Usaha freezen food merupakan usaha yang saat ini masih booming. Banyak yang menggeluti usaha ini karena terbilang mudah dan sangat terjangkau. Namun, untuk usaha freezen food secara offline bisa diatasi dengan freezer. Namun, jika anda usaha freezen food dengan main secara online, tentu hal yang harus anda perhatikan adalah kemasan yang awet tapi tidak menggunakan bahan pengawet.

Nah, solusi tepat yang bisa anda gunakan adalah mesin vacuum sealer untuk menekan pembusukan bakteri pada makanan yang anda jual. Tetapi, karena banyaknya yang menggunakan mesin ini terkadang sering salah dalam membeli mesin vacuum sealernya. Padahal, ada beberapa hal yang harus anda cek kualitas pada mesinnya agar mendapatkan hasil vacuum dan sealer yang bagus. Untuk mendapatkan kualitas yang bagus, alangkah baiknya jika anda melihat tips berikut!

 

Tips Memilih Vacuum Sealer yang Tepat dan Berkualitas

Vacuum sealer memang sudah beredar di kalangan masyarakat, banyak ang bisa anda pilih sesuai keinginan. Namun, apakah semuanya berkualitas? Tentu jawabannya tidak. Sebelum anda melangkah lebih jauh untuk membeli vacuum sealer, sebaiknya anda simak dahulu tips berikut ini agar tidak menyesal dikemudian hari.

  • Cari mesin yang memiliki komponen nikel tahan lama, yakni mesin yang memiliki kawat pemanas agar mampu dialiri listrik sebesar 6 volt serta harus memiliki arus minimal 6 amoere. Dengan begitu, listrik tidak perlu mengalir secara terus-menerus sehingga menghemat lsitrik. Selain hemat, anda juga bisa mencegah terjadinya sambungan arus pendek atau korslet dengan adanya komponen tersebut.
  • Lihat fitur pada mesin, anda harus membeli mesin yang memiliki fitur pengatur waktu untuk memutus arus listrik secara otomatis ketika sudah selesai digunakan. Selain beban listrik lebih ringan, press plastic pada mesin juga akan awet dan segel dapat menutup dengan keadaan lebih sempurna. Anda pun tidak perlu menunggu mesin ketika proses, karena akan terbungkus secara sempurna dan rapi.
  • Cari mesin yang memiliki spesifikasi menengah ke atas. Jangan gampang tergiur akan harga murah namun kualitas yang anda dapat pun rendah. Dengan spesifikasi menengah ke atas, biasanya mesin akan memiliki garansi jelas dan terjamin, sementara yang di bawah itu belum tentu anda dapatkan.
  • Beli mesin sesuai dengan kebutuhan anda. Jika untuk kebutuhan rumah, anda hanya cukup membeli yang portable saja karena akan lebih ringkas dan tidak memakan tempat.
  • Tips yang terakhir adalah beli sesuai dengan budget yang anda miliki. Poin paling penting adalah, belilah vacuum sealer dengan harga yang terjangkau tapi kaulitas tetap memukau.

 

Namun, jika anda tidak mendapatkan harga yang sesuai keinginan, maka anggap saja anda sedang berinvestasi. Lebih baik harga cukup tinggi tapi kualitas awet dan tahan lama, dibandingkan anda beli harga murah tapi kualitas tidak sesuai harapan. Anda akan hanya buang-buang uang bukan?

 

Berikut Mesin Vacuum Sealer yang Berkualitas ala Deprintz!

 

Cara Merawat Vacuum Sealer Agar Awet dan Tahan Lama

Untuk merawat mesin vacuum sealer agar tetap awet dan tahan lama ternyata sangatlah mudah, berikut langkah-langkah yang bisa anda gunakan, yakni :

  • Setelah anda sudah menggunakan mesinnya, bersihkan dengan cara matikan kabel terlebih dahulu lalu cabut kabel mesin dari stop kontak baru dibersihkan menggunakan lap.
  • Turuti aturan yang ada pada deskripsi setiap esin vacuum sealer yang anda beli. Hal ini untuk meminimalisir kerusakan mesinnya. Misal : gunakan mesin vacuum sealer tidak lebih dari 8 jam, gunakan 1 jam untuk istirahat.
  • Ganti oli mesin sebulan sekali. Namun, jika anda lebih sering menggunakan mesin untuk vacuum, maka anda harus lebih sering menganti olinya agar tidak cepat rusak dengan menggunakan oli SAE 10.
  • Pakai kain Teflon ketika mesin vacuum sealer sudah berlubang, terbakr ataupun rusak.
  • Ganti sesegera mungkin bila pemanas nikli sudah terlanjur rusak agar tidak merusak komponen yang lain
  • Ganti pula sesegera mungkin karet chamber yang sudah kendor, berlubang atau rusak
  • Jauhkan mesin dari jangkauan anak-anak. Hal ini bertujuan untuk mencegah anak-anak untuk mengotak-atik mesin. Jika mesin kurang terawatt dan panas, maka sewaktu-waktu bisa meledak.

 

Cara Penggunaan Vacuum Sealer

Mesin vacuum sealer merupakan alat yang digunakan untuk menciptakan hampa udaradalam kemasan plastik. Biasanya, mesin ini juga disebut sebagai mesin penyegel vacuum. Nah, dari sinilah proses oksidasi tercipta, sehingga akan menekan dan memperlambat laju perkembangan bakteri.

Proses oksidasi ini bergantung pada jenis makanan yang akan dikemas. Biasanya, proses ini akan membusuk dalam waktu empat hari. Namun, dengan menggunakan vacuum sealer maka anda akan memperlambat laju pertumbuhan bakteri menjadi 15 hari sampai 20 hari.

Tapi, bagaiman sih cara menggunakan mesin vacuum sealer ini? Caranya cukup mudah, ikuti saja langkah berikut ini!

  • Untuk mendapatkan daya pada mesin yang cukup, maka sambungkan kabel ke stop kontak
  • Jangan langsung menyalakan tombol ower, anda harus mengangkat bagian tutup mesin serta mengatur mode sesuai dengan kebutuhan
  • Siapkan makanan yang akan dibungkus (missal : roti tawar untuk minimarket atau warung) dengan menggunakan plastic bening yang memiliki daya rakat kalau ada. Hal enting yang harus anda garis bawahi adalag jangan terlalu penuh mengisi kantong plastic dengan makanan.
  • Sebelum meletakkan di mesin vacuum sealer, tutuo plastic secara merata lalu jepit bagian plastik menggunakan tutup mesin. Pastikan posisi pada tempat yang pas dan tidak miring. Upayakan jangan ada bagian yang terlalu menggumpal agar kemasan tidak terjepit ke dalam mesin.
  • Kemudian, nyalakan tombol dan tekan secara hati-hati bagian tutup palstik agar menempel dengan erat.
  • Tahan bagian mesin untuk waktu yang cukup lama. Apabila terlihat tutup plastik sudah rapat merekat, anda bisa membuka tutup mesin vacuum sealernya.
  • Yang terakhir, anda bisa cek kemasan atau quality control apakah makanan anda sudah menempel dan menutup secara sempurna. Tanpa menggunakan perekat, anda bisa mendapatkan kantong palstik yang menempel dengan rapat dan aman. Produk makanan anda siap dipasarkan!

 

Itulah Tips dalam membeli mesin vacuum sealer yang berkualitas agar hasil yang anda dapatkan maksimal. Jika anda mencari mesin vacuum sealer yang sesuai dengan tips diatas, bisa hubungi Deprintz ya. Deprintz menyediakan mesin vacuum sealer berkualitas yang terjamin. Deprintz, Buat Usaha Anda Jadi Mudah!

Related Post