Sudah bukan rahasia lagi jika perkembangan bisnis di bidang sablon digital terus meningkat dan tak jarang ada banyak sekali jenis usaha ini yang berkembang di seluruh daerah di Indonesia.

Namun, kamu tidak perlu khawatir Printzie, meskipun memiliki banyak pesaing usaha sablon kamu tidak akan kekurangan pelanggan, karena seiring berjalannya waktu, permintaan pasar pada bisnis ini semakin menjamur.

Untuk dapat bersaing itulah kamu harus selalu berinovasi dan berkreasi. Banyak ragam teknik yang dapat kamu gunakan untuk menjalani bisnis sablon digital, mulai dari teknik manual plastisol, teknik sablon polyflex, teknik direct transfer film (DTF), teknik direct to garment (DTG) hingga teknik sublimasi.

Kali ini mimin akan membahas seputar ragam bisnis sublimasi yang semakin laris manis bahkan pada saat pandemi. Yuk simak terus penjelasan di artikel ini!

Tahukah Kamu?

Teknik cetak sublimasi pertama kali diperkenalkan di Prancis tahun 1957 oleh Noël de Plasse. Produksi massal dengan teknik ini baru berkembang pesat sekitar tahun 1960-an hingga pertengahan 1970-an dengan menggunakan kertas transfer.

Kemudian dikembangkan oleh Jet Propulsion Lab di Amerika Serikat menggunakan mesin cetak yang dapat diindikasikan dengan komputer menggunakan metode sublimasi warna. Mesin cetak inilah yang kemudian terus dikembangkan hingga sekarang untuk memudahkan produktivitas pada industri garmen.

 

Mesin Printing Sublimasi

Pernah ngga terpikirkan dibenakmu bagaimana toko garmen di daerahmu dapat memproduksi pesanan dengan media kain custom secara massal hanya dalam beberapa hari?

Ternyata salah satu mesin yang membantu kerja mereka adalah mesin cetak sublimasi loh Printzie!

Pada prosesnya, mesin sublimasi dapat mencetak gambar ke media kain menggunakan transfer paper, kertas ini digunakan untuk menampung tinta, kemudian kain dan transfer paper tadi disatukan melalui proses pemanasan dari alat pemanas/heat press agar tinta berpindah menempel pada kain.

Selain itu, keunggulan dari mesin ini mampu memproses kain dengan lebar hingga 1,6 meter!

Ngga salah kan kalau mereka bisa memproduksi massal barang-barang custom atau harian hanya dalam beberapa hari?

Lantas bisnis apa sih yang cocok untuk jenis mesin ini?

1. Bisnis Set Tempat Tidur (Sprei, Bed Cover, Sarung Bantal & Guling)

Bisnis set tempat tidur

Bisnis set tempat tidur khususnya custom memiliki peluang yang menguntungkan. Sebab dalam setiap rumah pasti perlu set tempat tidur. Selain memberikan kesan indah juga menciptakan ruangan terlihat rapi.

Apalagi trend di tahun 2021 semakin banyak masyarakat mulai sadar untuk lebih mempercantik kamar dengan mendekor mulai dari memberikan furnitur dengan konsep industrial atau vintage.

Kamu bisa banget nih memproduksi set tempat tidur dengan konsep minimalis seperti kotak-kotak monokrom atau warna pastel yang sedang in. Dijamin makin banjir orderan!

2. Bisnis Hijab & Mukena

Bisnis hijab dan mukenah

Menjelang bulan suci Ramadhan 1442 H, usaha penjualan busana juga makin banyak bermunculan dengan segmen pasar dari kelompok muda. Ngga salah karena bisnis fashion muslim di Indonesia tetap memiliki prospek yang potensial.

Selain membeli busana muslim sebagai item fashion, banyak di antara wanita muslim juga memerlukan hijab dan mukena. Hijab merupakan item fashion yang cukup praktis, simpel, dan murah. Tidak hanya hijab, mukena sendiri merupakan alat ibadah yang juga turut mengikuti trend mode.

Makanya ngga jarang nih banyak wanita muslim yang senang mengoleksi mukena dan bergonta-ganti model hijab.

Trend hijab print dengan warna dasar pastel masih ada nih Printzie di tahun 2021, tapi jangan kaget kalau ternyata yang lebih mendominasi adalah warna cerah.

Lha kok? YES, hijab yang warnanya berani ini ternyata memberikan keunikan tersendiri. Aneka warna seperti kuning, pink, ungu, hingga turquoise akan semakin banyak diburu di tahun ini.

Pilihan warna lainnya adalah yang bernuansa earthy tone seperti, terracotta, biru muda, hingga olive.

Lantas bagaimana dengan trend mukena? Buat kamu yang sekarang sedang menjalani bisnis printing garment, SELAMAT! Karena di tahun ini mukena motif lagi banyak digilai oleh para wanita muslim.

Motif seperti bunga dengan warna-warna cerah dapat kamu temui hampir di seluruh gerai bahkan marketplace. Motif bunga ini banyak dipilih karena selain memberikan kesan feminin juga terkesan lebih segar.

3. Bisnis Sablon Kaos Jersey

Bisnis kaos jersey

Yang paling dicari nih dari kalangan penggemar sepak bola, apalagi kalau bukan jersey!

Bisnis produksi serta penjualan t-shirt tim sepak bola memang cukup potensial, mengingat olahraga ini merupakan salah satu jenis olahraga terpopuler di dunia.

Terlebih lagi di negara kita, Indonesia yang merupakan salah satu negara dengan jumlah fanatik bola sangat banyak. Tidak hanya identik dengan laki-laki, bahkan kaum perempuan juga tak kalah hebohnya menjadi penggemar bola mania untuk tim kesayangan mereka.

Pangsa pasar untuk produk kaos jersey ini ada di berbagai tempat dan ngga ada matinya. Hal ini bisa menjadi salah satu keuntunganmu karena dapat dengan mudah memasarkan produk di mana saja.

Banyak dari usaha sablon kaos jersey menggunakan mesin sublimasi sebagai mesin cetak mereka, karena hasil warna yang diberikan oleh mesin ini bisa dibilang lebih tahan lama dan warna yang dimiliki bisa beragam bahkan warna stabilo pun ada.

Ingin Memulai Usaha Sablonmu Hari Ini?

Itu tadi ide bisnis kreatif dan unik yang sedang hype di tahun 2021 ini. Ingin konsultasikan mesin usaha kreatifmu dengan kami? Kami siap bantu kamu Printzie!

Yuk mulai usaha bareng Deprintz

Hubungi Kami Deprintz

Bersama Deprintz, Buat Usaha Jadi Mudah!

 

Share Artikel Ini