheehe

Gambar Program CNC

Fungsi Kode

  • G00                =             gerak lurus tanpa penyayatan
  • G01                =             gerak lurus dengan penyayatan
  • M03               =             awal program
  • M30               =             akhir program

Begitulah kode-kode yang biasa dipakai di mesin CNC, sejauh ini gimana nih sahabat deprintz? Masih bingung gak? Yup, karna pake kode jadi kita harus praktek supaya lebih yakin dan expert 😀

Semoga bermanfaat buat sahabat deprintz yaaaa tentang bahasan peng kode-kodean diatas, agar lebih mahir stay terus di blog mimin ya. hihihi ^^

 

 

Share

Related Post

Segera Dapatkan Info Terbaru dari Kami

Gak Pake Lama, Input Email Anda Disini!

You have Successfully Subscribed!