WARNING ALERT ⚠️

ARTIKEL INI KHUSUS BUAT KAMU YANG KEPO DENGAN BISNIS PACKAGING MAKANAN.

BACA SAMPAI HABIS BIAR PAHAM PERHITUNGANNYA.

 

Printzie,

 

Semakin berkembangnya jaman tentu semakin ketat persaingan usahanya. Apalagi saat ini sudah banyak konsumen sadar dengan tampilan kemasan dari suatu produk makanan.

Nah ngga jarang nih mimin menjumpai beberapa bisnis makanan tidak hanya berkembang dari segi rasa tapi juga tampilan kemasannya.

Para pelaku usaha akhirnya dituntut untuk terus berkreasi dalam memberikan tampilan kemasan yang apik agar lebih dikenal calon konsumennya.

Selain unik dan menarik, peran tampilan kemasan makanan pada masa kini kebanyakan juga dijadikan sarana untuk branding.

Alih-alih hanya berbentuk kotak biasa, kamu bisa mengkreasikan kemasan makanan mereka (pelaku usaha makanan) dengan bentuk dan tampilan yang berbeda loh!

 

Proses Pembuatan Kemasan Makanan

Agar proses pembuatan kemasan makanan lebih cepat dan hasilnya banyak dalam satu kali produksi tentu membutuhkan mesin yang mumpuni dikelasnya.

Mesin yang sering digunakan untuk sektor industri ini adalah mesin cutting flatbed.

Kenapa?

Selain bisa digunakan untuk memotong dan membuat jalur tekuk pada material dengan bahan kertas, mesin ini juga dilengkapi dengan vacuum table untuk menjaga bahan tidak bergeser ketika dipotong.

“Tapi mesin cutting flatbed itu banyak tipenya min, mahal pula”

Tenang printzie!

Kamu ngga harus merogoh kocek yang dalam untuk memiliki jenis mesin ini lohMesin cutting flatbed ATLAS DFC 6045 CW bisa jadi solusimu!

Mesin cutting flatbed yang cukup terjangkau di kelasnya ini punya beragam keunggulan printzie!

Mesin cutting die cut ini bisa menjadi solusimu untuk membuat dummy product, packaging, maupun produk skala kecil dengan waktu yang singkat dan langsung jadi karena, mesin ini mampu memotong bahan hingga ketebalan maksimal 1,2 mm dengan area potong maksimal 60×90 cm.

Mesin dengan tingkat kecepatan (900 mm/s) ini dilengkapi sensor untuk membaca marking dari pola gambar yang sudah ada, sehingga tingkat akurasi pada saat proses cutting outline bisa printzie dapatkan secara maksimal.

Kabar baiknya, mesin ini sudah termasuk dengan pisau potong (cutting) dan tekuk (creasing) berbahan baja sehingga dipastikan kuat dan awet dalam operasionalnya.

(Baca Juga: 4 Mesin Pemotong Digital Ini Melejitkan Bisnis UKM-mu!)

Selain mesin cutting flatbed, mesin printer laser A3 juga sebenarnya perlu loh printzie!

Mesin printer laser A3 Ineo+ 287 cocok nih printzie jadikan pelengkap mesin cutting flatbed-mu. Hasil resolusi dari mesin ini cukup baik, yakni 600×600 dpi sehingga hasil cetaknya lebih tajam dan warnanya bagus.

Selain itu, mesin ini mampu mencetak berbagai macam kertas mulai dari art paper, HVS, art cartonduplex, dan lain-lain dengan ketebalan gramature kertasnya antara 60-260 gr mulai dari ukuran A4 (210 x 300mm) hingga A3 (320 x 457mm).

Paket komplit banget sih!

 

Promosi dan Pemasaran

Agar bisnismu lebih terarah, kamu bisa banget menjalaninya dengan model Business-to-Business (B2B).

Model bisnis ini cocok dijalani dengan menjalin kerja sama pada usaha-usaha mikro skala kecil dan menengah (UMKM) sehingga proses pemasaranmu jadi lebih berkesinambungan.

Kamu juga bisa menyediakan layanan tambahan berupa jasa pembuatan desain bagi UMKM yang belum memiliki desain dan logo untuk di sablon dalam kemasannya.

Selain dengan model B2B, kamu bisa juga memasarkan jasamu secara online, printzie.

Dengan begitu, selain membuat pemasarannya lebih cepat, tentu omzet juga ikut meningkat. Jumlah tersebut berpotensi terus meningkat seiring dengan terus tumbuhnya permintaan di pasar.

 

(Baca Juga: 6 Tips Packaging Makanan Ini Bikin Bisnismu Dilirik Konsumen)

 

Perhitungan Biaya Kemasan Makanan

Siapa bilang membuat kemasan produk yang unik dan menarik harus modal besar?

Yuk cek perhitungannya disini!

Catatan: Jadi perhitungan diatas digunakan semisal printzie memiliki printer laser A3 sendiri yaa.. 

 

Dari hasil perhitungan diatas bisa diambil kesimpulan kalau modal awal per-lembarnya seharga Rp 2.800

Satu lembar kemasan ini bisa kamu jual lagi dengan harga Rp 4.000 hingga Rp 5.000 loh! Bisa dihitung sendiri kan keuntungan untuk satu lembarnya berapa😊

 

Nah gimana printzie tertarik memulai bisnis packaging makanan?

 

Masih penasaran sama perhitungan bisnisnya?

Yuk sharing bareng kami, GRATIS!

Hubungi Kami Deprintz

Bersama Deprintz, Buat Usaha Jadi Mudah!

 

Share Artikel Ini