Bete gak sih kalau lagi asik nonton TV atau lagi melakukan aktivitas tiba-tiba lampu rumah anda padam? Tentu hal yang paling bikin bete dan tak sedikit yang suka keceplosan “Ah, PLN ini main matiin lampu aja, gak tau tah lagi asik nonton TV”. Iya kan seringkali mencetus begitu? Hayo ngaku?

Disinilah peran genset dimulai, yakni dengan adanya genset yang berfungsi sebagai penghasil daya listrik pengganti listrik ketika padam. Jadi, kalau ada genset anda bisa tetap melakukan aktivitas seperti biasa. Bisa lanjutin nonton TV deh!

Namun, tahukah anda bahwa penggunaan genset itu ada perundang-undangannya loh? Wah, kalo ada undang-undangnya berarti ada sanksinya dong jika tidak mematuhi? Yap, tepat sekali. Maka dari itu, anda wajib tau bahwa penggunaan genset itu masuk dalam UU Nomor 30 Tahun 2009 mengenai ketenagalistrikan. Karena genset termasuk alat yang digunakan untuk menghasilkan daya listrik, maka dari itu pentingnya perundang-undangan ini untuk anda yang memiliki genset.

Isi dari UU tersebut adalah “Setiap penggunaan genset diatas 200kVA harus memiliki izin dari Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral atau ESDM seperti Sertifikat Laik Operasi (SLO) dan Izin Operasi (IO). Biasanya genset dengan ukuran diatas 200kVA ini dipakai oleh Perusahaan Besar atau Hotel-hotel. Namun, masih banyak Perusahaan atau Hotel yang tidak memiliki perizinan yang sudah sesuai dengan UU yang sudah tertulis.

Tahukah anda bahwa mereka yang tidak mematuhi aturan yang sudah tertera di UU maka akan ada sanki yang wajib diterima. Sanksi yang diterapkan UU ini adalah penjara 5 Tahun dan denda paling banyak sebesar 500 Juta. Berat bukan?

 

Alasan mengapa harus adanya Undang-Undang Genset?

Alasannya adalah agar masyarakat yang memiliki genset dapat memiliki perizinan yang berlegalitas resmi. Sehingga, meminimalisir terjadinya bahaya yang ditimbulkan genset. Dari yang sudah banyak terjadi kasus-kasus terjadinya problematika yang ditimbulkan genset, dari kebakaran hingga keracunan. Maka dari itu, perlunya Undang-Undang ini untuk mengatur berbagai kalangan masyarakat yang menggunakan genset agar tidak menyepelekan peraturan yang dapat menyebabkan kerugian hingga kematian.

Walaupun di UU yang tertera adalah genset yang memiliki kapasitas diatas 200kVa, namun alangkah baiknya yang memiliki genset dibawah itu pun melapor ke pihak terkait agar tetap dalam jangkauan namun tidak perlu melakukan perizinan secara berkala.

Namun, bagi Perusahaan dan Hotel yang memiliki genset dengan kapasitas diatas 200kVA Wajib melapor untuk terhindar dari ancaman 5 tahun penjara dan denda sebanyak 500 juta. Kenyataannya banyak Perusahaan dan hotel belum memiliki perizinan penggunaan genset dengan alasan belum mengetahui info tersebut.

So, yang membaca artikel mengenai info Undang-Undang ini saya berharap dapat melaksanakan peraturan yang sudah tertera. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang belum mengetahui tentang Undang-Undang mengenai genset. Mulai sekarang, yang membaca info ini tidak ada alasan gak tau infonya lagi ya? Tentu gak mau kan kalo anda beli genset eh malah berujung penjara. Maka dari itu, patuhi peraturan yang ada. Oke ^^

Share

Related Post