Sablon merupakan teknik yang sudah banyak sekali orang mengenalinya. Semakin berkembangnya sablon di dunia printing, semakin banyak permintaan sablon pada media kaos karena dilihat unik dan menarik. Dalam pembuatannya, sablon kaos membutuhkan tinta dan disinilah anda harus jeli dalam memilih tinta untuk proses sablon, karena tidak semua tinta berkualitas yang sama.

Untuk itu, penting bagi anda mengetahui jenis-jenis tinta karena untuk melihat kualitas serta tekstur yang berbeda-beda sesuai dengan tinta yang digunakan. Oleh karena itu, untuk mempermudah anda dalam memilih tinta yang tepat untuk digunakan, kenali dulu yuk jenis-jenis tinta sablon dan hasilnya yang harus anda tahu. Berikut jenis-jenis tinta yang wajib anda ketahui!

 

  1. Sablon Ruber

 

Gambar hygmatic.com : Hasil Sablon Rubber

 

Sablon ruber ini dikenal dengan sablon karet yang memiliki ciri khas menutup pori kain, ada yang lengket da nada yang tidak. Jenis tinta ini memiliki tekstur yang halus dan elastis ketika diraba, jadi jenis tinta ini sangat cocok diaplikasikan di kaos stretch.

 

  1. Sablon Superwhite

 

Gambar alostestudio.blogspot.com : Hasil Tinta Sablon Superwhite

 

Jenis tinta ini biasanya akan menyerap ke bahan kain, sehingga hasil sablonnya tidak terlalu tebal, nyaris tidak terasa jika dipegang, sangat halus saat disentuh tangan dan memiliki tampilan vintage dan klasik. Adapun secara garis besar dapat diklasifikasikan sebagai erikut :

  • Tinta superwhite bisa digunakan pada kain gelap ataupun terang, tapi pada kain gelap hasilnya tidak akan menutupi permukaan kain seperti tinta rubber.
  • Tinta ini sangat bagus digunakan untuk backround pada desain atau pada desain yang besar.
  • Tinta ini tidak elastis sehingga hasilnya seperti pecah meskipun sebenarnya tidak pecah.

 

  1. Sablon Extender

 

Gambar pusatsablonmurahsolo.blogspot.com : Hasil Tinta Sablon Extender

 

Tinta ini hampir sama dengan tinta superwhite, yakni dapat menyerap tinta hanya saja pengaplikasiannya  pada kain terang saja.

  • Hasil warna lebih tegas dan tajam dibandingkan dengan tinta superwhite
  • Hasil tinta ini akan aman distrika karena tinta nya menyerap seperti batik.

 

  1. Sablon Glitter

 

Gambar apanesian.id : Hasil Tinta Sablon Glitter

 

Seperti namanya, tinta ini akan memberikan efek gemerla dan anggun. Warna pada tinta ini pun di pasaran sangatlah beragam, yakni ada emas, silver, merah dan biru. Jenis tinta ini pun ada yang lembut da nada yang kasar, tingga anda sesuaikan dengan kebutuhan.

 

  1. Sablon Crack

 

Gambar andalasclothing.co.id : Hasil Tinta Sablon Crack

 

Sablon crack merupakan sablon dengan tinta yang memiliki efek retak-retak layaknya tanah yang kering saat musim kemarau. Efek retak bukan karena rusak, namun efek dari tinta ini yang ingin menampilkan hasil yang keren untuk desain grafity misalnya.

 

  1. Sablon Discharge

 

Gambar fitinline.com : Hasil Tinta Sablon Discharge

 

Sablon discharge atau sablon cabut warna merupakan yang diaplikasikan pada kaos biasanya dengan membuang warna asli dan diganti dengan warna baru sesuai desain yang dibuat.

  • Tinta ini dibuat menggunakan bahan dasar air sehingga tidak akan merusak serat kain saat menyablon.
  • Sablon discharge ini biasanya sering digunakan pada kain katun 100 % dan berwarna gelap.

 

  1. Sablon plastisol

 

Gambar blog.porinto.com : Hasil Tinta Sablon Plastisol

 

Sablon plastisol memiliki hasil yang ketika diraba akan terlihat kasar pada permukaan, namun ada yang halus tergantung bagaimana pengerjaan sablonnya. Adapun jenis sablon plastisl dapat dibagi beberapa sebagai berikut :

  • Plastisol Natural Suede

Sablon jenis ini dapat menghasilkan efek sablon yang mirip suede atau seperti sisi dalam kulit. Jika disablon pada kain tidak terlihat seperti disablon, namun seperti kain yang ditempelkan.

  • Plastisol HD / Cetak Tebal

Sablon dengan tinta jenis ini memilki hasil cetak tebal, pada bagian pinggirnya pun presisi sehingga menampakkan kesan elegan. Namun, sablon dengan tinta ini sangat cocok pada desain yang kecil, selain karena mahal namun sablon ini tidak nyaman jika digunakan pada desain yang tebal.

  • Plastisol Cork Base

Sablon dengan jenis tinta ini mengahsilkan tekstur yang mirip gabus atau gabus pada tutup botol. Sablon dengan jenis tinta ini sangat cocok digunakan untuk mencetak logo pada koas, tas atau topi dan lain sebagainya.

  • Plastisol Rock Base

Sablon dengan jenis tinta ini mampu menghasilkan efek seperti batu alam, teksturnya pun keras dan kasar.

  • Plastisol Plush Base

Sablon dengan jenis tinta ini hampir sama dengaan suede, menciptakan tekstur yang lembut seperti velvet, suede atau tekstur kain. hasil sablon dengan jenis tinta ini sangat mirip dengan sablon beludru.

 

Nah, itulah 7 Jenis tinta pada sablon dan tekstur yang dihasilkan. Menurut sahabat, mana yang lebih sahabat sukai dari ketujuh poin diatas nih?

Share

Related Post